Skip to main content

Cara Merubah Ukuran Foto Menjadi 3x4 dengan photoscape

Bila sebelumnya admin telah berbagi mengenai cara merubah ukuran foto secara online. Maka di kesempatan kali ini, saya akan berbagi mengenai cara merubah foto ukuran foto menjadi ukuran 3x4 menggunakan aplikasi photoscape. Foto ukuran 3x4 adalah ukuran foto yang paling banyak digunakan untuk beberapa keperluan. Misalnya untuk keperluan pembuatan ijazah, pembuatan CV untuk melamar pekerjaan, serta untuk pembuatan dokumen di kantor catatan sipil.

Selain foto ukuran 3x4, ukuran yang juga sering digunakan adalah foto dengan ukuran 4x6. Oleh karena itulah apabila kita foto di studio foto, maka seringkali kita dicetakkan foto-foto ukuran tersebut. Namun bagaimana jadinya apabila ukuran foto yang dimaksudkan telah terpakai semua, sedangkan yang tersedia berupa file asli yang kita belum mengetahui berapa ukuran foto tersebut?. Bagaimana cara merubah ukuran foto menjadi 3x4 ?

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk merubah ukuran foto menjadi 3x4. Kita bisa menggunakan word, ataupun menggunakan photosop yang tersedia di komputer atau laptop kita. Namun karena tidak semua komputer memiliki aplikasi photoshop karena termasuk aplikasi yang cukup memakan RAM, maka dikesempatan kali ini saya akan menggunakan aplikasi photoscape. 

 Cara Merubah Ukuran Foto Menjadi 3x4 dengan Photoscape

Photoscape adalah aplikasi edit gambar yang menawarkan beberapa fitur seperti penambahan text, mengatur contras serta beberapa menu dasar lainnya. Keunggulan aplikasi ini adalah sangatlah ringan, sehingga tidak memakan penggunaan RAM yang besar. Untuk menggunakannya, silahkan anda download dulu aplikasinya disini.  


  • Buka aplikasi photosacape > klik editor


  • Masukkan foto yang akan di rubah menggunakan menu pada bagian kanan atas
  • Pilih foto anda, maka akan didapati tampilan seperti ini 
  • Pilih menu crop pada bagian kanan bawah setelah itu pilih crop frelly > pilih ukuran 3x4. 


  • Setelah itu maka kita akan mendapatkan foto ukuran 3x4. Tinggal kita simpan foto tersebut di folder yang kita inginkan. 


Cukup mudah bukan?? Oya, aplikasi photoscape ini juga bisa digunakan untuk keperluan lainnya, seperti mengilangkan warna background suatu gambar. Membuat text dengan aneka font ataupun menjadikan beberapa foto menjadi satu bagian. Semoga cara diatas cukup membantu anda tidak sekedar merubah ukuran foto menjadi 3x4 saja melainkan merubahnya ke ukuran yang lain. 



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar