12 Cara Menjadi Orang Yang Menarik dan Menyenangkan, Patut Anda Coba !!!

Pembaca sekalian, pernahkah anda merasa minder dalam bergaul ? Baik itu bergaul di sekolah, kampus, di lingkungan tempat tinggal atau bahkan di lingkungan pekerjaan anda?. Pernahkah anda tidak percaya diri terhadap penampilan atau kemampuan anda sendiri?. Rasa minder, tidak percaya terhadap diri sendiri akan berdampak pada hubungan antara anda dengan rekan-rekan anda. Anda akan dianggap menjadi pribadi yang introvet, suka menyendiri tidak bisa bergaul padahal anda sendiri sangat menginginkan kehidupan yang sama seperti yang lain. Disisi lain seringkali anda melihat orang lain dengan caranya sendiri bisa menjadi orang yang menarik dan menyenangkan dan dengan mudahnya bisa akrab serta bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru dikenalnya sekalipun.

12 Cara Menjadi Orang Yang Menarik dan Menyenangkan


Akan sangat menyenangkan sekali andai saja anda bisa seperti dirinya, yang mudah diterima oleh orang lain, menjadi pribadi yang menarik sehingga bisa menjalin hubungan dengan penuh keakraban. Mungkin sampai saat ini ada beranggapan bahwasanya untuk bisa tampil menarik haruslah memiliki wajah yang cantik nan rupawan, atau... memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh orang lain. Hal itu tidaklah benar. Pasalnya orang yang dengan latar belakang yang biasa-biasa saja bisa tampil menarik dan menyenangkan. Karena mereka memiliki kepribadian yang istimewa dan itu mungkin tidak dimiliki oleh orang pada umumnya.

Hal itu semakin membukakan wawasan dan pemahaman kita, bahwa cara menjadi orang yang menarik dan menyenangkan tidak selalu tergantung dengan penampilan fisik, meskipun dalam kenyataannya penampilan juga mempengaruhinya, namun pembawaan, sifat dan karakter kitalah yang paling penting dan mempunyai nilai lebih dibandingkan faktor lainnya.  

Penasaran bagaimana cara kita menjadi orang yang menarik dan menyenangkan di mata orang lain, di dalam artikel singkat ini kami akan memberikan tips-tips penting yang bisa anda aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun beberapa tips mungkin tidak sesuai dengan kepribadian anda, kami yakin anda pasti bisa menjalaninya dengan tekun berlatih dan intropeksi diri. Berikut tipsnya :

12 Cara Menjadi Orang Yang Menarik dan Menyenangkan


1. Instopeksi diri sendiri. 
    Intopeksi diri, kata-kata itu sangat mudah diucapkan namun akan terasa sulit apabila kita melakukannya. Tidak semua orang mau dan mampu melakukan hal ini. Terkadang ego diri kitalah yang menyebabkan kita sulit berkaca terhadap diri kita sendiri. Ada kalanya kita harus "legowo", atau pasrah serta menerima realita, menjauhkan segala yang menjadi ego kita sendiri.

    Intropeksi diri sangat diperlukan untuk menjadi orang yang menarik, karena dengan instropeksi diri, kita bisa melihat sebagian dari diri kita dari perspektif atau area mana yang perlu kita perbaiki. Adakah masalah pada cara berpikir kita, cara berpenampilan ataupun cara kita mengendalikan emosi kita. Dengan begitu anda bisa memperbaiki serta menyiapkan diri menjadi pribadi yang lebih baik di waktu yang akan datang.


    2. Jauhi sifat-sifat sombong
    Percaya tidak percaya, orang yang sombong akan dijauhi oleh orang lain. Terkadang secara tidak langsung kita menyombongkan diri dengan perkataan dan perbuatan diri kita. Hal itulah yang sebaiknya dihindari. Selain itu, hindarilah membanding-bandingkan kehidupan anda dengan orang lain, karena hal itu akan menimbulkan sikap iri hati. Jika anda sudah memiliki sifat yang demikian, anda akan terjerumus pada kondisi dimana anda gila akan pujian. Dengan segala cara anda akan melakukan upaya dengan harapan orang lain akan melihat kelebihan pada diri anda, dan anda pun akan menjadi pribadi yang gila hormat atau gila pujian. 

    3. Kenali kelebihan dan kekurangan pada diri anda
    Akan mudah menilai orang lain dibandingkan menilai diri sendiri. Hal itu hampir dialami oleh kebanyakan orang. Cara kita bisa menemukan kelebihan dan kekurangan diri kita seperti yang telah disebutkan pada point yang pertama yakni dengan melakukan instropeksi diri. Bersikaplah jujur terhadap diri sendiri. Tidak perlu malu terhadap kekurangan yang ada dalam diri anda, dan begitu juga sebaliknya, jangan merasa jumawa terhadap apa yang menjadi kelebihan diri anda. 

    Seringkali orang merasa malu terhadap diri sendiri. Rasa malu terhadap diri sendiri, akan lebih menyakitkan dibanding malu terhadap orang lain. Malu terhadap orang lain, kita bisa saja menghindarinya, atau pura-pura tidak terjadi apa-apa apabila anda sendiri sudah tidak punya urat malu.

    Namun apabila anda malu terhadap diri sendiri, maka anda akan berhenti pada suatu titik dan anda pun stagnan berada disana. Andapun akan diliputi oleh perasaan yang tidak nyaman secara berkepanjangan dan membuat anda akan takut untuk melangkah. Cara terbaik untuk mengatasinya yakni membenahi diri, mengambil sisi positif bahwa semua manusia tercipta dengan kekurangan dan kelebihan, serta jangan minder terhadap kelemahan anda. Belajarlah sedikit demi sedikit mengatasi kelemahan diri anda, karena dengan belajar, kita akan melewati proses yang bisa semakin memantabkan diri anda untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

    4. Jadilah orang yang optimis dan berpikir positif
    Anda tidak bisa menjadi orang yang menarik apabila anda selalu menaruh curiga dan berprasangka buruk terhadap orang lain. Sebaliknya, kembangkanlah pola pikir positif, yang mana pola pikir itu menjadikan diri anda untuk optimis dan memiliki daya tarik tersendiri bagi orang lain. Ketika orang lain membutuhkan teman untuk diajak ngobrol tentang masalahnya pasti dia akan bercerita pada orang yang memiliki pola pikir positif bukan orang yang pesimif dan selalu melihat suatu masalah dari sisi yang buruk.


    " Orang yang memiliki cara berpikir positif akan bisa memberikan inspirasi dan semangat terhadap orang lain. Dia juga bisa meyakinkan bahwa semuanya bisa dilakukan dan diatasi dengan cara, waktu dan sumberdaya yang tepat "


    Selain itu, hindarilah prasangka buruk terhadap orang lain. Orang yang sudah menaruh prasangka buruk terhadap orang lain akan dirundungi oleh perasaan curiga dan rasa tidak nyaman ketika dia berinteraksi. Meskipun demikian, orang yang selalu berpikir positifpun tidak lantas dia harus  sepenuhnya percaya terhadap orang lain. Perlu kehati-hatian dalam bergaul, terlebih pada orang yang baru kita kenal.

    5. Milikilah selera humor
    Apakah anda termasuk orang yang suka melucu dan memiliki selera humor? Selera humor sangat diperlukan untuk bisa mencairkan suasana. Orang akan lebih suka bergaul dengan orang yang humoris dan membuat tertawa apabila didekatnya dibandingkan dengan orang yang serius dan kaku dalam berbicara. Terkecuali orang yang memiliki sifat yang sama, mungkin akan bisa dimaklumi apabila mereka nyaman berada di lingkungan yang sesuai dengan kepribadiannya.

    Kita boleh-boleh saja bercanda, bercanda sangat dibutuhkan untuk merefresh pikiran kita yang sudah banyak terforsir serta untuk mencairkan suasana apabila keadaan terlalu tegang. Namun dalam melontarkan suatu candaan anda juga harus mengerti situasi dan kondisi. Kapan anda dituntut untuk serius dan kapan anda  bisa menyisipkan sentuhan humor yang ada pada pikiran anda. Jangan sekali-kali membawa unsur sara dalam candaan anda, karena unsur sara akan sangat sensitif apabila ada orang lain yang salah menafsirkan candaan anda. Pilihlah candaan yang sederhana, namun menghibur. Dengan begitu anda bisa menjadi pribadi yang santai namun juga serius.

    6. Jadilah diri sendiri
    Untuk bisa menjadi orang yang menarik dan disukai banyak orang, kita tidak perlu meniru kepribadian orang lain. Kita tidak perlu pura-pura menjadi orang lain karena hal itu akan sia-sia. Kita justru akan tersiksa dan menyakiti diri kita sendiri serta tidak bisa menjalani kehidupan dengan santai dan sebagaimana mestinya. Lebih baik jadilah diri sendiri dengan menampilkan apa yang ada dalam diri anda. Jadilah sosok yang original yang bisa membedakan anda dengan orang lain. Pribadi yang menarik adalah pribadi yang tampil apa adanya tanpa ada unsur dibuat-buat serta dia tidak akan pernah membohongi dirinya sendiri.

    Namun yang menjadi catatan, tampil menjadi diri sendiri bukan lantas cuek dan mementingkan egoisme semata. Sekalipun menjadi diri sendiri, anda tetap harus mengikuti norma yang berlaku dan berusaha melihat diri sendiri dari perspektif orang lain. Hal-hal mana yang sebaiknya anda perbaiki. Apabila hal itu tidak bertentangan dengan kepribadian diri anda, maka anda bisa membenahinya untuk kebaikan anda sendiri tentunya.

    Pada saat ini, memang banyak sekali orang yang rela mengikuti arus dan tuntutan dunia. Yang mana hal itu terkadang tidak sesuai dengan apa yang Tuhan berikan kepada kita. Orang berlomba-lomba memutihkan wajah agar bisa tampil cantik, karena sebagian besar beranggapan bahwa cantik itu adalah orang yang memiliki wajah dan kulit putih. Percayalah bahwa Tuhan memberikan anda sesuai dengan talentanya masing-masing. Jadilah diri sendiri, jangan hidup dalam kepura-puraan, karena itu hanya bersifat sementara. Kepribadian yang ada pada diri anda, sudah melekat dan akan anda bawa sampai penghujung umur anda. Maka jagalah itu sebagai karunia kasih karunia yang Tuhan berikan.


    7. Jadilah pribadi yang hangat
    Mungkin ada beberapa orang yang bertanya, kepribadian yang hangat itu yang seperti apa sih? Ada beberapa kriteria seseorang dikatakan memiliki kepribadian hangat. Beberapa kriteria itu adalah : Ramah, tidak mementingkan diri sendiri, rela menolong, memiliki perhatian besar terhadap sekelilingnya. Orang yang demikian jauh dari kata cuek. Orang akan merasa nyaman berinteraksi dengannya dan dia akan selalu terbuka apabila orang meminta bantuan kepadanya. Selain itu, sifat yang paling dominan yang ditunjukkan orang ini adalah penyayang. Rasa sayang terhadap teman misalnya bisa ditunjukkan dengan setia kawan, rela mengalah dan tidak menaruh dendam terhadap orang lain.

    8. Memiliki kemampuan komunikasi yang bagus
    Setiap orang dilahirkan dengan memiliki talentanya masing-masing. Ada yang diberi talenta dalam bakat visual-spasial, ada yang diberikan bakat logis-matematis, adapula yang diberikan kelebihan dalam verbal-lingustik. Bakat verbal lingusitiklah yang berhubungan dengan kemampuan  dalam berbahasa

    Apabila seorang memiliki kemampuan bahasa yang baik maka dia setidaknya sudah memiliki salah satu modal untuk menjadi orang yang menarik. Dengan catatan dia tidak hanya pandai dalam berbicara saja, melainkan juga harus jelas dalam komunikasi yang dilakukannya, serta apa yang diucapkannya berdasarkan dengan realita yang ada.

    9. Memiliki kepercayaan diri yang cukup
    Percaya diri merupakan bukti kita mensyukuri apa yang Tuhan berikan dalam hidup kita. Jangan karena ada faktor fisik kita yang kurang, lantas membuat kita minder dan mudah tersinggung. Apakah anda pernah melihat, seseorang yang cacat anggota tubuh menjadi atlet lari terkenal? Atau seorang yang hanya memiliki satu kaki menjadi seorang pendaki gunung. Jika mereka tidak percaya pada diri sendiri, maka hal itu mustahil diwujudkan.

    Untuk menjadi orang yang menarik dan menyenangkan kita memang harus memiliki rasa percaya diri, namun sebaiknya sikap tersebut diikuti dengan sikap rendah hati serta menyesuaikan situasi dan kondisi. Jangan karena percaya diri yang berlebihan, anda malah dibuat malu karena diri anda sendiri. Pada prinsipnya, orang yang memiliki rasa percaya diri akan lebih optimis dalam melakukan segala sesuatu. Hal itu bisa menjadi motivasi terhadap diri sendiri dan bagi orang lain untuk mengejar apa yang dicita-citakannya.

    10. Memiliki rasa kepedulian yang tinggi
    Siapa sih yang tidak suka dengan orang yang peduli terhadap diri kita atau lingkungan di sekitar kita ? Orang yang peduli orang lain, akan bisa lebih diterima dan dihargai dalam pergaulannya. Berbeda dengan orang yang egois, mementingkan diri sendiri. Maka orang itu hanya akan menjadi buah bibir dan akan dijauhi oleh orang lain karena sifat dan perilakunya itu.

    11. Bisa menjadi pribadi yang dipercaya
    Bagaimanakah kita bisa mendapatkan kepercayaan dari orang lain? Salah satu caranya adalah konsisten. Orang lain akan menaruh kepercayaan pada diri anda apabila anda bisa konsisten, bekerja keras dan bisa menjaga rahasia dengan baik. Kepercayaan itu tidak langsung datang begitu saja, bisa saja mulai dari hal-hal yang terkecil dahulu, barulah apabila anda menjaga kepercayaan itu, anda dipercaya dengan hal-hal yang besar.


    12. Menghargai orang lain.
    Jika anda ingin dihargai, maka hargailah dulu orang lain. Jangan menuntut orang lain menghargai anda, disisi lain anda sendiri terkadang menyepelakan orang lain di sekitar anda. Sikap menghargai orang lain bisa dimulai dengan hal-hal kecil misalnya, mendengarkan dan berkontak mata saat orang lain berbicara dengan kita. Memberikan sanjungan dan pujian secara tidak berlebihan ketika mendapati orang lain berprestasi, dan mengucapkan terimakasih saat kita menerima kebaikan dari orang lain. Hal-hal kecil semacam itu seringkali lupakan, karena kita berorientasi pada diri kita sendiri.

    Baca juga :  10 Pola Pikir Orang Sukses Ini akan Merubah Mindsetmu

    Cara menjadi orang yang menarik dan menyenangkan tidak sesulit yang dibayangkan bukan? Semuanya bisa dilakukan asal kita mau belajar, berusaha dan berlatih. Banyak-banyaklah bergaul, jauhkanlah rasa minder, niscaya anda bisa menjadi seorang pribadi yang menarik bagi keluarga dan teman-teman anda. 

    Belum ada Komentar untuk "12 Cara Menjadi Orang Yang Menarik dan Menyenangkan, Patut Anda Coba !!!"

    Posting Komentar

    Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel