Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Sih Arti Gemi, Nastiti lan Ati-Ati ? Berikut Penjelasannya

Pernah tidak kamu mendengar peribahasa jawa yang berbunyi : gemi, nastiti lan ati-ati ? Lantas, apakah kamu mengetahui apa arti pitutur tersebut ?. Admin sendiri pertama kali mendengar istilah itu dari nenek. Pernah beliau berkata, " Sulis anake Pak Rambat kae uripe uwis mulyo, saiki dadi PNS. Ora kaget wong ndisik bocahe gemis, nastiti lan ati-ati.


Pitutur luhur tersebut adalah nasehat dari orang tua yang seringkali diberikan kepada anak perempuan saat menginjak usia sekolah ataupun remaja. Alasannya adalah, dalam kehidupan berumah tangga nanti, perempuanlah yang biasa memegang dan mengatur keuangan. Dia harus bisa mengendalikan, mengatur atau mengelola pemasukan dan pengeluaran agar semua kebutuhan bisa tercukupi dan mengalokasikan dana yang ada dengan bijaksana serta tepat sasaran. Berikut ini adalah arti dari gemi, nastiti lan ati-ati :


Gemi

Kata gemi apabila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia memiliki arti hemat. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia hemat sendiri didefinisikan sebagai : berhati-hati dalam membelanjakan uang dan tidak boros

Dalam mengelola keuangan sebaiknya kita bisa mengendalikan kemauan kita, tidak menuruti hawa nafsu, tidak mudah tergiur untuk membeli barang yang belum tentu kita membutuhkan serta bisa menabung. 

Hemat tidak selalu diidentikkan dengan material saja melainkan juga dalam hal pekerjaan. Mampu melaksanakan pekerjaan dengan efektif dan efisien, mampu mengelola sumber daya tenaga kita serta menyingkirkan semua tingkah laku kita yang tidak memberikan manfaat juga termasuk sikap hemat.


Nastiti

Nastiti berarti cermat. Kita harus cermat dalam mengatur keuangan kita sesuai dengan skala prioritas yang kita buat. Seperti halnya bisa memilah, mana kebutuhan yang perlu didahulukan dan mana kebutuhan yang bisa ditunda. Salah atu sifat cermat ditunjukkan dengan kebiasaan meneliti kembali segala pekerjaan yang sudah kita selesaikan. Dengan begitu kita bisa meminimalisir kesalahan dan memperoleh hasil yang maksimal atas usaha kita.


Ati-ati

Ati-ati sama artinya dengan berhati-hati. Seseorang harus menggunakan nalar dan bisa memprediksi kemungkinan yang akan terjadi, bisa mengantisipasi hal-hal buruk dan mencari cara penyelesaian / pemecahan masalah secara tepat dan efisien.

Dalam kehidupam sehari-hari, sifat gemi, nastiti lan ati-ati tidak hanya sebatas ditujukan untuk kaum perempuan saja melainkan berlaku secara universal terutama untuk para pemimpin. Dengan berlandaskan sifat gemi, setiti lan ati-ati diharapkan pemimpin dapat menjalankan tugasnya dengan baik serta kebijakan-kebijakan yang diambilnya bisa membawa manfaat yang positif terhadap anggota / bawahan serta organisasi yang dipimpinnya.

yosefpedia I'm introvet person

Posting Komentar untuk "Apa Sih Arti Gemi, Nastiti lan Ati-Ati ? Berikut Penjelasannya "