Skip to main content

Doa Kristen Untuk Keluarga, Dari Orang Tua Untuk Anaknya

Sebagi seorang Kristen, ada banyak cara kita membaktikan diri kita bagi keluarga kita. Sebagai orang tua, baik itu ayah maupun ibu, kita mempunyai kewajiban mencari nafkah, mendidik dan membesarkan kita tentu saja dengan nilai-nilai ajaran Kristen yang kita yakini dan imani. Begitupun juga bagi seorang anak, kita bisa berbakti kepada orang tua kita, dengan menjadi anak yang patuh, taat dalam beribadah serta rajin mendoakan kedua orang tua kita, supaya mereka selalu diberikan kesehatan serta umur panjang.

Doa Kristen Untuk Keluarga,

Hidup dalam keluarga Kristen, meskipun itu hanya sebuah keluarga kecil, kita sudah selayaknya memberikan teladan kepada anak-anak kita tentang bagaimana cara hidup umat Kristen yang baik dan benar. Salah satunya adalah berkumpul dan berdoa bersama-sama dalam satu keluarga. Kita bisa mengambil waktu, baik itu pagi hari sebelum melakukan aktifitas, ataupun pada malam hari ketika kita menyantap makan malam bersama. Sebagai pemimpin doa, kita bisa mengaturnya bergiliran, sehingga semua anggota keluarga memiliki kesempatan yang sama dalam memanjatkan doa-doa serta permohonannya.

Doa Kristen untuk mendoakan keluarga, dilakukan tidak harus ketika kita tinggal dan hidup di tengah keluarga kita. Seringkali keadaan harus memaksa kita untuk tinggal jauh dari keluarga dan kerabat kita. Dimana kebiasaan berkumpul untuk berdoa bersama tidak bisa kita lakukan. Meskipun demikian, kita tidak boleh lupa mendokan keluarga terlebih pasangan dan anak-anak kita, agar Tuhan senantiasa memberikan berkat dan perlindungan kepada mereka, kapanpun dan dimanapun mereka berada.

Doa untuk keluarga juga sebaiknya dipanjatkan terkhusus bagi keluarga yang sedang berduka ataupun saat ada anggota keluarga yang meninnggal dunia. Permohonan untuk diberikan kekuatan, kesabaran dan semangat hidup adalah permohonan utama saat kondisi keluarga mengalami hal yang demikian..

Di kesempatan ini, admin akan memberikan beberapa contoh beberapa doa Kristen untuk keluarga yang bisa anda doakan baik itu ketika anda sedang berkumpul bersama keluarga ataupun didoakan secara pribadi. Fokus dari doa ini adalah ucapan syukur atas berkat Tuhan selama hidup dalam keluarga Kristen serta permohonan serta harapan kita dalam hidup berumah tangga. Berikut contohnya :

Doa Keluarga Untuk Pasangan Suami Istri Kristen

Allah yang Mahakasih, sumber cinta kasih sejati. Kami sangat bersyukur kepadamu karena Engkau telah mempertemukan kami dan menjadikan kami menjadi satu dalam ikatan perkawinan. Kami sangat bahagia, hidup kami menjadi lebih bermakna karena kami bisa saling melengkapi dan saling mengerti. Kami juga bersykur atas perjalanan hidup perkawinan kami Tuhan, perjalanan yang diwarnai dengan suka duka, kebahagiaan maupun penderitaan terlebih berkat kesetiaan yang bisa kami pupuk hingga sampai dengan hari ini, kami bisa berpegang teguh dalam ikrar perkawinan.

Kami juga bersyukur atas berkatmu, hingga kau percayakan anak-anak kepada kami. Bantulah agar kami bisa menjadi orang tua yang bertanggung jawab, orang tua yang bijaksana serta orang tua yang bisa mengajarkan nilai-nilai ajaran agama Kristen yang kami yakini dan kami imani selama ini.

Semoga kami bisa saling membahagiakan pasangan kami, serta tak jemu-jemu mencitainya dengan setulus hati kami. Semoga kami menjadi pasangan hidup yang bisa saling tolong menolong, jujur satu dengan yang lain serta saling terbuka demi keutuhan dan keberlangsungan hidup berkeluarg. Semoga karena berkat penyertaanmu, hubungan pernikahan kami semakin dikuatkan, sehingga kami bisa melewati tantangan ataupun rintangan yang datang silih berganti di dalam kami membina hidup berkeluarga. 

Jauhkan kami dari godaan yang bisa mengancam kehidupan rumah tangga kami ya Tuhan. Semoga dari waktu ke waktu, hubungan kami semakin kuat, dan pernikahan kami sungguh bisa menjadi teladan tidak hanya bagi anak-anak kami, melainkan bagi keluarga kristen lainnya. 

Kami juga berdoa bagi keluarga lain yang mungkin saat ini sedang menantikan kehadiran putera-puteri mereka. Bimbinglah mereka, berilah kesabaran dalam diri mereka hingga pada akhirnya mereka bisa menimang buah hati yang selama ini mereka tunggu dan buah hati yang Engkau percayakan kepada mereka. Terakhir, kami juga berdoa khususnya bagi keluarga yang saat ini sedang menerima goncangan, entah itu sakit maupun kehilangan seseorang karena meninggal dunia. Kuatkanlah diri mereka, jagalah api semangat mereka agar mereka bisa bangkit lagi dan menjalani hari dengan sukacita. Doa ini, kami panjatkan dalam nama Tuhan Yesus Kristus, juru selamat kami. Amin


Doa Kristen dari Orang Tua Untuk Anak

Ya Tuhan Yesus Kristus, pencipta alam semesta. Kami bersyukur kepadamu, karena Engkau telah mempercayakan kami menjadi orang tua untuk anak-anak kami. Kami menyerahkan diri mereka kepada kebijaksanaanmu. Jagalah dan lindungilah mereka, hingga pada akhirnya mereka bertumbuh besar dan menjadi pribadi yang takut akan Allah dan menjadi pribadi yang berkenan di hadapanMu. Tuntunlah mereka agar mereka setia menerima panggilannya hidup sebagai orang Kristen. Bantulah mereka menekuni tugas-tugas mereka dengan penuh semangat dan sukacita. Terangilah hati dan pikiran mereka, agar mereka mampu memilih jalan hidup yang terbaik dan selaras dengan kehendakMu. Semoga anak-anak kami setia terhadap panggilan hidup yang mereka pilih serta dapat menjadikan panggilannya sebagai sarana mengabdikan diri mereka bagi masyarakat, gereja, terlebih bagiMu. Doa, ucapan syukur dan permohonan ini kami haturkan dan serahkan dalam nama Yesus Kristus. Tuhan dan Juru selamat kami. Amin

Baca juga : 

Itulah contoh doa keluarga kristen yang bisa didoakan bersama baik itu suami maupun isteri. Di kesempatan lainnya, penulis akan memberikan beberapa contoh doa lainnya, yang bisa diucapkan secara bersama-sama tidak sebatas untuk orang tua saja, melainkan juga bisa diucapkan oleh anak-anak. Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar