Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

70 Contoh Perbuatan Baik Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Setiap manusia pada dasarnya menyukai segala sesuatu yang bersifat baik. Perbuatan untuk meningkatkan kebaikan termasuk dalam tujuan akhlak mulia. Tujuan tersebut diantaranya adalah mengembangkan potensi kita semua  agar menjadi manusia yang beriman dan berakhlak mulia serta bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Selain itu kita diharapkan menjadi warga negara yang bertanggung jawab. 

Lantas, apakah yang dimaksud dengan perbuatan baik? Mungkin kedua kata ini seringkali kita dengar, namun belum tentu setiap orang mampu mendefinisikannya. Perbuatan baik adalah perilaku yang bisa menimbulkan efek positif entah itu bagi diri sendiri, orang lain, lingkungan sekitar kita, ataupun masyarakat luas. 

70 Contoh Perbuatan Baik Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Perbuatan baik itu penting dilakukan tentu saja bukan karena tanpa alasan. Salah satu alasan mengapa kita harus berbuat baik kepada semua orang adalah, dengan berbuat baik maka terciptanya kerukunan dan keakraban hidup terhadap orang lain dan kehidupan di dalam masyarakat. Selain itu, dalam berbagai kepercayaan diajarkan bahwa apabila suatu kebaikan dilakukan, maka akan dapat mendatangkan kebaikan pula terhadap diri kita. Bahkan ditinjau dari segi medis, berbuat baik dapat membantu kinerja otak kita menyalurkan energi positif ke seluruh tubuh serta membantu menstabilkan emosional kita. 

Oleh karena itu jangan ragu untuk melakukan perbuatan baik dari hal-hal kecil seperti saling menghargai antar anggota keluarga, berbicara sopan dan menaruh rasa hormat kepada orang lain serta tidak berasumsi jelek kepada orang lain atau dengan kata lain tidak berburuk sangka.

Dibawah ini kami akan memberikan contoh perilaku atau perbuatan baik yang dapat kita aplikasikan baik itu dalam kehidupan di dalam keluarga, lingkungan masyarakat ataupun di sekolah. Dengan menebarkan kebaikan maka kita dapat menciptakan suasana yang harmonis dan kondusif untuk belajar, bergaul dan bekerja. Apa saja contoh perbuatan baik yang bisa kita lakukan sehari-hari. Berikut kami merangkumkannya untuk anda : 


Contoh Perbuatan Baik

1. Rajin berdoa dan beribadah. Seseorang yang rajin dan tekun berdoa akan dekat dengan sang pencipta. Jika hubungan seseorang dengan Tuhan dekat maka dia akan berupaya untuk menjalankan perintahnya dan menjauhkan diri terhadap semua larangan-Nya. Oleh karenanya, kita harus melaksanakan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaan kita masing-masing.

2. Senang bekerja. Orang yang disebut sebagai orang yang senang bekerja adalah orang yang bekerja dengan rajin dan dilakukan dengan sepenuh hati. Orang tersebut melakukan pekerjaan tanpa memandang berat ataupun ringan pekerjaan tersebut. Sikap orang yang senang bekerja adalah sebagai berikut :
  • Bekerja dengan hati yang gembira
  • Melaksanakan pekerjaan tanpa rasa dipaksa
  • Melaksanakan pekerjaan dengan ikhlas
  • Tidak mudah putus asa
  • Tidak mudah mengeluh  
3. Menjaga kerukunan. Dalam kehidupan bermasyarakat kita harus selalu hidup rukun dengan sesama. Dengan hidup rukun akan tercipta ketenteraman. Beberapa manfaat hidup rukun diantaranya :
  • Terciptanya keamanan dan kenyamanan hidup di lingkungan keluarga
  • Masyarakat menjadi tenang
  • Dapat saling membantu
  • Dapat melaksanakan ibadah dengan khusyuk dan tenang karena keadaan aman.
  • Masalah yang timbul dapat diselesaikan dengan baik.
  • Pekerjaan yang berat menjadi ringan. 
4. Saling berbagi. Keadaan hidup manusia tidaklah sama, ada yang kaya adapula yang miskin. Ada yang sakit, adapula yang sehat. Semuanya diciptakan untuk saling melengkapi satu dengan yang lainnya. Rasa saling berbagi harus tumbuh dalam hati semua orang. Manfaat yang bisa didapatkan dengan sikap berbagi diantaranya :
  • Kerukunan dapat dipelihara
  • Hubungan kekeluargaan semakin kuat
  • Memiliki sikap sosial yang tinggi
  • Menghormati dan menghargai orang lain
  • Suka membantu tanpa pamrih
5. Bersikap jujur. Bersikap jujur termasuk contoh berperilaku atau perbuatan baik sehari-hari. Manusia yang memiliki sikap jujur akan disayang Tuhan, keluarga, dan mempunyai banyak teman. Selain itu, orang yang jujur akan disayang orang lain. Orang yang jujur dapat ditunjukkan dengan sikap sebagai berikut : 
  • Selalu berkata benar, apa adanya, tidak ditambah ataupun dikurangi.
  • Berlaku dan bersikap apa adanya sesuai dengan keadaan
  • Berani mengakui kesalahan yang diperbuatnya

Contoh Perbuatan Baik di Sekolah

Contoh Perbuatan Baik di Sekolah



6. Menjaga kebersihan sekolah. Dimanapun kita berada, kita harus senantiasa menjaga kebersihan, termasuk di lingkungan sekolah. Dengan lingkungan yang bersih, maka diharapkan kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan baik. Siswa dan guru nyaman berada di dalamnya serta tercipta suasana pembelajaran yang kondusif.

7. Disiplin di sekolah, mentaati peraturan yang berlaku. Disiplin harus  diterapkan di sekolah agar kegiatan belajar mengajar dapar berjalan dengan baik dan lancar. Orang-orang yang berada di sekolah baik itu murid, guru, karyawan harus mentaati tata tertib yang berlaku baik itu yang tertulis maupun tidak tertulis. Beberapa contoh sikap disiplin diantaranya : Menggunakan seragam sekolah, mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, datang tepat waktu sebelum pelajaran dimulai serta tidak pernah membolos kelas.

8. Menghormati guru. Guru adalah orangtua kedua setelah orang tua kandung. Guru sangatlah berjasa bagi kehidupan kita. Merekalah yang mengajari kita, membaca, menulis, menanamkan nilai-nilai moral kepada kita sehingga kita bisa mengerti etika dan tata krama. Sikap hormat dan menyayangi guru dapat kita ungkapkan melalui sikap : Bersikap  rendah hati, sopan. Jika bertemu mengucapkan salam serta menundukkan kepala, mendengarkan dan melaksanakan apa yang menjadi nasehatnya.

9. Saling memaafkan apabila terjadi kesalahan terhadap teman. Dalam pergaulan dengan teman, seringkali kita pasti berbuat salah baik itu disengaja ataupun secara tidak disengaja. Segera meminta maaf adalah tindakan yang paling tepat sebelum masalah kita dengan teman menjadi berlarut-larut. 

10. Saling berbagi rasa, menengok teman yang sakit. Saat mendapati kabar teman kita sakit, kita harus berbela rasa, memberi dukungan dan motivasi agar teman kita dikuatkan dan cepat diberi kesembuhan. Apabila memungkinkan, kita bisa menjenguknya untuk mengetahui kondisi dan memberikan support secara langsung.
  
11. Tidak mengejek dan menghina. Tidak ada gunanya melakukan tindakan saling mengejek dan menghina teman. Justru apabila itu dilakukan maka kita akan dijauhi oleh teman dan akan menimbulkan perselisihan. Dengan saling menghargai dan menghmormati, maka kerukunan antar teman dapat terjalin dengan baik.

12. Tidak mencari kesalahan teman. Tindakan mencari kesalahan teman adalah tindakan yang tidak terpuji. Apalagi menceritakannya kepada teman-teman yang lain. Alangkah lebih baik apabila kita mengingatkan dan menasehati teman kita apabila kita mendapatinya berbuat salah.

13. Saling membantu dan menolong apabila dibutuhkan. Manusia hakekatnya adalah makluk sosial yang dalam hidupnya saling membutuhkan satu dengan yang lainnya. Bila teman kita mengalami kesusahan dan memerlukan pertolongan maka baiknya kita menolong sesuai dengan kemampuan kita, karena suatu saat kita pasti mengalami hal yang sama dan memerlukan pertolongan orang lain.   

14. Menyisihkan uang saku untuk ditabung. Membiasakan diri untuk hemat adalah contoh perbuatan baik yang dapat dilakukan di lingkungan sekolah. Kebiasaan orang tua adalah memberikan uang saku kepada kita saat sekolah. Kita bisa menyisihkan uang saku tersebut dan apabila ditabung atau dikumpulkan, uang tersebut bisa digunakan untuk membeli keperluan sekolah misal tas ataupun seragam sekolah. 

15. Menggunakan alat-alat belajar dengan baik sehingga tidak mudah rusak. Perilaku sikap hemat tidak saja ditunjukkan dengan menabung uang saku, melainkan juga dalam penggunaan alat-alat belajar. Karena apabila kita menggunakannya secara baik, maka peralatan kita tidak mudah rusak dan kita tidak perlu membeli barang baru.

16. Tidak mencontek saat ujian. Contoh perbuatan baik di sekolah lainnya adalah berperilaku jujur. Tidak mencontek adalah salah satu sikap sederhana yang perlu kita tanamkan di bangku sekolah. Karena dengan perbuatan-perbuatan kecil seperti itulah, kita dapat belajar untuk bertanggung jawab terhadap hal-hal yang besar. 
 
17. Tidak berbuat curang saat bermain. Salah satu cara menjaga kerukunan antar teman adalah tidak melakukan perbuatan curang saat bermain, apapun itu bentuknya. Karena banyak terjadi perselisihan antar murid, antar kelas yang awal mulanya disebabkan karena perbuatan curang. 

 
18. Berdoa sebelum dan sesudah mulai pelajaran. Dengan melakukan doa sebelum dan sesudah pelajaran maka kita benar-benar melibatkan Tuhan dalam setiap tindakan dalam kehidupan kita sehari-hari. Karena sekeras apapun usaha kita tanpa campur tangan dari Tuhan, semuanya akan sia-sia.


19. Tidak menyia-nyiakan waktu. Menggunakan waktu untuk belajar dan melakukan kegiatan yang positif. Kita datang ke sekolah, tujuan utama kita adalah untuk menuntut ilmu dan belajar

20. Terlibat aktif dalam kegiatan ekstrakulikuler di sekolah. Banyak cara untuk dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan dalam diri kita melalui kegiatan positif, salah satunya adalah mengikuti kegiatan ekstrakulikuler di sekolah. 
   

Contoh Perbuatan Baik di Rumah


Contoh Perbuatan Baik di Rumah


21. Bangun pagi. Bangun pagi sangat baik untuk dibiasakan. Apalagi bagi seorang pelajar yang memiliki tanggung jawab belajar. Kita dapat melakukan doa di pagi hari dan belajar, karena suasana yang hening, sangat kondusif bagi kita untuk mempelajari materi yang akan dipelajari di sekolah.

22. Berolahraga. Berolahraga di pagi hari sangatlah baik karena udara di pagi hari sangatlah bersih, belum terkena polusi seperti asap kendaraan bermotor. Jika udara yang kita hirup bersih, maka kita akan semakin sehat dan tidak mudah terkena penyakit seperti flu, batuk dan sakit pernafasan lainnya.  

23. Tekun Belajar. Sebagai seorang siswa hendaknya kita mengetahui hak dan kewajiban. Tugas seorang pelajar adalah belajar dengan tekun. Tekun adalah sikap bersungguh-sungguh dalam melaksanakan suatu kegiatan sehari-hari.

24. Membersihkan rumah dan pekarangan.  Rumah yang bersih akan membuat penghuni di dalamnya akan merasa nyaman dan rumah yang bersih membuat kita semakin terjaga kesehatannya. Tidak hanya di bagian dalam rumah saja yang perlu kita bersihkan, halaman dan pekarangan rumah wajib dibersihkan, karena lingkungan yang kotor dapat menimbulkan penyakit seperti demam berdarah.

25. Menjaga kesehatan dengan makan dan minum yang bergizi. Tahukah kamu orang yang paling bahagia di dunia ? Orang yang paling bahagia di dunia adalah orang yang sehat badannya. Salah satu cara untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan adalah dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi. Makanan yang bergizi adalah makanan yang di dalamnya terdapat kandungan : Karbohidrat, protein, vitamin, lemak, dan mineral yang diperlukan oleh tubuh kita.

26. Menjaga kerukunan antar anggota keluarga. Keluarga adalah masyarakat terkecil karena keluargalah terbentuk masyarakat. Dengan menjaga kerukunan antar anggota keluarga dapat menciptakan kebahagiaan dan rasa yang nyaman. Hidup rukun dapat diupayakan dengan sikap saling menghargai dan mengerti antar anggota keluarga serta saling membantu apabila mengalami kesulitan.

27. Membangun sikap jujur dalam keluarga. Kejujuran merupakan sikap yang harus kita bangun dan kita bina dalam diri sendiri, keluarga dan masyarakat. Contoh sikap jujur dalam keluarga adalah : Mengembalikan sisa uang belanja, membayarkan uang sekolah tanpa menguranginya. Jika dalam keluarga tidak ada kejujuran maka akan timbul keretakan dalam rumah tangga.

28. Sayang terhadap orang tua dan menghormatinya. Orang tua adalah orang yang paling berjasa dalam hidup kita. Siapakah yang disebut orang tua? Orang tua kita adalah ayah dan ibu kita. Melalui merekalah adanya keberadaan kita di dunia ini. 

29. Membantu pekerjaan orang tua sesuai dengan kemampuan. Banyak tugas yang harus dikerjakan orang tua kita di rumah. Seperti halnya mencuci baju, membersihkan rumah, menyiapkan makanan untuk kita. Kita dapat membantu meringankan pekerjaan mereka sesuai dengan kemampuan kita. Selain meringankan pekerjaan, kita juga bisa melatih untuk hidup mandiri. 

30. Mendengarkan dan melaksanakan nasihatnya. Tidak ada orang tua di dunia ini memberikan nasehat kepada anaknya dengan maksud yang buruk. Semua orang tua menginginkan yang terbaik bagi anak-anaknya dan sudah sepatutnya bagi anak mendengarkan dan melaksanakan nasehat dari orang tua dengan penuh hormat.

31.Berpamitan ketika hendak berangkat ke sekolah ataupun bermain. Berpamitan adalah sopan santun yang perlu ditanamkan dalam diri kita sejak kecil. Dengan berpamitan maka orang tua kita akan mengetahui kita ada dimana dan akan pergi kemana.

32. Bersikap sopan baik ucapan maupun perbuatan. Jika berkata-kata dengan orang tua hendaknya dengan menggunakan kata-kata yang lemah lembut, suara kita harus lebih rendah dari suaranya. 

33. Bisa menjadi teladan bagi adiknya. Seorang adik akan meneladani kakaknya karena sosok kakak adalah yang paling dekat dalam anggota keluarga. Oleh karenanya sudah sepantasnya kita berperilaku baik agar bisa menjadi contoh bagi adik-adik kita. 

34. Menyayangi binatang peliharaan. Contoh perbuatan baik di rumah dengan menyayangi binatang peliharaan bisa dilakukan dengan tindakan : Tidak membiarkan binatang yang kita pelihara itu kelaparan dan kehausan dengan memberinya makan dan minum secara rutin. Tidak berperilaku kejam atau jahat kepadanya.

35. Menyayangi tumbuhan. Merawat tanaman dengan baik. Jika kita mempunyai tanaman di rumah, hendaknya kita memberikannya air dengan menyiraminya secara rutin.

36. Menanami pekarangan / lahan yang gundul. Jangan biarkan tanah kosong dan gundul sebab hal itu akan dapat menimbulkan bahaya longsor. Sebisa mungkin tanah yang kosong ditanani agar terpelihara kesuburan dan juga bisa menghasilkan.      

37. Rajin beribadah di rumah. Beribadah bisa menjadi salah satu perbuatan baik yang bisa dilakukan di rumah. Kita bisa beribadah dengan berdoa secara pribadi maupun secara bersama-sama. Hal itu akan menambah kuat iman dan kepercayaan kita. 

38. Tidak pilih kasih kepada anggota keluarga yang lain. Sesama antar anggota keluarga maka sebaiknya kita berlaku adil dan tidak pilih kasih. Karena dengan sikap adil bisa menciptakan kerukunan antar anggota keluarga.

39. Saling mengingatkan apabila memiliki kesalahan. Dalam hidup berkeluarga, tidak jarang kita berbuat salah entah itu kepada orang tua kita, kepada kakak ataupun adik kita. Ada baiknya apabila kita saling mengingatkan bila salah satu diantara kita memiliki kesalahan dan segera minta maaf.

40. Melaksanakan tanggung jawabnya dengan sungguh-sungguh. Ayah bertanggung jawab dalam mencari nafkah, ibu bertanggung jawab mengurus anak dan rumah tangga serta anak bertanggung jawab belajar dan berbakti kepada orang tua. 


Contoh Perbuatan Baik di Lingkungan

Contoh Perbuatan Baik di Lingkungan


41. Tidak membuang air kotor di sembarang tempat. Air yang kotor dapat mencemari lingkungan dan bisa membahayakan setiap orang. Oleh karenanya kita perlu mengelolanya dengan baik yakni membuang di tempat penampungan limbah. 

42. Menjaga kebersihan lingkungan. Yang termasuk contoh perbuatan baik dalam menjaga kebersihan lingkungan diantaranya :  Membuang sampah pada tempat yang telah disediakan, tidak melakukan tindakan vandalisme / mencorat-coret sembarangan.

43. Turut aktif dalam kegiatan gotong royong. Sebagai bagian dalam masyarakat, maka sudah sepantasnya kita ikut berperan aktif dalam kegiatan sosial, salah satunya adalah kegiatan gotong royong. Dengan gotong royong pekerjaan yang berat akan menjadi ringan serta bisa menjalin persatuan antar warga masyarakat.

44. Menggunakan dan merawat fasilitas umum secara bijaksana. Fasilitas umum yang ada di lingkungan masyarakat harus kita rawat dan gunakan secara baik-baik karena itu adalah milik bersama dan semua orang mempunyai hak untuk menggunakannya.

45. Ikut serta dalam menjaga keamanan lingkungan. Salah satu perbuatan baik di lingkungan dalam upaya menjaga keamanan adalah kegiatan ronda malam. Ronda malam adalah kegiatan yang dilakukan pada malam hari yang umumnya dilakukan oleh laki-laki yang bertujuan untuk menjaga keamanan kampung maupun sekitarnya. Kegiatan ini dilakukan oleh warga secara bergiliran, namun bisa juga dilakukan oleh satpam.  

46. Saling membantu disaat tetangga mengalami kesusahan. Orang yang terdekat dalam kehidupan kita selain keluarga adalah tetangga. Dalam kehidupan bertetangga maka sebaiknya kita saling tolong menolong jika ada kesulitan sesuai dengan kemampuan kita masing-masing. Dengan seperti itu maka akan terciptalah hubungan rukun dan harmonis di lingkungan masyarakat. 

47. Membayar iuran tepat waktu. Karena menyangkut kepentingan bersama maka  apa yang sudah menjadi tanggung jawab kita sebaiknya dilakukan sebelum jatuh tempo, seperti membayar iuran listrik, air, uang untuk keamanan dan lain sebagainya.

48. Saling menjaga kerukunan antar umat beragama. Kebhinekaan adalah suatu realita yang ada dalam kehidupan bermasyarakat. Adanya perbedaan agama atau kepercayaan mengharuskan kita untuk saling menghormati dan menghargai satu dengan yang lainnya. 

49. Tidak menyebarkan berita yang belum diketahui kebenarannya. Seringkali berita palsu atau hoax akan merugikan dan sifatnya mengadu domba. Pihak korban akan dirugikan karena nama baiknya tercemar, selain itu bisa menimbulkan kegaduhan dalam masyarakat. Bijaksanalah dalam berkomunikasi dengan melakukan validasi atau crosscek terhadap berita atau informasi yang kita terima sebelum informasi tersebut kita sampaikan kepada orang lain.

50. Ikut melayat apabila ada anggota masyarakat yang meninggal. Dengan melayat maka kita ikut berempati terhadap anggota masyarakat yang saat itu sedang mengalami duka cita serta bisa memberikan dukungan moril agar mereka yang ditinggalkan diberikan kekuatan dan kesabaran.

51. Menggunakan hak suaranya dalam ketua RW. Sila keempat pancasila mewajibkan kita untuk menjalankan musyawarah dalam hidup  bermasyarakat dan bernegara. Musyawarah sendiri merupakan salah satu bagian dari karakter bangsa Indonesia selain gotong royong. Salah satu tindakan yang mencerminkan musyawarah adalah menggunakan hak suara baik itu untuk pemilihan ketua RW, kepala desa ataupun bupati.

52. Menjaga kelestarian lingkungan dengan menanam pohon pada tanah yang gundul. Tindakan sederhana ini apabila dilakukan oleh banyak orang akan berdampak luar biasa. Lingkungan kita akan semakin asri, dapat meminimalisir bahaya tanah longsor ataupun banjir serta bisa menciptakan ekosistem ataupun rumah bagi burung ataupun hewan lainnya.

53. Menghadiri undangan pesta. Adanya undangan yang diberikan kepada kita merupakan wujud penghormatan orang lain terhadap diri kita. Oleh karena itu sepantasnya kita datang apabila tidak berhalangan hadir.

54. Ikut serta mendonasikan harta kita untuk korban bencana alam. Kita harus ikut serta berbela rasa dan saling tolong menolong terhadap saudara-saudara kita yang sedang mengalami kesusahan terlebih kepada saudara kita yang sedang menjadi korban bencana alam.

55. Ikut serta dalam mengikuti perayaan hari besar nasional. Sebagai warga masyarakat yang taat kita harus ikut serta dalam 

  


Contoh Perbuatan Baik di Tempat Kerja

56. Bekerja dengan hati yang senang. Salah satu cara kita mensyukuri pekerjaan kita adalah bekerja dengan senang hati. Mengingat tidak semua orang bisa seberuntung kita memiliki pekerjaan. Bekerja dengan penuh tanggung jawab, berinovasi dan melakukan hal yang terbaik.  

57. Datang tepat waktu. Ada banyak hal yang bisa dilakukan apabila kita datang lebih awal di tempat kerja seperti mempersiapkan apa yang akan dikerjakan hari serta mengevaluasi pekerjaan di hari-hari sebelumnya.  

58. Tidak menggunakan fasilitas kantor untuk kepentingan pribadi. Bentuk korupsi paling sederhana adalah mengunakan fasilitas kantor demi kepentingan peribadi. Kita harus bisa membedakan dan mengaplikasikan sikap anti korupsi dari lingkup yang terkecil.

59. Tidak membawa pekerjaan pribadi ke kantor. Meskipun kita mempunyai banyak waktu luang di sela-sela pekerjaan kantor, sebaiknya kita tidak membawa pekerjaan pribadi ke kantor. Kita harus bisa membagi waktu, kapan kita harus mengerjakan pekerjaan kantor dan kapan kita bisa mengerjakan tugas-tugas kita untuk keperluan pribadi.

60. Ramah dan bersikap sopan kepada siapapun tanpa terkecuali. Ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan apabila kita bersikap ramah diantaranya : Mudah mendapatkan teman, cepat beradaptasi dengan lingkungan, meminimalisir konflik masalah komunikasi dan lain sebagainya. 

61. Dapat menjaga rahasia kantor / perusahaan. Tidak mudah bagi kita untuk bisa menjaga rahasia kantor terlebih terhadap teman dekat, keluarga ataupun relasi kita. Oleh karena itu sangat diperlukan sikap hati-hati terutama dalam berbicara. Kita harus bisa memilah mana informasi yang bisa kita berikan kepada orang lain dan mana informasi yang harus dijaga kerahasiaannya.

62. Menjaga nama baik kantor atau perusahaan tempat kita bekerja. Jika kita bekerja pada sebuah instansi, maka otomatis kita membawa nama instansi atau perusahaan tempat kita bekerja terutama dalam pergaulan di masyarakat. Bersikaplah dengan sopan dengan menjaga tutur kata dan kelakuan kita karena kita tidak ingin nama instansi tempat kita bekerja mendapat citra buruk akibat kelakaun kita.

63. Saling bantu terhadap teman yang mengalami kesusahan. Setiap orang tentu akan mengalami kesulitan dalam pekerjaannya. Jika mendapati rekan kerja yang sedang mengalami kesulitan seyogyanya kita membantu sesuai dengan kemampuan yang kita miliki.

64. Secara aktif mengikuti kegiatan kantor. Salah satu contoh perbuatan baik di kantor yang bisa dilakukan karyawan tentu saja ikut serta dalam kegiatan kantor dan tidak ragu menyumbangkan / pemikiran apabila diminta oleh atasan terhadap pembuatan kebijakan untuk memecahkan suatu permasalahan.

65. Menjaga dan menggunakan fasilitas kantor dengan baik. Dalam hal ini kita diwajibkan untuk menggunakan fasilitas kantor sesuai dengan keperluan dan dengan hati-hati.

67. Memiliki loyalitas atau kesetiaan yang tinggi. Loyalitas ditunjukkan dengan sikap patuh kita terhadap aturan yang berlaku serta terhadap atasan. 

68. Bia diajak kerjasama dengan karyawan lain. Seorang karyawan yang baik harus bisa menunjukkan contoh perbuatan baik yakni harus bisa bekerjasama dalam tim yang terdiri dari beberapa karyawan serta mampu mengikuti arahan atau petunjuk dari atasan.

69. Mengerjakan pekerjaan sesuai deadline / tepat waktu. Sikap tidak menunda-nunda tanggung jawab adalah salah satu perbuatan baik yang harus kita lestarikan. Jangan sampai pekerjaan yang menjadi tanggung jawab kita terbengkalai dan tidak terselesaikan sesuai dengan yang telah dijadwalkan.

70. Tidak melakukan korupsi, kolusi dan nepotisme. Tidak hanya merugikan instansi tempat kita bekerja saja, tindak KKN juga akan menghancurkan karir kita dikemudian hari.

  

Penutup

Itulah beberapa contoh perbuatan baik yang bisa kita lakukan di dalam keluarga, masyarakat, sekolah dan di tempat kita bekerja. Bilamana  kita bisa menjadi teladan untuk berbuat baik, paling tidak kita tidak ikut terjerumus ke dalam perbuatan yang tidak baik dan jahat. Semuanya dimulai dari hal-hal kecil dan selanjutnya menyebar dan membesar, sebagai multiefek dari keteladanan demi keteladanan.  

Posting Komentar untuk "70 Contoh Perbuatan Baik Dalam Kehidupan Sehari-Hari"