Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Kolom, Pengertian, Ciri dan Contohnya

Apabila kita sering membeli koran atau surat kabar, pasti kita akan mendapati beberapa jenis iklan di dalamnya. Iklan kolom dan iklan baris adalah beberapa iklan yang mendominasi suatu surat kabar karena biasanya dalam satu koran terdapat tempat atau lembar tersendiri yang berisi iklan dalam beberapa kategori.  Iklan kolom umumnya terdiri atas tulisan atau teks disertai dengan ilustrasi gambar. Namun tidak selamanya iklan kolom mencantumkan gambar ilustrasi, beberapa diantaranya hanya berupa tulisan saja sebagai contoh iklan lowongan pekerjaan. 

Iklan Kolom, Pengertian, Ciri dan Contohnya

Apabila iklan kolom hanya terdiri dari teksnya saja, tanpa disertai dengan gambar / ilustrasi. Apa yang membedakannya dengan iklan baris ? Sampai dengan saat ini, masih banyak diantara kita yang belum bisa membedakan antara iklan kolom dengan iklan baris ? Sebelum membahas perbedaannya, mari kita pahami terlebih dahulu dari definisi iklan iklan kolom dan iklan baris. 


Pengertian Iklan Kolom

Iklan kolom adalah iklan yang memiliki lebar satu kolom, namun lebih tinggi dibandingkan dengan iklan baris. Selain pesan verbal tertulis, dimungkinkan pula pesan non verbal sebagai ilustrasi gambar atau simbol ataupun tanda-tanda visual lainnya yang tidak terlalu bervariasi dan sangat terbatas.

Kendati demikian, seiring dengan kemajuan teknologi, saat ini iklan kolom dapat juga menampilkan gambar dengan warna, sehingga tidak terkesan monoton. Bisa pula menampilkan grafis, iklan jenis ini disebut pula iklan display. Dalam iklan kolom kata-kata yang digunakan untuk menyampaikan pesan lebih jelas dibandingkan dengan iklan baris yang banyak menggunakan kata-kata yang disingkat karena untuk menghemat biaya sewa iklan. Penggunaan iklan ini cukup bervariasi, mulai dari ucapan selamat, tawaran barang atau jasa, pendidikan, panggilan ( terhadap seseorang ) pengumuman menang lelang, peringatan ( dagang, paten, dan sebagainya ) undangan terbuka, serta lowongan kerja.  

Pengertian Iklan Baris

Disebut iklan baris karena pesan yang dibuat hanya beberapa baris atau kalimat saja dan biaya yang dikeluarkan dihitung perbaris serta harganya relatif murah. Biasanya iklan baris ini tidak lebih dari 3-4 baris dengan luas tidak lebih dari satu kolom. Bahasa yang umum digunakan dalam iklan baris adalah bahasa yang singkat, penuh makna dan sangat sederhana. Barang yang diiklankan dalam iklan baris ini sangatlah beragam, seperti mobil, motor, rumah, kos-kosan hingga tanah pekarangan. Tidak hanya itu pula, dalam iklan baris tidak sedikit orang yang menggunakannya untuk mengungkapkan ucapan syukur atas terkabulnya suatu permohonan, mencari jodoh dan lain sebagainya.  

Pengertian Iklan Display

Masih termasuk dalam jenis iklan cetak, iklan display lebih luas dibandingkan iklan kolom sehingga dapat mendisplay ( memperlihatkan ) illustrasi berupa gambar-gambar baik itu foto maupun grafis dalam ukuran yang lebih besar dibandingkan pesan verbal yang ditulis. Umumnya digunakan oleh organisasi baik itu bisnis maupun sosial. Misalkan iklan penjualan produk atau jasa, ucapan selamar, pemberitahuan, permintaan maaf, peringatan dagang dan lain sebagainya. Iklan ini dapat dilakukan oleh instansi pemerintah, swasta, organisasi sosial kemasyarakatan, pribadi atau keluarga. Untuk pemasangan pribadi atau keluarga misalkan ucapan dukacita, iklan ucapan selamat, permintaan maaf dan lain sebagainya.

Ciri-Ciri Iklan Kolom

  1. Berisi tidak hanya kata-kata atau teks verbal saja melainkan juga bisa disertai dengan gambar ilustrasi meskipun tidak terlalu bervariasi
  2. Iklan kolom lebih besar dibandingkan dengan iklan baris. Untuk memisahkan iklan ini dengan iklan yang lain berupa kotak / kolom.
  3. Kata-kata yang digunakan sesuai dengan ejaan, bukan kata yang disingkat seperti halnya iklan baris.
  4. Bentu font yang digunakan dalam iklan ini lebih bervariasi dibandingkan iklan baris. 

Ciri-Ciri Iklan Baris

  1. Iklan baris merupakan iklan yang terdiri dari  tulisan atau teks verbal dan tidak dilengkapi dengan gambar.
  2. Biasanya iklan baris menggunakan font yang monoton
  3. Penggunan kata atau kalimat yang disingkat untuk menghemat biaya
  4. Iklan baris ini tidak lebih dari 3-4 baris dengan luas tidak lebih dari satu kolom
  5. Untuk memisahkan antara iklan satu dengan yang lain hanya menggunakan baris saja

Contoh Iklan Kolom Lowongan Kerja

Iklan kolom dibawah ini merupakan iklan lowongan kerja. Biasanya pihak terkait akan memberikan informasi tentang jabatan yang dibutuhkan, persyaratan dari masing-masing jabatan seperti : pendidikan, usia, jenis kelamin, pengalaman kerja. Tidak lupa dalam iklan kolom tersebut melampirkan alamat serta nomor yang bisa dihubungi oleh pelamar kerja. 

Contoh Iklan Kolom Lowongan Kerja

Contoh Iklan Kolom Lowongan Kerja

Contoh Iklan Kolom Mobil

Masih banyak konsumen yang mencari mobil di iklan kolom. Dengan memberikan foto dan memberikan diskripsi sesuai dengan kondisi barang, akan memudahkan calon pembeli mengetahui barang yang diiklankan.
Contoh Iklan Kolom Mobil


Contoh Iklan Kolom Ucapan

Iklan kolom juga seringkali digunakan untuk menyampaikan ucapan seperti ucapan duka cita seperti terlihat dalam contoh dibawah ini. Dalam ucapan belasungkawa terdapat susunan kata yakni bagian header : Telah berpulang / Rest In Peace diikuti dengan ayat kutipan alkitab, waktu ( hari, tanggal, jam ) yang bersangkutan dipanggil Tuhan. Nama keluarga / teman yang meninggal, diikuti keterangan rumah duka, acara peribadatan untuk mendoakan yang telah meninggal diakhiri dengan informasi keluarga yang ditinggalkan atau pihak" kerabat dekat yang berduka cita.   

Contoh Iklan Kolom Ucapan

Contoh Iklan Kolom Rumah

Iklam kolom juga dapat sebagai sarana untuk menyampaikan informasi tentang rumah, gudang atau kos-kosan yang dijual atau desewakan. Contohnya di bawah ini. Namun  tidak ada salahnya anda memberikan gambar ilustrasi meskipun sederhana.
.
Contoh Iklan Kolom Rumah

Contoh Iklan Kolom Jasa

Jasa yang diiklankan di iklan kolom bervariasi, seperti jasa sedot WC, tukang bangunan, servise mobil, kulkas, servise AC dan masih banyak yang lainnya. Seperti contoh di bawah ini yang menawarkan jasa cor bangunan dengan menggunakan desain yang cukup menarik perhatian. 

Contoh Iklan Kolom Jasa

Contoh Iklan Kolom Kerjasama

Bilamana anda mengiginkan kerjasama dengan orang atau pihak lain untuk keperluan usaha, tidak ada salahnya anda bisa memasang iklan di iklan kolom. Namun anda perlu sangat berhati-hati karena pasti akan ada banyak yang menghubungi anda tidak hanya untuk keperluan kerjasama saja, melainkan ada maksud lainnya.
.



Demikian sedikit ulasan dari kami mengenai pengertian iklan kolom dan contohnya. Bagaimana anda tertarik mengiklankan barang yang ingin anda jual di iklan kolom? Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan anda tentang serba-serbi periklanan. Kurang lebihnya kami mohon maaf, sekian dan terima kasih.    

Posting Komentar untuk "Iklan Kolom, Pengertian, Ciri dan Contohnya"