Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kain Tenun, Pengertian, Jenis dan Cara Membuatnya

Pengertian dan jenis kain tenun - Negara Indonesia memiliki ribuan pelaku kerajinan kain dan tenun yang tersebar di berbagai pulau, bahkan desa. Karya mereka sangatlah indah. Setiap daerah memiliki jenis motif dan corak tersendiri yang dipengaruhi oleh kondisi alam, kepercayaan serta budaya. Dahulu kain-kain tenun ini menjadi busana tradisional dan dapat dijadikan sebagai alat tukar dalam perdagangan. Saat ini kain-kain tersebut menjadi suatu ciri khas dan kebanggaan suatu daerah.

Kain Tenun, Pengertian, Jenis dan Cara Membuatnya

Beragam jenis kain tenun dengan corak, bahan dasar, warna menyesuaikan dengan budaya dan filosofi hidup suatu suku. Merupakan tugas tersendiri bagi generasi penerus untuk melestarikan dan mengembangkan budaya tersebut. Teknik pembuatan kain tenun di setiap daerah dapat dikembangkan melalui kemajuan teknologi serta pemasarannya dan promosinya pun dapat dilakukan melalui media internet. 

Di artikel ini kami akan membahas mengenai kain tenun berupa pengertian, jenis, prinsip pembuatan serta sejarah singkatnya. Berikut ulasannya : 

Pengertian Kain Tenun

Penenunan merupakan proses utama yang mengubah benang pintal baik alami ataupun buatan menjadi kain untuk kemudian diproses menjadi barang jadi. Sedangkan kain tenun sendiri memiliki pengertian hasil kerajinan manusia di atas bahan kain yang terbuat dari benang, serat kayu, kapas, sutra dan lain-lain dengan cara memasukkan pakan secara melintang pada lungsi, yakni jajaran benang yang terpasang membujur.    

Sejarah Kain Tenun

Kerajinan kain tenun yang kita kenal saat ini sudah ada dari zaman prasejarah, yang dikembangkan oleh masyarakat di belahan dunia. Budaya tenun kuno berasal dari daerah Asia Timur, India, dan Asia Barat, yang kemudian kebudayaan bertenun ini menyebar ke seluruh dunia. Di Indonesia kerajinan tenun telah ada sejak beberapa abad sebelum masehi yang diperkirakan kurang lebih 3.000 tahun yang lalu. 

Pada awalnya nenek moyang kita menggunakan serat kayu, daun-daunan dengan membentuk anyaman yang digunakan sebagai wadah barang. Pengetahuan menenun kemudian berkembang sesuai dengan budaya, kepercayaan, lingkungan serta sistem organisasi yang dianut. Motif tenun yang ada di Indonesia banyak dipengaruhi oleh kebudayaan luar seperti halnya negara India, Arab dan China.

Sekitar tahun 1911 terjadi revolusi pembuatan kain tradisional. Pada masa ini dikenal alat tenun bukan mesin (ATBM). Alat ini terbuat dari kayu, di mana digunakan torak-torak yang dihubungkan dengan tali, sehingga apabila salah satu alat tenun digerakkan, maka alat lainnya akan bergerak. Alat ini hanya dapat membuat kain-kain sederhana seperti kain polos, lurik, ikat, dan lain sebagainya.   

Prinsip Pembuatan Kain Tenun

Jika kita mengamati secara seksama kain tenun, maka akan terlihat bahwa kain tersebut terdiri dari benang-benang yang berjajar dan searah dengan pinggir kain. Benang yang sejajar dengan pinggir kain tersebut dinamakan sebagai benang lusi, sedangkan benang yang melintang disebut sebagai benang pakan. Benang ini menyilang satu dengan yang lainnya. Karena menyilangnya antara benang lusi dan benang pakan tersebut, maka dapat dihasilkan kain tenun. Adapun prinsip penyilangan benang lusi dengan benang pakan atau menenun terdiri dari tiga langkah : 
  1. Pembukaan mulut lusi, yaitu proses menaikkan atau menurunkan sebagian benang lusi.
  2. Pemasukan benang pakan. Yaitu proses memasukkan benang pakan ke dalam mulut lusi.
  3. Pengetekan benang pakan, yaitu proses merapatkan benang pakan 

Jenis Kain Tenun

Jenis kain tradisi Indonesia pada umumnya dibedakan menurut cara membuatnya. Kain tenun sendiri memiliki beberapa jenis yang dapat kita temui di berbagai propinsi di Indonesia. Adapun jenis kain tenun diantaranya :

A. Kain Tenun Ikat
Merupakan kain yang ragam hias atau motifnya diperoleh dengan cara mengikat benang di tempat-tempat tertentu sebelum dicelup atau ditenun. Dengan demikian bagian benang yang tidak terikat tidak terkena zat warna sehingga setelah ikatan dibuka benang tetap pada warna aslinya. Teknik pembuatan tenun ikat dibagi menjadi 3 golongan, diantaranya : Tenun ikat pakan, tenun ikat lusi, kain tenun ikat lusi dan pakan.

B. Kain Songket.
Kain tenun yang kedua adalah songket. Dilakukan dengan menambahkan benang pakan dari perak, emas atau sutera di atas struktur kain dasar yang sudah ada. Songket dengan benang emas yang terkenal berasal dari Palembang, tetapi juga dikerjakan suku Melayu di Aceh, Minangkabau, Ria dan juga pesisir Kalimantan Barat. Songket juga dikerjakan suku Bugis, Makasar, Bali, dan Sasak, di Donggala (Sulawesi Tengah). Beberapa jenis kain songket adalah sebagai berikut :
  • Songket lepus : Adalah songket yang bermotif benang emas menutupi hampir seluruh bagian kain.
  • Songket tawur : Adalah songket yang motifnya tidak menutupi seluruh bagian permukaan kain tetapi berkelompok-kelompok yang letaknya menyebar.
  • Songket tetes mender : Motif ada pada ujung pangkal dan pinggir kain
  • Songket bungopacik : Sebagain besar motif dari emas diganti dengan benang kapas putih sehingga anyaman benang emasnya tidak banyak lagi dan hanya sebagai selingan,
  • Songket kombinasi : Merupakan kombinasi dari beberapa jenis songket di atas.
  • Songket limar : Motifnya tidak berasal dari benang-benang tambahan seperti songket lainnya, melainkan berasal dari benang pakan dan lusi yang dicelup di bagian-bagian tertentu sebelum ditenun.

1. Kain Tenun Pandai Sikek

Pandai Sikek


Masyarakat Pandai Sikek telah lama mengenal kerajinan tenun. Bagi masyarakat Pandai Sikek kerajinan tenunan merupakan warisan leluhur dan sampai sekarang masih dijaga keberadaannya. Masyarakat Pandai Sikek menyebut tenunan dengan istilah sebuah kerajinan tangan yang menggunakan bahan-bahan seperti benang, katun, benang emas, yang ditenun dengan tangan di atas alat yang bernama panta sehingga menjadi kain. Kain tenun ini biasanya digunakan pada saat upacara-upacara adat seperti pernikahan dan memiliki motif tertentu yang penggunaannya disesuaikan dengan acara.

2. Kain Tenun Ikat Troso
Tenun Ikat Torso



Kain tenun ini berasal dari daerah Jepara, Jawa Tengah. Di desa yang bernama desa Troso inilah kerajinan tenun Troso dihasilkan, terutama tenun ikat. Oleh karena itu tenun ini diberi nama tenun Traso, karena tenun ini berasal dari daerah yang bernama Desa Troso. Tenun ikat troso mempunyai corak yang berbeda dengan tenun-tenun lainnya seperti dengan corak tenun Bali, tenun Lombok, tenun Asmat, tenun Toraja, dan lain-lainnya. 

3. Tenun Songket Palembang

Tenun Songket Palembang

Dari Sumatera, Palembang juga memiliki kain khas tradisional yakni songket Palembang. Tenun songket Palembang memiliki beberapa motif tertentu seperti lepus, pulir biru, bungo cino, dan lain-lain. Tenun songket Palembang mempunyai keistimewaan yang membedakan dengan songkat lainnya yaitu tenun ini terbuat dari kombinasi benang sutera dan benang emas yang ditenun dengan cita rasa seni yang tinggi.

4. Tenun Songket Silunglang

Songket Silunglang


Tenun Songket Silungkang biasanya dibuat dengan menggunakan teknik menambah benang pakan sebagai hiasan, caranya dengan menyisipkan benang perak, emas atau benang warna di atas benang lungsi. Tenun ini memiliki berbagai motif diantaranya lepus, jando beraes, tretes midar, pulir biru, kembang suku hijau, bunga cino, bunga pacik, dan lain-lain. Tahap pembuatan tenun ini pada dasarnya dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama yaitu menenun kain dasar dengan bentuk rata atau polos, tahap berikutnya dengan cara menghias tenun dengan menggunakan benang pakan atau sering disebut dengan mlay weaving sistem.

5. Tenun Nusa Tenggara



Pembuatan kain tenun sudah dikenal lama di Nusa Tenggara. Kain tenun Nusa Tenggara memiliki ciri-ciri yang khas yaitu kainnya tebal dan pembuatannya lama sehingga tenun Nusa Tenggara cenderung mahal harganya. Serta tidak dapat digunakan sebagai pakaian sehari-hari melainkan hanya untuk digunakan pada acara- acara tertentu seperti upacara adat, perkawinan, upacara keagamaan, dan lain-lain.

6. Kain Ulos

Kain Ulos


Merupakan kain tenun tradisional khas Batak. Bagi masyarakat Batak kerajinan tenun merupakan warisan secara turun temurun. Ulos memiliki berbagai macam jenis, ukuran, dan tujuan pemakainya. Macam-macam jenis itu antara lain seperti ulos tenun sadum, pinussan, mangiring, bintang maratur, sirara, sitoluntulo, bolean, jeumbat, si bolong, suri-suri, tum-tuman, ragi hotang, ragi pangko, runjat, djobit, simarindjamisi, ragi, dan lain-lain.


7. Tenun Alor
Tenun Alor

Kerajinan tenun sudah dikenal sejak lama khususnya di Alor dan terbagi menjadi lima daerah basis tenun serta masing masing daerah mempunyai ciri khas. Pembagian daerah ini berdasarkan pada warna dan motif tenun. Kelima basis daerah tenunan itu adalah Kui, Batu Lolong, Kolana, Baranusa, dan Alor. Masing- masing daerah mempunyai ciri khas tenunan yang berbeda seperti berikut ini. Daerah Kolana, Kui, dan Batu lolong terkendal dengan tenun songket. Ternate, Pulau Buaya, Baranusa, Koli, Jahi, dan Alor Kecil terkenal dengan tenun ikat, yang masing-masing daerah memiliki warna dan motif tersendiri.

8. Tenun ATBM

Tenun ATBM

Tenun ATBM yang dikenal dengan istilah alat tenun bukan mesin, dimanfaatkan sębagai dekorasi rumah. Tenun ATBM ini mempunyai ciri khas yang menarik, yaitu tenun ini dikombinasikan lukisan dengan rangkaian tali, kancing batok kelapa, tarsel, dan lain sebagainya. 


Penutup

Itulah sedikit pembahasan mengenai kain tenun dan jenisnya yang admin rangkum dari berbagai sumber. Kita sudah sepantasnya bangga dengan hasil karya budaya bangsa kita sendiri dengan melestarikan dan mengembangkannya, agar tidak kehilangan jati diri sebagai bangsa Indonesia.

Posting Komentar untuk "Kain Tenun, Pengertian, Jenis dan Cara Membuatnya"