Doa Arwah Katolik, Untuk Keluarga, Teman dan Sahabat

Mendoakan bagi mereka yang telah meninggal, mungkin bagi sebagian orang adalah hal yang tidak masuk akal. Namun bagi kita yang mengimani iman Katholik. Hal itu merupakan suatu bagian yang tidak terpisahkan dari tradisi iman gereja yang diwariskan secara turun temurun dan berakar dari perjanjian lama didukung katekismus liturgi gereja Katholik. 

Doa Arwah Katolik

Bila kita membuka perjanjian lama. Maka akan jelas dalam kitab Makabe, dimana beberapa tentara menyiapkan jenasah dari rekan-rekan mereka yang terbunuh untuk dimakamkan. Mereka mendapati teman-teman mereka yang telah meninggal mengenakan jimat-jimat yang diambil dari kuil penyembahan berhala dan melanggar hukum ulangan. Maka berdoalah tentara-tentara itu supaya Tuhan mengampuni segala dosa yang dilakukan oleh rekan-rekannya.

Di dalam perjanjian baru, kita bisa mendapati gagasan Rasul Paulus kepada jemaat di Timotius [ 2 Timotius :19 ] yang isinya doa Rasul Paulus untuk seseorang yang bernama Onesiforus. Rasul Paulus mendoakan kiranya kasih karunia Tuhan menyertai mereka, dan Onesiforus sendiri kiranya memperoleh belas kasihan Tuhan pada hari besar penghakiman.

Berdoa bagi mereka yang telah meninggal juga diajarkan dalam katekismus Gereja Khatolik. Di dalamnya termuat : "Semua orang yang mati dalam rahmat dan persahabatan Allah, tetapi masih dimurnikan secara tidak sempurna, memang dijamin akan keselamatan kekal mereka; tetapi setelah kematian mereka mengalami penyucian, untuk mencapai kekudusan yang diperlukan untuk memasuki sukacita surga [1030].

Bagi anda yang saat ini mencari doa arwah Katolik atau doa bagi orang yang meninggal. Admin akan memberikan beberapa contoh, berikut contohnya : 

Contoh Doa Katolik Bagi yang Telah Meninggal Dunia


Doa arwah katholik 1 [ Doa untuk yang telah meninggal ] panjang

Dalam nama Bapa, Putera dan Roh Kudus. Amin.

Allah Bapa yang maha kuasa. Pencipta langit dan bumi. Dengarkanlah doa-doa kami, terutama untuk keluarga kami, untuk saudara-saudari kami yang saat ini telah mendahului kami dan sangat memohon belas kasih-Mu. 

Kiranya Engkau memberikan cahaya kebahagiaan dan kedamaian. Aku memohon dengan kerendahan hati, supaya Tuhan Allah mengampuni dosa-dosa mereka, supaya mereka beroleh kehidupan kekal dan bisa berhimpun menjadi satu dengan orang-orang kudusmu, seperti halnya yang telah Engkau janjikan kepada Abraham dan semua keturunannya dalam iman. 

Lindungi mereka dari segala bahaya saat hari kebangkitan. Angkatlah segala kesedihan mereka, hapuskan air matanya. Berikanlah mereka kebahagiaan abadi dan penghiburan yang kekal. Semua doa-doa ini kami panjatkan dalam nama Tuhan Yesus Kristus Juru selamat kami. Amin


Doa arwah Katolik 2

Tuhan Allah yang bertahta di kerajaan surga. Melalui doa permohonan ini, kami mempercayakan saudara-saudari kami yang telah berpulang kepada-Mu. Kami sangat mencintai mereka selama mereka masih hidup, dan kini mereka telah berpulang. Ijinkanlah mereka memperoleh kebagahagiaan abadi. Dimana tidak akan ada lagi kesedihan, tidak ada lagi tangisan dan air mata.

Ampunilah segala dosa-dosanya. Ijinkanlah mereka untuk hidup dengan kekal, bersama para kudusMu dan para malaikat suci. Sehingga mereka tetap bisa memuliakan nama-Mu di surga. Dengan bantuan perawan Maria dan orang kudus. Kami berdoa di dalam nama Tuhan Yesus Kristus, juru selamat kami. Amin.


Doa arwah Katolik 3

Allah Bapa, Tuhan kami Yesus Kristus. Kami percaya akan belas kasih-Mu dan kerahiman-Mu
yang tanpa batas. Dengan kerendahan hati, hari ini kami memohon dengan sangat, lepaskanlah arwah mereka yang telah mendahului kami. Saudara, rekan, arwah leluhur kami masing-masing. Dari segala dosa-dosa yang masih mengikatnya. Ijinkanlah mereka untuk memasuki kehidupan kekal, kehidupan yang telah Engkau janjikan kepada Abraham dan keturunannya, dan bagi semua orang yang percaya akan kemurahan hatiMu. Perkenankanlah mereka memandang kemuliaan  cahaya wajah-Mu dan memuliakan nama-Mu di surga. Ini semua kami mohon dalam Kristus  putra-Mu  dan pengantara kami, kini dan sepanjang segala masa. Amin

Baca juga : 

Itulah beberapa contoh doa arwah katolik atau doa bagi orang yang telah meninggal yang bisa anda daraskan baik itu secara pribadi maupun secara bersamaan. Sebagai orang yang hidup dan tumbuh dalam iman Kristen. Marilah kita membantu mereka agar mereka beroleh kasih karunia dan kemurahan hati Tuhan, dan sebagai kewajiban kita yang saat ini masih menjalani peziarahan di dunia ini. 

Belum ada Komentar untuk "Doa Arwah Katolik, Untuk Keluarga, Teman dan Sahabat "

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel