Skip to main content

Contoh alamat email yang baik dan profesional untuk kepentingan bisnis

Memiliki sebuah alamat email saat ini seakan sudah menjadi suatu kebutuhan wajib, terutama bagi seorang penggiat sosial media serta pelaku bisnis. Dengan memiliki sebuah alamat email yang benar dan sesuai dengan bisnis atau usaha yang kita geluti, maka akan menunjukkan profesional tidaknya diri kita dalam pengelolaannya. Oleh karenanya, masih banyak orang yang mencari contoh alamat email yang baik serta formal terutama untuk bisnis, agar mudah diingat oleh customer serta bisa mewakili bisnis yang kita jalankan.

Contoh alamat email yang baik dan profesional untuk kepentingan bisnis

Sebelum saya memberikan beberapa contoh alamat email, maka harus kita ketahui bersama manfaat serta kelebihan apabila kita memiliki sebuah email. Beberapa manfaat apabila kita memiliki email adalah : Yang pertama kita akan dengan mudah berkomunikasi serta mudah dalam membangun sebuah relasi bisnis. Selain itu, dengan menggunakan email kita bisa lebih mudah bertukar pesan bahkan bertukar data, karena email mendukung pengiriman data yang berupa word, pdf, gambar maupun video.

Dalam bidang pendidikan, alamat email juga sangat diperlukan untuk bisa mengakses beberapa informasi terutama jurnal yang sangat dibutuhkan untuk tugas perkuliahan. Selaim itu,  masih banyak lagi manfaat email yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu.

Seperti apakah kriteria email yang unik dan menarik ?

Lantas yang menjadi pertanyaannya, kriteria seperti apakah yang membuat alamat email disebut sebagai alamat email yang unik dan menarik ? Selain itu, mengapa kita perlu membuat alamat email yang unik ? 

Seakan bisa sebagai identitas diri kita maupun sebuah bisnis, alamat email sebaiknya dibuat sesuai dengan kebutuhannya.

Kita harus bisa membedakan, mana alamat email yang digunakan untuk keperluan diri sendiri serta mana email yang dibuat keperluan bisnis. Namun terlepas dari itu, sebaiknya alamat email yang kita buat memiliki beberapa kriteria. Kriteria alamat email yang unik dan menarik diantaranya :

  1. Mudah diingat. Ada baiknya dalam membuat email, anda membuat email yang mudah diingat serta mudah dibaca oleh orang lain. Harapannya dengan email yang mudah diingat, orang lain tidak akan kesulitan dalam mengeja ketika mereka hendak mengirimkan sebuah email kepada anda. 
  2. Tidak terlalu panjang. Usahakan dalam membuat email, anda tidak menggunakan kata-kata yang terlalu panjang. Namun apabila anda terpaksa menggunakan kata-kata yang panjang, kembali ke point utama, kata-kata itu sebaiknya kata-kata yang mudah diingat dan mudah dimengerti tidak hanya oleh diri sendiri, terutama oleh orang lain.
  3. Nama domain. Menggunakan nama domain untuk sebuah alamat email adalah solusi cerdas dalam membangun komunikasi dalam berbisnis. Anda akan terlihat lebih profesional. Selain itu, anda akan lebih mudah mendapat kepercayaan dari customer. Admin sendiri memiliki alamat email yang sama dengan nama blog ini untuk memudahkan komunikasi dengan pembaca ataupun orang lain yang ingin melakukan kerja sama seperti halnya tawaran job review maupun tawaran content replacement
  4. Gunakan nama anda atau nama panggilan anda. Kita juga bisa membuat alamat email sesuai dengan nama kita ataupun nama panggilan kita untuk mencegah terjadinya lupa akan nama atau alamat email yang kita miliki. 
  5. Gunakan nama brand anda. Khusus bagi anda yang ingin membuat sebuah alamat email untuk keperluan bisnis dan marketing. Sebaiknya membuat alamat email yang bisa mewakili nama brand anda. Dengan begitu, orang lain atau customer akan lebih percaya serta menilai anda profesional dalam menjalankan bisnis anda.

Penyedia layanan email paling banyak digunakan

Saat ini terdapat dua layanan penyedia email yang paling banyak digunakan yakni gmail dan yahoo. Beberapa tahun lalu mungkin masih banyak yang menggunakan layanan milik yahoo, namun dalam perkembangannya, layanan yang disediakan google yakni gmail memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan yahoo.

Seperti halnya google drive, yang memungkinkan kita mengirim file yang berukuran besar apabila data yang kita kirimkan lewat email memiliki ukuran yang cukup besar. Selain itu, dengan menggunakan layanan dari google, otomatis kita sudah diintegrasikan dengan beberapa produk dari google lainnya, seperti halnya google contac, google bisnis, blogger, youtube dan masih banyak yang lainnya.

Contoh alamat email yang baik dan profesional
Untuk kepentingan diri sendiri alamat email bisa disesuaikan dengan nama pribadi ataupun nama yang dikombinasikan dengan pekerjaan, tempat tinggal ataupun nama blog yang dikelola, seperti halnya :

Alamat email untuk keperluan pribadi :
  • agusmulyadi@gmail.com
  • agusblogger@gmail.com
  • agusmagelangan@gmail.com
  • yosefpedia@gmail.com
  • nadinecandra@gmail.com
  • siskanurse@yahoo.com
  • siskawriter@yahoo.com
  • duniamaya@yahoo.com
  • antoniusyoga@yahoo.com
  • kokoklaten@yahoo.com
Contoh alamat email untuk keperluan bisnis dan marketing : 

Khusus alamat email untuk keperluan marketing, sebaiknya alamat itu disesuaikan dengan nama brand ataupun jenis produk yang kita jual. Dengan begitu customer akan mudah mengingatnya apabila sewaktu-waktu ingin berkomunikasi dengan kita. Adapun beberapa contoh alamat email untuk keperluan bisnis dan marketing diantaranya :
  • jasaseo@gmail.com
  • rentalmobilyogya@gmail.com
  • mitrasehathospital@gmail.com 
  • perlengkapanmedis@gmail.com
  • grosirkaos@yahoo.com
  • juragankenari@yahoo.com
  • penangkarlovebird@yahoo.com
  • rentalmotorsleman@yahoo.com
Itulah beberapa contoh alamat email yang bagus dan profesional yang bisa anda jadikan sebagai referensi. Sebuah nama atau alamat email akan memberikan kesan bagi orang lain. Oleh karenanya, khusus bagi anda yang ingin membuat email untuk keperluan bisnis, jangan asal membuat sebuah alamat email. Karena hal itu akan menunjukkan profesional tidaknya diri ataupun usaha yang anda jalankan. Semoga bisa menambah wawasan bagi diri anda. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar