Skip to main content

10 Pola Pikir Orang Sukses ini Akan Merubah Mindsetmu

Menjadi orang sukses memang menjadi dambaan banyak orang, meskipun sukses itu sendiri memiliki banyak arti. Ada yang mendifinisikan sukses saat dimana seseorang memperoleh jabatan yang tinggi. Adapula yang mendefinisikan sukses dengan banyak kekayaan yang berhasil dimilikinya. Beda orang, beda arti namun mempunyai satu kesamaan yakni pola pikir.

10 Pola Pikir Orang Sukses

Orang yang sukses seringkali memiliki pola pikir yang berbeda dengan pola pikir kebanyakan orang. Beberapa bahkan dirasa berkebalikan. Namun pada akhirnya, pemikiran orang yang memang berbakat sukses akan menunjukkan kebenaran setelah mereka bisa membuktikan dengan hasil pencapaiannya. Yang mungkin itu tidak pernah kita prediksi sebelumnya.


Oleh karenanya, jangan pernah sekali-kali meremehkan orang yang memiliki pendapat dan jalan pikiran yang berbeda dengan cara berfikir anda. Siapa tau..., di kemudian hari dia akan lebih sukses dibandingkan dengan anda. Dari beberapa buku yang penulis baca, diantaranya buku dari Charlton, Ricahard. Sevent habits Become Rich at a Young Age serta beberapa buku lainnya, ada beberapa pola pikir dan kebiasaan orang sukses yang bisa kita contoh atau kita tiru. Berikut ini 10 Pola pikir orang sukses yang membedakan dengan orang pada umumnya :

10 Pola Pikir Orang Sukses yang Membedakan dengan Orang Biasa / Gagal


1. Memiliki Sikap yang Rendah Hati dan Tidak Membanggakan Diri 

Orang sukses menyadari bahwa kesuksesan yang dia dapatkan bukan semata-mata dari hasil kerja kerasnya saja, melainkan juga karena peran serta orang lain. Oleh karenanya, dia tidak mau membanggakan dirinya serta tetap rendah hati terhadap orang lain. Sebagai contoh adalah pendiri facebook yakni Mark Zuckerberg. Dengan kekayaannya sejumlah lebih dari $42,7 milyar tidak lantas membuatnya menjadi berbangga diri. Sebagai orang petinggi facebook, dia memilih untuk bekerja menjadi satu ruangan dengan karyawan yang lainnya. Selain itu, gaya hidupnya juga terbilang sederhana, dimulai dengan pesta pernikahannya yang tidak mengundang banyak orang, pakaian sederhana yag sering dikenakannya sehari-hari hingga rumah yang tidaklah terlalu mewah untuk ukuran orang dengan kekayaan yang berjumlah fantastis.


2. Orang Sukses Menghargai Karya Orang Lain

Masih berkaitan dengan pendiri facebook, Mark Zuckerberg. Mark menjelma menjadi idola banyak orang karena kesuksesannya dalam menciptakan jejaring sosial facebook serta gaya hidupnya yang sederhana. Namun taukah anda bahwa dia sendiri justru mengidolakan Al-Khawarizmi. Seorang ilmuwan muslim penemu algoritma dan aljabar. Menurutnya, mustahil saat ini kita bisa menggunakan komputer, bisa menggunakan facebook atau media sosial lainnya tanpa jasa-jasa dari Al-Khawarizmi. Dalam hal ini, bos facebook itu tetap menunjukkan sikap yang rendah hati, jujur dan menghargai hasil karya orang lain. 


3. Pandai Memanfaatkan Pasion yang Dimilikinya Untuk Menghasilkan Uang 
Beberapa orang sukses adalah orang yang menekuni hobinya serta menjadikannya sebagai ladang bisnisnya. Sebagai contoh sebut saja Anne Ahira yang sukses dalam dunia internet marketing karena dia sendiri suka menulis dan menjadikan blogger sebagai sumber penghasilannya, selain itu masih ada nama-nama blogger terkenal lainnya diantaranya : Timon Adiyoso, Iwan Banaran atau Eka Lesmana. Dalam dunia kuliner kita mengenal Hendi Setiono seorang pengusaha kebab turki yang sukses berkat memanfaatkan hobinya dan sering berinovasi dalam mengembangkan bisnisnya

4. Mendambakan Kebebasan

Apakah anda pernah mendengar nama Almarhum Bob Sadino? Bob Sadino adalah salah satu pengusaha sukses Indonesia yang terkenal dengan kata - katanya yang memotivasi dan menjadi inspirasi banyak orang terutama dalam dunia wirausaha. Bob Sadino sebelum menjadi pengusaha sukses merupakan seorang karyawan yang bekerja pada sebuah perusahaan Belanda dengan gaji yang cukup tinggi. Gaji yang tinggi serta kemapanan hidup, tidak membuatnya terlena. Beliau sangat mendambakan kebebasan hidup serta tidak terkekang dengan aturan dari atasan karena kelak dia sendirilah yang menjadi atasannya. Pola pikir yang seperti inilah yang patut kita contoh apabila kita ingin kaya atau sukses menjadi wirausaha.

5. Suka Terhadap Ketidakpastian 

Orang sukses cenderung berani mengambil resiko serta menyukai ketidakpastian. Beberapa diantaranya seringkali tidak mau mencari pekerjaan atau malah keluar dari pekerjaan setelah mereka mendapatkan kehidupan yang mapan dengan berbagai kemudahan yang bisa dia dapatkan ketika dia menjadi seorang karyawan. Orang sukses lebih suka menjalani hidupnya dengan ketidak pastian, dengan ide-ide yang ada dalam pikiran mereka. Bagi mereka, ada hal yang jauh lebih berharga daripada sebuah zona nyaman dan kemapanan.   

6. Senang Berinvestasi Untuk Jangka Waktu yang Lama

Beberapa orang seringkali terlena dengan keadaan atau kekayaan yang dimilikinya di masa sekarang,  bahkan ada yang cenderung hidup boros serta banyak menghambur-hamburkan kekayaan mereka demi sekedar gengsi. Namun hal itu tidak berlaku bagi orang yang sukses. Dalam pola pikir mereka, mereka berupaya untuk bisa berinvestasi atau membangun aset untuk masa depan mereka. Aset inilah yang bisa menyelamatkan diri mereka ketika menghadapi masa-masa yang kurang baik. Mereka tidak banyak memikirkan tentang gaya hidup atau melakukan sesuatu demi mengejar gengsi.

7. Tidak Suka Berpikir Untuk Dirinya Sendiri

Apakah anda pernah mendengar nama Bapak Gideon Hartono? Beliau adalah pengusaha sukses pendiri bisnis waralaba apotek K24 yang kini total memiliki 450 gerai yang tersebar di 24 propinsi di seluruh Indonesia. Awal mula dirinya merintis usaha apotek adalah, rasa empatinya terhadap masyarakat yang kesulitan dalam mendapatkan obat terutama ketika waktu malam hari. Dimana pada saat itu, sangat sedikit apotek yang buka sampai dengan malam hari. Adapun buka, harga obat yang harus dibeli akan semakin mahal. Berawal dari itulah beliau mendirikan Apotek yang buka 24 jam serta memiliki kesamaan harga baik itu ketika membeli obat di waktu siang maupun malam hari. Tidak disangka, respon masyarakat sangatlah baik sehingga apotek K24 semakin cepat berkembang. Dalam hal ini Bapak Gideon Hartono memiliki pola pikir lain dibandingkan dengan yang lain, pola pikir yang mementingkan orang lain bukan berorientasi pada dirinya sendiri. Hal itulah yang patut kita tiru apabila kita ingin menjadi orang yang sukses.

8. Tidak Cepat Terbuai dengan Kekayaan 

Bagi orang yang sukses, mereka akan selalu berupaya agar bisnis usahanya bisa semakin berkembang lebih besar lagi. Sehingga mereka tidak mudah cepat puas atau terbuai dengan hasil pencapaian yang telah mereka dapat. Hal inilah yang membedakan antara orang yang memiliki mental menjadi seorang yang sukses dengan yang tidak. Alih-alih digunakan untuk aset atau investasi, beberapa orang yang mendapatkan kekayaan secara instan akan cenderung menggunakan kekayaan mereka untuk sekedar bersenang-senang atau untuk menunjang gengsi mereka agar terlihat sebagai orang yang telah sukses. 

9. Orang Sukses Adalah Orang yang Memiliki Impian Besar

Beberapa orang sukses dan berhasil merubah sejarah peradaban manusia ialah orang yang memiliki impian besar. Sebut saja Wright bersaudara penemu dari pesawat terbang yang pada saat itu memiliki impian untuk bisa terbang. Ataupun seorang Thomas Alva Edison  yang memiliki impian bisa merubah malam layaknya siang hari berkat lampu pijar hasil temuannya. Meskipun harus bersusah payah melakukan percobaan bahkan hingga ratusan kali, pada akhirnya mereka berhasil mewujudkan mimpi besar mereka yang mungkin bagi sebagian orang, hal itu mustahil untuk bisa diwujudkan. 

10. Menikmati Proses Untuk Bisa Sukses

Karena dilakukan dengan hati, orang sukses akan bisa menikmati proses yang dia lalui meskipun kegagalan seringkali dia dapati. Baginya kegagalan bukan sebagai tanda bahwa dia harus berhenti berusaha, melainkan sebagai bahan evaluasi agar usaha yang dilakukannya nanti bisa berhasil. 

Itulah setidaknya 10 pikir serta kebiasaan orang sukses yang bisa kita teladani bersama. Dalam menggapai sebuah kesuksesan ternyata tidak selamanya berfokus kepada tindakan nyata saja, melainkan, kita juga harus mempunyai sebuah kerangkan berpikir yang mana dengan pola pikir itu, kita bisa menjadi pribadi yang lebih bijaksana.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar