Skip to main content

4 Contoh Doa Kristen Sebelum Membaca dan Mendengarkan Firman Tuhan

Sebagai seorang yang hidup dan tumbuh dalam iman Kristen, tentu saja kita ingin menjadikan doa sebagai bagian dalam hidup kita. Melalui doa dan permenungan, kita bisa mengerti apa yang menjadi kehendak Tuhan dalam hidup kita. Melalui doa pulalah, kita juga bisa berserah seutuhnya kepada Tuhan kita Yesus Kristus. Pada umumnya kita berdoa di pagi hari, pada saat ingin beraktifitas ataupun malam hari ketika ingin tidur. Selain di rumah dan di waktu-waktu tertentu. Kita sebaiknya juga berdoa ketika sebelum membaca dan mendengarkan firman Tuhan baik itu di rumah maupun saat Ibadah di gereja. Ada beberapa alasan mengapa sebelum atau sesudah mendengarkan firman kita perlu berdoa terlebih dahulu.

Contoh Doa Kristen Sebelum Membaca dan Mendengarkan Firman Tuhan

Yang pertama, berdoa sebelum membaca firman bertujuan agar kita benar-benar bisa mempersiapkan diri kita, membuka hati dan pikiran kita serta membuang jauh-jauh hal-hal yang bersifat duniawi, yang bisa saja menjadi penghalang bagi firman yang akan kita perdengarkan. Karena berdasarkan pengalaman saya, beberapa orang yang datang ke gereja masih saja disibukkan dengan urusan mereka masing-masing, seperti halnya membicarakan hal-hal yang tidak penting dengan jemaat lain. Ataupun asik membuka HP mereka sekedar mengecek notifikasi yang masuk dari jejaring sosial yang mereka miliki. Tentu hal ini tidak bisa dibenarkan begitu saja. Oleh karena itu kita harus bersungguh-sungguh mempersiapkan diri dengan berdoa, sebelum kita mendengarkan firman Tuhan yang akan dibacakan oleh salah satu hamba. 

Yang kedua, mengapa kita sebagai orang Kristen perlu berdoa sebelum membaca dan mendengarkan firman adalah, supaya firman yang akan kita perdengarkan bisa tinggal dan tumbuh di hati kita, hingga nantinya dapat berbuah dan menjadi pelita bagi kita serta bisa kita keluarkan melalui ketekunan dan perbuatan kita. Tuhan Yesus sendiri dalam injil Matius memberikan contoh perumpaan tentang penabur kepada kita. Dimana benih itu sendiri merupakan firman Allah. Firman Allah itu sendiri bisa saja kita terima namun tidak berbuah apa-apa karena Iblis datang dan mengambilnya dari hati mereka. Ada pula yang tumbuh, berakar dan berkembang namun hanya sebentar saja karena ada yang murtad dan menyangkal Allah. Ada pula yang tumbuh dan menghasilkan buah yang banyak, buah akan damai sejahtera dan sukacita bagi kita yang percaya dan megimani firman Tuhan Yesus Kristus Sang Juru selamat. 

Dalam memanjatkan doa sebelum atau setelah membacakan Firman, kita bisa berdoa secara spontan dengan bahasa kita sendiri, ataupun dengan bantuan text. Bagi yang seringkali grogi berbicara di depan orang banyak, tidak ada salahnya kita menuliskan doa itu terlebih dahulu. Agar kita bisa berlatih serta setidaknya bisa berbicara dengan lancar hingga pada akhirnya bisa berdoa tanpa bantuan sebuah text. Jangan malu berdoa dengan gaya bahasa kita masing-masing, karena sejatinya doa bukanlah soal keindahan dalam kita merangkai kata, melainkan ketulusan dan kerendahan diri kita dalam memasrahkan diri kepada Tuhan kita Yesus Kristus.

Namun, apabila rekan-rekan masih saja kesulitan dalam membuat doa Kristen sebelum ataupun sesudah membaca Firman Allah, dikesempatan kali ini, saya akan membagikan beberapa doa yang bisa anda jadikan referensi. Dalam hal ini saya juga seorang yang baru belajar. Namun tidak ada salahnya apabila kita saling berbagi pengalaman. Dalam prakteknya, sebelum berdoa, sebaiknya anda mengambil sikap hening terlebih dahulu. Tidak perlu terburu-buru dalam berdoa. Dan berusahalah agar apa yang kita ucapkan bisa terdengar jelas. Bukalah dengan ucapan rasa syukur kita, dilanjutkan dengan permohonan dan yang terakhir tutuplah dengan kata-kata penyerahan diri kita. Adapun Contoh Doa Kristen Sebelum Membaca dan Mendengarkan Firman diantaranya : 

Contoh Doa Kristen Sebelum Membaca Firman Tuhan di Rumah Masing-masing

Tuhan Allah kami pencipta langit dan bumi. Kami bersyukur kepadaMu Tuhan, atas berkat penyertaanmu di sepanjang hari ini. Kami bersyukur hingga sampai dengan detik ini, kami sekeluarga bisa berkumpul di tempat ini dan memuliakan namamu tanpa kekurangan suatu apapun. Khusus pada malam ini, kami berkumpul bersama hendak mendengarkan firman-Mu. Terangilah hati dan pikiran kami. Jauhkan kami dari hal-hal jahat yang bisa saja menjadi penghambat firmanmu untuk tinggal dan hidup dalam diri kami. Bantulah kami membuka diri, sehingga firman yang akan kami dengar dan kami baca, betul-betul bisa kami hayati dan imani serta bisa menghasilkan buah perbuatan yang berguna tidak hanya bagi diri kami sendiri tetapi juga bagi orang lain dan sesama kami. Itu semua Tuhan, tidak lain untuk kemuliaan nama-Mu, baik di bumi maupun di surga. Amin.

Contoh Doa Kristen Sebelum Membaca Firman di Gereja 1

Sembah sujud kami naikkan kehadirat-Mu, Tuhan Yesus Kristus yang bertanggung jawab terhadap kehidupan kami dengan sempurna. Kami jemaat satu gereja bersyukur, tidak lain karena kehidupan baru telah Engkau berikan kembali bagi kami. Bukan karena kami pantas atau layak. Namun karena kasih karuniaMu kami boleh ada, sebagaimana kami ada di kesempatan kali ini. Hari ini, kami berkumpul hendak mendengarkan firman-Mu yang akan dibacakan oleh salah satu hambamu. Biarlah firman yang akan kami perdengarkan benar-benar bisa hidup di tengah-tengah kami. Sehingga bisa menjadi pedoman bagi diri kami untuk bisa selalu berjalan dalam jalan kebenaran-Mu, serta bisa mematuhi segala larangan-MU. Biarkanlah kami hidup rukun, bisa menghargai satu dengan yang lainnya serta bisa diberikan kesempatan untuk bisa berbuat baik lebih banyak lagi kepada sesama kami. Sehingga firman yang telah tertanam dalam diri kami, bisa kami wujudkan dalam tindakan nyata dalam kehidupan kami sehari-hari di tengah masyarakat. Doa ini kami panjatkan dalam nama-Mu Tuhan kami Yesus Kristus. Amin.

Doa Kristen Sebelum Membaca Firman Saat Ibadah
Bapa kami yang bertahta di kerajaan Surga. Di kesempatan kali ini, kami bersyukur atas hari baik serta atas kesehatan yang boleh kami peroleh. Hingga kami bisa hadir disini untuk bisa mendengarkan sebagian dari FirmanMu. Kami mohon kepada-Mu Bapa, bantulah diri kami dalam memahami apa yang Engkau kehendaki dan Engkau rencanakan dalam diri kami melalui Firman yang akan kami baca dan perdengarkan. Hingga firman itu bisa menjadi pedoman bagi diri kami. Sehingga dalam kami melihat agar kami bisa melihat dengan cara-Mu. Dalam kami bertindak, agar bisa bertindak sesuai dengan kehendak-Mu. Berkata-kata dalam kebenaran-Mu, serta bisa saling mengasihi sesuai apa yang telah Engkau teladankan bagi diri kami tentang kasih sejati. Semoga kami bisa menjadi perpanjangan tanganmu, bisa menjadi ranting-ranting-Mu dalam menebarkan kasih kepada sesama kami serta bisa membawa kabar sukacita bagi mereka yang terpanggil dan bagi yang membutuhkan. Di dalam nama PuteraMu Yesus Kristus, kami berdoa dan bersyukur. Amin.

Doa Kristen Sesudah Membaca Firman

Terimakasih Bapa atas kesempatan yang telah Engkau berikan kepada kami, hingga kami boleh mendengarkan sebagian dari firman-Mu. Bimbing kami selalu Tuhan, kami memerlukan-Mu dalam setiap langkah kami. Kiranya kasih-Mu mengalir malalui diri kami dan bantulah kami supaya kami bisa menjadi pewarta kasih-Mu kepada sesama kami. Hingga melalui diri kami, sesama kami bisa merasakan berkat dan kasih karunia-Mu. Dalam nama Kristus kami berdoa. Amin.

Baca juga : 

Itulah beberapa Contoh Doa Kristen Sebelum Membaca dan Mendengarkan Firman Tuhan yang bisa anda jadikan referensi. Dalam hal ini penulis juga dalam taraf belajar, sehingga bisa dimungkinkan terjadi kesalahan dalam penulisan dan dalam ungkapan saat berdoa. Terlepas dari itu, tidak menyurutkan niat penulis untuk berbagi berkat dan pengalaman kapada anda pembaca sekalian dimanapun anda berada. Mari kita biasakan diri kita untuk selalu berdoa, berpasrah terhadap Tuhan kita Yesus Kristus. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar