Skip to main content

Kumpulan Ayat Emas Alkitab tentang Cinta, Iman, dan Harapan

Suatu hal yang menjadi kebiasaan umat Kristen di jaman sekarang adalah, selain sering mengirim salam melalui pesan singkat, umat kristiani juga sering mengirimkan kartu ucapan yang berisi tentang ayat-ayat emas yang bersumber dari dalam alkitab. Memang bagi setiap orang, mungkin akan memiliki sebuah ayat atau kutipan favorit yang mana, firman itu dijadikan sebagai pegangan hidup masing-masing.

Kumpulan Ayat Emas Alkitab

Saya sendiri memiliki beberapa kutipan atau ayat emas yang mana, ayat tersebut seringkali bisa mewakili perjalanan hidup saya, baik itu disaat saya senang, sedih, bahagia maupun saat berduka. Dalam aplikasi di ponsel android yang saya miliki, saya seringkali menandai atau membookmark ayat-ayat tersebut, sehingga apabila suatu saat saya ingin membaca kutipan firman yang dimaksudkan, saya bisa segera menemukan tanpa harus bersusah-susah dalam mencarinya. 

Dari dalam alkitab sendiri kita akan banyak menemukan ayat-ayat emas yang berisi ajaran pokok dari agama Kristen itu sendiri yakni ajaran kasih, yang termuat dalam perjanjian lama maupun di perjanjian baru. Banyak pula ayat yang memberikan kita harapan dan menguatkan iman kita disaat kita benar-benar sedang diuji oleh Allah. Terlebih bagi yang sudah hidup berkeluarga, terdapat beberapa ayat yang mengajarkan kita arti cinta dan kesetiaan terhadap pasangan hidup kita. 

Anda bisa memilih ayat-ayat emas dibawah ini untuk dijadikan suatu permenungan dalam doa harian baik itu secara pribadi maupun saat berdoa bersama dengan keluarga anda masing-masing. Adapun beberapa ayat-ayat emas dari alkitab yang berhasil saya rangkum diantaranya :

Kumpulan Ayat Emas Alkitab  


Ayat emas alkitab tentang cinta dan kasih sayang 
  1. Matius 5:43 Kamu telah mendengar firman : Kasihilah sesamamu manusia dan bencilah musuhmu
  2. Matius 5:44 Tetapi aku berkata kepadamu : Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu.
  3. 2 Yohanes 1:6 Dan inilah kasih itu, yaitu bahwa kita harus hidup menurut perintah-Nya. Dan inilah perintah itu, yaitu bahwa kamu harus hidup di dalam kasih, sebagaimana telah kamu dengar dari mulanya.
  4. 3 Yohanes 1:1 Saudaraku yang kekasih, aku berdoa semoga engkau baik-baik dan sehat-sehat saja dalam segala sesuatu, sama seperti jiwamu baik-baik saja.
  5. Imamat 19:18 Janganlah engkau menuntut balas, dan janganlah menaruh dendam terhadap orang-orang sebangsamu, melainkan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.
  6. Bilangan 14:18 Tuhan itu berpanjang sabar dan kasih setia-Nya berlimpah-limpah. Ia mengampuni kesalahan dan pelanggaran, tetapi sekali-kali tidak membebaskan orang yang bersalah dari hukuman, bahkan ia membalaskan kesalahan bapa kepada anak-anaknya, kepada keturunan ketiga dan keempat.
  7. Ulangan 6:5 Kasihilah Tuhan Allahmu dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap kekuatanmu.
  8. Ulangan 7:12 Dan akan terjadi, karena kamu mendengarkan peraturan-peraturan itu serta melakukan dengan setia, maka terhadap Engkau Tuhan, Allahmu, akan memegang perjanjian dan kasih setia-Nya yang diikrarkan dengan sumpah kepada nenek moyangmu.
  9. Nehemia 9:31 Tetapi karena kasih sayang-Mu yang besar, Engkau tidak membinasakan mereka sama sekali dan tidak meninggalkan mereka, karena Engkaulah Allah yang pengasih dan penyayang.
  10. Mazmur 52:9 Aku hendak bersyukr kepada-Mu selama-lamanya, sebab Engkaulah yang bertindak, karena nama-Mu baik. Aku hendak memashurkannya di depan orang-orang yang kukasihi.
Firman Tuhan tentang harapan
  1. Ayub 14:19 Seperti batu-batu dikikis air, dan bumi dihanyutkan tanahnya oleh hujan lebat. Demikianlah kauhancurkan harapan manusia
  2. Ayub 14:7 Karena bagi pohon masih ada harapan apabila ditebang, ia bertunas kembali, dan tunasnya tidak berhenti tumbuh.
  3. Mazmur 2:5 Hanya pada Allah saja kiranya aku tenang, sebab dari pada-Nyalah harapanku
  4. Amsal 10:28 Harapan orang benar akan menjadi sukacita, tetapi harapan orang fasik menjadi sia-sia.
  5. Amsal 23:14 Karena masa depan sungguh ada, dan harapanmu tidak akan hilang
  6. Pengkhotbah 9:4 Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan. Karena anjing yang hidup lebih baik dari singa yang mati
  7. 1 Petrus 1:21 Oleh Dialah kamu percaya kepada Allah, yang telah membangkitkan Dia dari antara orang mati dan yang telah memuliakan-Ny, sehingga imanmu dan pengharapanmu tertuju kepada Allah.
  8. Ibrani 6:19 Pengharapan itu adalah sauh yang kuat dan aman bagi jiwa kita, yang telah dilabuhkan sampai ke belakang tabir
  9. 2 Tesalonika 2:16 Dan Ia, Tuhan kita Yesus Kristus, dan Allah, Bapa kita, yang dalam kasih karunia-Nya telah mengasihi kita dan telah menganugerahkan penghiburan abadi dan pengharapan baik kepada kita.
  10. 1 Korintus 13:13 Demikian tinggal ketiga hal ini, yaitu iman, pengharapan dan kasih, dan yang paling terbesar adalah kasih.
Ayat emas alkitab tentang iman
  1. 1 Petrus 3:10 Siapa yang mau mencintai hidup dan mau melihat hari-hari baik, ia harus menjaga lidahnya terhadap yang jahat dan bibirnya terhadap ucapan-ucapan yang menipu.
  2. 1 Timotius 6:10 Karena akar segala kejahatan adalah cinta uang. Sebab oleh memburu uanglah beberapa orang telah menyimpang dari iman dan menyiksa dirinya dengan berbagai-bagai duka.
  3. Kisah Para Rasul 15:11 Sebaliknya, kita pervaya, bahwa oleh kasih karunia Yesus Kristus kita akan beroleh keselamatan seperti mereka juga.
  4. 2 Korintus 10:15 Kami tidak bermegah atas pekerjaan yang dilakukan orang lain di daerah kerja yang tidak dipatok untuk kami. Tetapi kami berharap bahwa apabila imanmu makin bertumbuh, kami akan mendapat penghormatan lebih besar lagi diantara kamu, jika dibandingkan dengan daerah kerja yang dipatok untuk kami.
  5. Galatia 3:11 Dan tidak ada orang yang dibenarkan Allah karena melakukan hukum Taurat adalah jelas, karena orang yang benar akan hidup oleh iman
  6. Efesus 5:15 Karena itu, perhatikanlah dengan seksama. Bagiamana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif.
  7. Efesus 6:16 Dalam segala keadaan, pergunakanlah perisai iman, sebab dengan perisai itu kamu akan dapat memadamkan semua panas api dari si jahat.
  8. Filipi 1:25 Dan dalam keyakinan ini, tahulah aku. Aku akan tinggal dan akan bersama-sama lagi dengan kamu sekalian, supaya kamu makin maju dan bersukacita dalam iman. 
  9. Kolose 1:23 Sebab itu, kamu harus bertekun dalam iman, tetap teguh dan tidak bergoncang, dan jangan mau digeser dari pengharapan injil, yang telah kamu dengar dan yang telah dikabarkan di seluruh alam di bawah langit, dan yang aku ini, Paulus, telah menjadi pelayannya.
  10. Kolose 2:7 Hendaklah kamu berakar di dalam Dia dan dibangun di atas Dia, hendaklah kamu bertambah teguh dalam iman yang telah diajarkan kepadamu, dan hendaklah hatimu melimpah dengan syukur.   
Beberapa ayat emas dari alkitab lainnya yang bisa anda jadikan sebagai ayat untuk memberikan motivasi bagi diri sendiri dan orang lain diantaranya :
  1. Roma 6:17 Tetapi syukurlah kepada Allah! Dahulu memang kamu hamba berdosa. Tetapi sekarang kamu dengan segenap hati telah mentaati pengajaran yang telah diteruskan kepadamu.
  2. Filipi 4:6 Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segenap hal keinginanmu kepada Allah dengan doa dan permohonan dengan ucapan syukur.
  3. Amsal 29:23 Keangkuhan merendahkan orang, tetapi orang yang rendah hati, menerima pujian. 
  4. Filemon 1:4 Aku mengucap syukur kepada Allahku, setiap kali aku mengingat Engkau dalam doaku.
  5. Amsal 22:4 Ganjaran kerendahan hati dan takut akan Tuhan adalah kekayaan, kehormatan dan kehidupan
  6. Amsal 16:19 Lebih baik merendahkan diri dengan orang yang rendah hati daripada membagi rampasan dengan orang yang congkak 
  7. Matius 21:22 Dan apa saja yang kamu minta dalam doa dengan penuh kepercayaan, kamu akan menerimanya.
  8. Matius 7:7-8 Mintalah maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapatkan; ketoklah maka pintu akan dibukakan bagimu.Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan.
  9. Amsal 19:11 Akal budi membuat orang panjng sabar dan orang itu dipuji karena memaafkan pelanggaran.  
  10. Matius 5 : 13 Kamu adalah garam dunia. Jika garam itu menjadi tawar, dengan apakah ia diasinkan? Tidak ada lagi gunanya selain dibuang dan diinjak orang.
Baca juga : 
Itulah beberapa ayat emas alkitab yang bisa saya tuliskan untuk anda sekalian. Jangan ragu untuk berbagi ayat-ayat tersebut kepada saudara atau rekan kristiani lainnya, supaya nama Allah semakin di muliakan, baik itu di bumi maupun di surga.   


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar