Skip to main content

Doa Permohonan Katolik dan Ungkapan Rasa Syukur

Sebagai orang yang hidup dalam iman Katolik. Sudah menjadi kebiasaan bagi kita untuk selalu berdoa, bersyukur serta senantiasa memohon berkat karunia kepada Tuhan kita Yesus Kristus. Kita berharap agar Tuhan selalu menyertai diri kita serta memberi pertolongan di dalam setiap kesusahan yang kita alami melalui cara yang sesuai dengan kehendakNya. Ada banyak ujub doa yang bisa kita panjatkan setiap hari, namun penulis sendiri seringkali berdoa khususnya permohonan katolik serta berdoa dengan ujub rasa syukur atas berkat yang telah diberikan Tuhan kita Yesus Kristus.

Doa Permohonan Katolik dan Ungkapan Rasa Syukur

Bila di artikel-artikel sebelumnya, admin telah memberikan beberapa contoh doa keluarga katolik secara singkat. Maka di artikel ini, admin akan memberikan beberapa contoh doa permohonan dan doa yang berisi ungkapan rasa syukur kita. Doa-doa ini boleh kita panjatkan kapan saja dan dimana saja. Dengan adanya doa permohonan dan doa syukur, harapannya adalah, kita senantiasa mengandalkan Tuhan dalam setiap tindakan atau perbuatan kita, sehingga apa yang kita lakukan adalah seturut kehendakNya. Berikut ini beberapa cottoh doa permohonan secara Katolik

Doa Permohonan Katolik

  • Tuhan, saat kami berdoa dan memohon kepadaMu. Kami sering tidak sabar untuk mendapatkan jawaban atas doa-doa yang kami panjatkan. Kami seringkali menjadi marah serta putus asa. Ampunilah diri kami ya Tuhan. Ajarilah kami agar kami tetap bisa bertekun menunggu jawaban-jawaban dariMu. Amin.
  • Tuhan, ampunilah diri kami yang seringkali menutup mata hati kami terhadap saran atau nasehat dari orang lain. Kami seringkali sombong, menganggap diri kami bisa mengatasi segala hal permasalahan dalam hidup ini. Bantulah kami Tuhan agar kami tidak sombong dan mau membuka diri untuk bisa menerima saran dari orang lain. Amin. 
  • Tuhan, terimakasih Engkau telah menebus dosa-dosa kami. Kami sungguh ingin meninggalkan dosa kami dan ingin dengan segenap hati, dengan seganap akal budi kami untuk hidup dalam firmanMu. Perintah dan ajaranmu akan kami lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Amin.
  • Tuhan Yesus Kristus. Kami lahir dalam dosa dan kini hidup dalam dosa. Terkadang  tidak tahu mana perbuatan yg salah sehingga kami masih terjerumus dalam dosa. Tuhan, kiranya Engkau mau mengampuni segala dosa kami dan mau mengubahkan kami menjadi pribadi yg lebih baik lagi setiap hari. Sadarkan kami akan pengorbanan Mu di kayu salib utk menebus dosa-dosa kami supaya kami ingat untuk selalu berada di dalam jalan Mu Tuhan. Amin.
  • Allah Bapa yang maha-baik.Terima kasih atas berkat-Mu setiap hari. Terima kasih atas belas-kasih-Mu.Terima kasih atas anugerah-Mu.Engkau telah memberi kami keluarga,teman,untuk saling berbagi kebahagiaan. Kami mohon Ya Bapa,berkatilah keluarga kami. Teman-teman kami, kerabat dan orang-orang yang peduli kepada kami,dan khususnya untuk mereka yang sedang membaca doa ini..Ya Bapa, Engkau telah memberi kami suka-cita, semoga sukacita ini terus berlanjut untuk mereka juga. Ya Bapa,jikalau ada yang sakit,berilah ia kesembuhan dan kedamaian.jikalau ada keraguan diri,berilah ia kekuatan dan keyakinan baru,jikalau ada kebutuhan,berilah la apa yang diperlukan...Ya Bapa ,berkati juga tempat tinggal kami, keluarga kami, kebutuhan kami, saudara kami, teman-teman, dan juga kepada orang yang kami jumpai. Dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.
  • Tuhan Yesus Kristus, didalam setiap pekerjaan dan usaha kami. Kami seringkali menyombongkan diri dan menganggap bahwa keberhasilan yang kami alami adalah berkat dari usaha kami sendiri. Kami sering melupakan campur tanganmu dalam kehidupan kami. Ampuni kami Tuhan atas perbuatan kami ini dan bantulah kami, dalam setiap pekerjaan, dalam setiap usaha yang akan kami lakukan, agar kiranya kehendakMulah yang bekerja dalam diri kami, sehingga kami dapat mengerjakan apa yang telah Engkau tetapkan dalam hidup kami. Amin.
Doa Ungkapan Syukur Katolik
  • Bapa yang maha kasih. Aku percaya bahwa hari-hariku tidak akan berarti tanpa penyertaanMu, tanpa pertolonganMu, tanpa kasihMu. Aku bersyukur karena memiliki Allah sepertiMu dan tiada lain yang ku puji dan kusembah selama hidup ini. Terimakasih atas kebaikan, kasih, sukacita dan berkat yang boleh aku rasakan sampai dengan detik ini. Doa ini kunaikkan, puji syukur kupanjatkan di dalam nama Yesus Kristus, Tuhan dan penyelamat kami. Amin.   
Itulah beberapa doa permohonan dan ungkapan syukur Katolik yang bisa kita panjatkan baik itu secara pribadi maupun secara bersama-sama. Mari kita jadikan doa sebagai media komunikasi kita dengan Tuhan, agar kiranya kita semakin mengerti, tentang apa yang dikehendaki Tuhan dalam diri kita, dalam kehidupan kita. Salam. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar