Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

250 Pantun Perkenalan Diri dan Kelompok yang Unik dan Kreatif

Dalam beberapa kesempatan, seringkali kita diminta untuk memperkenalkan diri di depan orang banyak. Seperti ketika kita berada di depan kelas baru, ataupun ketika berada di tengah-tengah suatu kelompok. Apabila memperkenalkan diri dengan menyebut biodata sudah terlalu umum digunakan, kita dapat memperkenalkan diri kita dengan membuat sebuah pantun perkenalan yang bersifat lucu, unik dan menarik.

Pantun Perkenalan Diri

Tidak selalu harus menggunakan bahasa Indonesia saja, pantun perkenalan diri juga bisa dalam bahasa Jawa. Sebuah parikan perkenalan yang lucu dan menggelitik cukup membuat orang lain atau teman kita menaruh perhatian lebih kepada kita serta membuat suasana yang semula tegang menjadi lebih santai. 

Pantun biasanya hanya dimiliki oleh mereka yang pandai dan gemar berpantun saja. Namun saat ini anda bisa mengutip, mengcopy serta memodifikasi beberapa pantun dibawah ini untuk mempresentasikan diri anda serta menstimulasi teman-teman lain untuk saling berbalas pantun. 

Tanpa banyak basa-basi lagi, berikut ini 250 contoh pantun perkenalan diri dan kelompok baik itu Bahasa Indonesia ataupun Bahasa Jawa khusus bagi anda yang hendak memperkenalkan diri dengan cara unik dan lain dibandingkan dengan yang lain :


Pantun Perkenalan Diri

Jalan-jalan beli ardiles
Beli ardiles di cibubur
Kenalin aku Yohanes
Dari prodi arsitektur

Pergi ke hotel menunggu di lobi
Tidak sendiri karena ada kakak
Perkenalkan namaku Bobi
Dari prodi teknik Informatika


Makan roti sambil nonton tivi
Jangan lupa beli minuman
Kenalin nih, namaku elvi
Dari prodi teknik pertambangan


Pergi ke Paris naiknya kereta
Pulang-pulang bawa buah tangan
Nama saya Kezia Putri Sinaga
Dari prodi teknik kelautan


Kota Lampung di pulau Sumatera
Kelas terbaik IPA 3 tentunya
Nama Saya Stefi Graf Sinaga
Panggil saja babang naga saja


Di bawah pohon ada sebuah kereta
Kereta besar merah warnanya
Kenalkan nih, namaku pinta sofiana
Anak geologi, ramah orangnya  

Jalan-jalan happy ke Propinsi Jambi
Jangan lupa beli durian
Perkenalkan nama saya Naomi
Dari prodi teknik lingkungan


Ditengah jalanan
Banyak buku
Sini kenalan
Sama aku


Beli santan di pasar baru
Beli saja secukup nya
Kalau memang mau kenalan sama aku
Nama kamu siapa ?


Bukan gurita yang ada di Bangkalan
Di Bangkalan rumah kerabat
Bukan karna cinta maka kenalan
Kenalan untuk mencari sahabat


Paling enak di kota Medan
Lewat taman pohon cemara
Paling enak jalin kenalan
Banyak teman jadi saudara


Banyak bunga dipinggir jalan
Bunga melati dalam jambangan
Jikalau hendak berkenalan
Ayo sama sama ulurkan tangan


Sambal terasi enak dimakan
Apalagi dengan lalapan
Kusambut salam perkenalan
Semoga menjadi persahabatan


Melati dalam jambangan
Bunda minta petikan
Mari berjabat tangan
Tanda dari pertemanan


Beli terasi diwarung pengkolan
Pengkolan tugu deket taman
Misi misi numpang kenalan
Kenalan mau menjadi teman


Susu manis kekentalan 
Makannya pake roti bolu 
Padahal aq pengen kenalan
Tapi aq masih masih malu malu


Beli terasi jangan di makan
Kalau dimakan nanti jantungan
Boleh mi kenalan
Asal jangan berlebihan


Hijau daun bunga di taman
Bila di pandang sangat menarik
Siapa pun boleh kenalan
Asal dengan niat yg baik


Kala terang duduk di telaga
Purnama sinari setapak jalan
Wanita semarang cantik juga
Boleh amri mau kenalan


Harum aroma si daun pandan
Dicampur dg biji selasih
Elok budi mau kenalan
Ku ucapken banyak terimakasin


Beli sayuran diwarung pak Mamat
Singgah sebentar didepan taman
Bang Sophian ku ucap selamat
Dan aku pun mau menjadi teman



Ke kota mau jualan
Tahu tempe itu makanan
Andai kita bisa kenalan
Apa boleh kita berteman



Kucing anggora berwarna abu-abu
Lembut bulunya selembut salju
Wahai dirimu yang saat ini sedang sendu
Bolehkah aku tau siapa namamu ?



Ikan hiu tinggal di laut
Lautnya tenang berwarna biru
Kamu yang imut jangan cuma cemberut
Bolehkah aku tau siapa namamu ?



Pantun Perkenalan Lucu

Beli tahu untuk cemilan
Beli coklat disore hari
Siapa mau ngajak kenalan
Baru lihat langsung belari


Kenalan boleh kenalan 
Kenalan di pinggir jalan
Jomblo atau bukan 
Yang penting pertemanan


Aurah kasih naik sedan
Di tengah kota pecah ban
Kenapa masih mau kenalan
Bukankah kita sudah pacaran


Bukan aku tak mau kenalan
Di lihat orang kita pun malu
Klo mau kita lewat waan
Klo ragu langsung penghulu


Boleh saja pergi berjalan
Asal jangan pergi mandi
Boleh saja minta kenalan
Asal jangan minta hati


Beli kedondong
Beli marsika
Kenalan dong
Nama saya Annisa


Aku heran kacang panjang
Belum di tanam udah layu
Aku heran cewek sekarang
Belum kenalan udah merayu


Juragan lupa memanggil nyonya
Ingin sarapan gulai sayuran
Tiada mengapa sudah berpunya
Kita kenalan sebatas berteman


Jalan-jalan pergi taman
Taman ada di pekarangan
Sdh kenalan kita berteman
Soal jadian urusan belakangan


Durian dibelah dua
Kalo dimakan enak rasanya
Kenalan boleh saja
Tapi aku udah ada yang punya



Muka sinis suka makan
Kalou makan sama dengdeng
Saya simanis sedang tiduran
Mau kenalan boleh dong


Membuat jalan memakai pasir
Sirami aspal biarlah licin
Belum kenalan sudahpun naksir
Sudah kenalan marilah kawin


Perjaka soleh
Murah senyum
Kenalan boleh
Jangan minta cium


Paku memalu kedalaman tegak
Tertusuk duri pedi bikin jemu
Ma aku mau kamu kenalan gak
dah Dari tadi ku menunggumu


Goreng ikan
pake kuali
Mau kenalan
Tapi gak ada yg perduli


Besi baja bikin kailan
Bahan buangan didalam sumur
Boleh saja abang kenalan
Tapi maaf jangan tanya masalah umur


Paku memalu kedalaman tegak
Tertusuk duri pedi bikin jemu
Sama aku kamu mau kenalan tidak
Sudah dari tadi aku menunggumu



Jalan-jalan ke kota pulau
Jangan lupa bawa makanan
Hey kamu yang jomblo
Bolehlah kita kenalan


Sungguh manis si anak dara
Jalan sendiri tiada berteman
Wajahmu manis ficha asmara
Salam manis salam kenalan


Jalan jalan
Ke negri hongkong
Mau kenalan
Jangan bengong


Cantik jelita gadis gedungan
Kulit putih orangnya sopan
Bukanya kita sudah berteman
Kenapa masih ingin kenalan

Boleh kenalan
Asal santun
Saling kenalan
Sambil berpantun


Cantik menawan seorang putri
Ditinggal pacar hidupnya jemu
Kakek saya lagi sendiri
Dia pengen kenalan kamu


Pergi jogja beli pakaian
Lihat batik buat mama
Boleh saja kita kenalan
Neng cantik siapa namanya



Pantun Perkenalan Kelompok

Bintang kecil banyak diawan
Awan mendung semalaman
Salam kenal hay kawan
Assalamualakum kami ucapkan


Burung perkutut hinggap didahan
Hinggap didahan si batang kemang
Kenapa takut banyak kenalan
Banyak teman hidup senang


Beli pepaya di pinggir jalan
Soal harga bisa di kompromi
Maksud kami inggin knalan
Agar terjaga si latuhrahmi

Tinggi-tinggi bintang rembulan
Hanya satu yg ada di bumi
Jangan lah malu untuk berkenalan
Untuk mempererat silaturahmi

Pantun Perkenalan Dua Baris

Sambil ngetik makan kedondong 
Mbak cantik kenalan donk


Buah ditenteng buah kedondong
Adik ganteng kenalan dong

Ono semut kecemplung kanal
Bunda imut salam kenal



Pantun Perkenalan Bahasa Jawa

Tuku sandal werno kuning
Teko wlingi tumpakno honda
Salam kenal kulo mak ning
Tapi wingi diceluk dinda


Aku gak seneng iwak bandeng
Untuku linu mripatku mblereng
Kenal arek ayu tak jak mubeng mubeng
Seneng ngguya ngguyu tibakne gendeng

Sepeda pancal diprotoli
Dirombengno nggone gembong
Salam kenal ugi ning siti
Saking kulo batuk jenong

Iwak cucut kecantol paku
Paku teyeng garai titanus
Kebacut gak kenal aku
Aku mejeng penting nyetatus


Pantun Perkenalan Romantis


Keluar rumah lalu berjalan
Ingin mengisi sedikit kuota
Kalau sudah main kenalan
Bisa nanti jatuh cinta


Jalan jalan tiada jemu
Saat wisata sungguh ceria
Sejak kenalan sama kamu
Hidup terasa sangat bahagia


Ingin sekali mebeli koran
Beli koran untuk di baca
Ingin sekali aku kenalan
Tapi takut kamu tak suka


Pisang berangan didekat pinggan
Cari madu tidak kesampaian
Abang tampan sangat rupawan
Hati malu ajak kenalan


Ke kampus naik odong-odong
Jangan lupa dijalan sambil nyisir
Hay kamu kenalan dong
Iya kamu aku naksir


Jalan-jalan ke tengah hutan
Cuma untuk cari akar
Kita tak boleh kenalan
Tapi langsung jadi pacaran


Lemari baju diisi celana sekolahan
Diisinya dengan sangat teliti
Buat apa kita kenalan
Kalau untuk disakiti


Bulan purnama terang menderang
Dihiasi bintang bintang
Sejak kenalan hati ku senang
Siang malam terbayang bayang


Indah sekali bunga di taman
Disuruh orang buat jembatan
Ingin ku selami dirimu kawan
Begitu bingungnya mencari jawaban


Cita citata seorang biduan
Badanya lelah selalu bergoyang
Semenjak kita telah kenalan
Kenapa wajah selalu terbayang


Bulan purnama terang menderang
Dihiasi bintang bintang
Sejak kenalan hati ku senang
Siang malam terbayang-bayang

Jalan jalan tiada jemu
Saat wisata sungguh ceria
Sejak kenalan sama kamu
Hidup terasa sangat bahagia


Durian berputik dilereng gunung
Tumbuh diladang punya paman
Berwajah cantik pake kerudung
Bolehkah abang ingin kenalan


Jika arab banyak pengkolan
Pengkolan asik pembalab coba
Jika berharap mau kenalan
Kenalan orang cantik saya suka


Baca juga :
Itulah beberapa contoh pantun perkenalan yang bisa anda gunakan dalam beberapa kesempatan. Anda juga bisa mengedit pantun diatas sesuai dengan kebutuhan anda agar menjadi sebuah pantun yang padu serta enak didengarkan. 

Namun apabila anda mempunyai pantun sendiri, tidak perlu ragu atau malu untuk menggunakannya. Karena dengan begitulah anda bisa menambah keterampilan anda dan berkreasi menciptakan pantun yang menarik. Sebelum membuatnya, ada baiknya anda membaca kaidah yang berlaku, agar pantun anda buat memenuhi syarat-syarat utama sebuah pantun. Terimakasih.  

yosefpedia I'm introvet person

Posting Komentar untuk "250 Pantun Perkenalan Diri dan Kelompok yang Unik dan Kreatif"