Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

35 Ayat Alkitab Tentang Bersyukur Atas Segala Hal Dalam Hidup Kita

Terkadang dalam hidup ini, apa yang kita rencanakan dan kita usahakan tidak / belum sesuai dengan yang kita harapkan. Terkadang Tuhan mempunyai rencana lain dan seakan membelokkan apa yang yang telah kita usahakan dan upayakan selama ini. Kendati demikian janganlah hal itu menjadi alasan bagi kita untuk tidak bersyukur. Masih ada banyak alasan bagi kita untuk tetap bersyukur atas segala hal yang terjadi dalam hidup ini. Jika kita membuka alkitab, maka kita akan menemukan beberapa ayat alkitab tentang bersyukur yang bisa kita temukan baik itu di perjanjian lama maupun di perjanjian baru. 

5 Ayat Alkitab Tentang Bersyukur

Bersyukur tidak harus dilakukan ketika kita mengalami sukacita. Dalam kondisi apapun, Tuhan menghendaki kita untuk tetap mensyukuri apa yang terjadi dalam hidup ini. Sama seperti halnya yang dilakukan oleh nabi Samuel dan nabi Yesaya ketika dia sedang mengalami kesesakan dalam hidupnya. Mereka mempercayakan apa yang mereka alami ke dalam kehendak Tuhan serta mengandalkan Tuhan dalam setiap perkara yang terjadi dalam hidup mereka.

Selain itu, terlebih saat kita menerima banyak berkat seperti bertambahnya usia ataupun keberhasilan  baik kita atau pasangan kita dalam pekerjaannya. Kita tidak boleh lalai dan bersikap jumawa atas pencapaian itu. Seakan segala keberhasilan itu adalah jerih payah kita sendiri dan melupakan apa yang menjadi campur tangan Allah. Setiap hal, setiap perkara yang kita alami, pastinya Allah ikut campur tangan akan di dalamnya, serta membuat kita dimampukan dalam setiap  tindakan dan perbuatan kita.


Bila anda membuka alkitab, maka anda akan menemukan beberapa ayat emas tentang bersyukur yang bisa anda jadikan sebagai bahan permenungan. Untuk lebih memudahkan anda mencari ayat alkitab yang sesuai dengan topik pembahasan, saya telah merangkum beberapa ayat yang masih berkaitan dengan ucapan syukur. Berikut ini ayat alkitab tentang bersyukur :  

35 Ayat Alkitab Tentang Bersyukur
  1. 1 Tawarikh 16:8 Bersyukurlah kepada Tuhan, panggilah nama-Nya, perkenalkanlah perbuatan-Nya diantara bangsa-bangsa.
  2. 1 Tawarikh 16:34 Bersyukurlah kepada Tuhan, sebab Ia baik! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya
  3. 1 Tawarikh 16:35 Dan katakanlah : " Selamatkan kami, ya Tuhan Allah, penyelamat kami diantara bangsa-bangsa, supaya kami bersyukur kepada nama-Mu yang kudus, dan bermegah dalam puji-pujian kepada-Mu.
  4. Mazmur 7:17 Aku hendak bersyukur kepada Tuhan karena keadilan-Nya, dan bermazmur bagi nama Tuhan, yang Mahatinggi.
  5. 1 Timotius 1:12 Aku bersyukur kepada Dia, yang menguatkan aku, yaitu Kristus Yesus, Tuhan kita. Karena Ia menganggap aku setia dan mempercayakan pelayanan ini kepadaku.
  6. Kolose 3:15 Hendaklah damai sejahtera Kristus memerintah dalam hatimu, karena untuk itulah kamu telah dipanggil menjadi satu tubuh. Dan bersyukurlah.
  7. Lukas 10:21 Pada waktu itu juga bergembiralah Yesus dalam Roh kudus dan berkata : " Aku bersyukur kepada-MU, Bapa, Tuhan langit dan bumi, karena semuanya itu Engkau sembunyikan bagi orang bijak dan orang pandai, tetapi Engkau nyatakan kepada orang kecil. Ya Bapa, itulah yang berkenan kepada-Mu.
  8. Yesaya 12:4 Pada waktu itu kamu akan berkata : " Bersyukurlah kepada Tuhan, panggillah nama-Nya, beritahukanlah perbuatan-Nya diantara para bangsa-bangsa, masyhurkanlah, bahwa nama-Nya tinggi luhur. 
  9. Mazmur 145:10 Segala yang kau jadikan itu akan bersyukur kepada-Mu, ya Tuhan, dan orang-orang yang Kaukasihi akan memuji Engkau.
  10. Mazmur 139:14 Aku bersyukur kepada-Mu oleh karena kejadianku dahsyat dan ajaib, ajaib apa yang kaubuat, dan jiwaku benar-benar menyadarinya.    
  11. Matius 11:25 Pada waktu itu berkatalah Yesus : " Aku bersyukur kepada-Mu, Bapa, Tuhan langit dan bumi, karena semuanya itu Engkau sembunyikan bagi orang bijak dan orang pandai, tetapi Engkau nyatakan kepada orang kecil.
  12. Yesaya 12:1 Pada waktu itu Engkau berkata : Aku mau bersyukur kepada-Mu, ya Tuhan, karena sungguhpun Engkau telah murka terhadap aku, tetapi murkaMu telah surut dan Engkau menghibur aku.
  13. Mazmur 139:14 Aku bersyukur kepada-Mu oleh karena kejadianku dahsyat dan ajaib. Ajaib apa yang Kau buat dan jiwaku benar-benar menyadarinya.
  14. Mazmur 138:4 Semua raja di bumi akan bersyukur kepada-Mu, ya Tuhan, sebab mereka mendengar janji dari mulut-Mu
  15. Mazmur 138:1 Dari Daud. Aku hendak bersyukur kepada-Mu dengan segenap hatiku, dihadapan Allah aku hendak bermazmur bagi-Mu
  16. 1 Tawarikh 29:13 Sekarang ya Allah, kami bersyukur kepada-Mu dan memuji nama-Mu yang agung itu.
  17. Mazmur 28:7 Tuhan adalah kekuatanku dan perisaiku, kepada-Nya hatiku percaya. Aku tertolong sebab itu beria-ria hatiku, dan dengan nyanyian aku bersyukur kepada-Nya.
  18. Mazmur 33:2 Bermazmurlah kepada Tuhan dengan kecapi, barmazmurlah baginya dengan gambus sepuluh tali!
  19. Mazmur 42:5 Mengapa engkau tertekan, hai jiwaku, dan gelisah di dalam diriKu? Berharaplah kepada Allah! Sebab aku akan bersyukur lagi kepada-Nya, penolongku dan Allahku.
  20. Mazmur 45:17 Aku mau memasyurkan namaMu turun-temurun, sebab itu bangsa-bangsa akan bersyukur kepadaMu untuk seterusnya dan selamanya.
  21. Roma 14:6 Siapa yang berpegang pada suatu hari yang tertentu, ia melakukannya untuk Tuhan. Dan siapa makan, ia melakukan untuk Tuhan, sebab dia mengucap syukur kepada Allah. Dan siapa tidak makan, ia melakukannya untuk Tuhan, dan ia juga mengucap syukur kepada Allah.
  22. Mazmur 52:9 Aku hendak bersyukur kepada-Mu selama-lamanya, sebab Engkaulah yang bertindak. Karena nama-Mu baik, aku hendak memasyurkannya di depan orang-orang yang Kaukasihi!
  23. Kolose 2:7 Hendaklah kamu berakar dalam Dia dan dibangun di atas Dia, hendaklah kamu bertambah teguh dalam iman yang telah diakarkan kepadamu, dan hendaklah hatimu melimpah dengan syukur.
  24. Mazmur 54:6 Dengan rela hati aku akan mempersembahkan korban kepada-Mu, bersyukur sebab nama-Mu baik, ya Tuhan
  25. Mazmur 57:9 Aku mau bersyukur kepada-Mu diantara bangsa-bangsa, ya, Tuhan, aku mau bermazmur bagi-Mu diantara suku-suku bangsa.
  26. Filipi 4:6 Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segenap hal keinginanmu kepada Allah dengan doa dan permohonan dengan ucapan syukur.
  27. Mazmur 86:12 Aku hendak bersyukur kepada-Mu, ya Tuhan, Allahku, dengan segenap hatiku, dan memuliakan nama-Mu untuk selama-lamanya
  28. Mazmur 100:4 Masuklah melalui pintu gerbang-Nya dengan nyanyian syukur, ke dalam pelataran-Nya dengan puji-pujian, bersyukurlah kepada-Nya dan pujilah nama-Nya!  
  29. Mazmur 106:1 Haleluya! Bersyukurlah kepada Tuhan, sebab Ia baik! Bahwasanya untuk selama-lamaNya kasih setia-Nya.
  30. 2 Samuel 22:50 Sebab itu aku mau menyanyikan syukur bagi-Mu, ya Tuhan, diantara bangsa-bangsa, dan aku akan menyanyikan mazmur bagi nama-Mu.
  31. Filemon 1:4 Aku mengucap syukur kepada Allahku, setiap kali aku mengingat Engkau dalam doaku.
  32. Ibrani 12:28 Jadi, karena kita menerima kerajaan yang tidak tergoncangkan, marilah kita mengucap syukur dan beribadah kepada Allah menurut cara yang berkenan kepada-Nya, dengan hormat dan takut
  33. Ibrani 13:15 Sebab itu, marilah kita, oleh Dia, senantiasa mempersembahkan korban syukur kepada Allah, yaitu ucapan bibir yang memuliakan nama-Nya.
  34. 2 Timotius 1:3  Aku mengucap syukur kepada Allah, yang kulayani dengan hati nurani yang murni seperti yang dilakukan nenek moyangku. Dan selalu mengingat Engkau dalam permohonanku, baik siang maupun malam.
  35. Kolose 3:15 Hendaklah damai sejahtera Kristus memerintah di hatimu, karena untuk itulah kamu telah dipanggil menadi satu tubuh. Dan bersyukurlah.
Baca juga :
Itulah beberapa ayat alkitab tentang bersyukur yang bisa anda baca dan anda jadikan bahan permenungan. Masih ada banyak lagi ayat di dalam alkitab yang tidak bisa saya tuliskan satu persatu di artikel ini. Untuk lebih mudah mendapatkan ayat alkitab yang anda inginkan, anda bisa mendownload aplikasi kitab suci melalui playstore. Di dalamnya terdapat menu telusur yang akan memungkinkan anda mendapatkan ayat sesuai dengan kata kunci yang anda cari. 

Posting Komentar untuk "35 Ayat Alkitab Tentang Bersyukur Atas Segala Hal Dalam Hidup Kita"