5 Doa Katolik Untuk Orang yang Meninggal Secara Singkat

Mengapa sebagai orang Katolik, setiap kali mengikuti perayaan ekaristi kita pasti mendoakan arwah orang-orang yang telah meninggal / berpulang mendahului kita? Bahkan gereja Katolik pun secara khusus mengadakan misa khusus yakni misa arwah yang biasa diadakan pada tanggal 2 November setiap tahunnya. 

5 Doa Katolik Untuk Orang yang Meninggal Secara Singkat


Ada beberapa alasan mengapa kita perlu berdoa, khusus bagi mereka yang telah tiada. Beberapa alasan tersebut diantaranya :
  1. Kita mendoakan mereka yang masih dalam api penyucian [ purgatorium ] agar mereka dapat suci sepenuhnya. Karena mereka yang masih dalam api penyucian memerlukan proses pemurnian untuk bisa hidup bersama dengan Kristus di dalam kerajaan surga.
  2. Kita mengakui adanya persekutuan orang kudus yang tidak terputuskan oleh maut. Kita sebagai sesama anggota Tubuh Kristus selayaknya saling tolong menolong dalam menanggung beban, dimana yang kuat menolong yang lemah, maka jika kita mengetahui [ kemungkinan ] adanya anggota keluarga kita yang masih dimurnikan di api penyucian, maka kita yang masih hidup dapat mendoakan mereka agar mereka dibebaskan dari segala dosa-dosanya. Dan perlu kita ketahui bersama, bahwa doa-doa yang kita panjatkan untuk orang yang telah meninggal tidak akan sia-sia, karena itu adalah bentuk perhatian dan bantuan kita secara rohani kepada mereka.
Dengan mengetahui alasan-alasan diatas, maka kita seharusnya tidak ragu untuk memanjatkan doa-doa kita agar dosa-dosa mereka yang telah meninggal diampuni, dan Tuhan memberikan belas kasih-Nya hingga mereka yang dapat diterima dalam kerajaan kudus-Nya.

Berikut ini kami memberikan beberapa contoh doa Katolik untuk orang yang telah berpulang mendahului kita, dan masih membutuhkan bantuan kita, agar mereka dimurnikan dalam api penyucian, hingga akhirnya mereka mendapatkan kehidupan abadi bersama Bapa di surga dan bersama para kudus-Nya, berikut doanya :


Doa Katolik Untuk Orang yang Telah Meninggal 1 

Mari kita doakan anggota keluarga, sanak saudara, dan teman-teman kita yang sudah wafat mendahului kita, supaya mereka mendapatkan indulgensi penuh. Dalam nama Bapa, Putera dan Roh Kudus, Amien.

Allah Bapa yang maha rahim, aku percaya akan kasih-Mu yang tanpa batas. Bersama dengan seluruh gereja-Mu, pada hari ini kami mohon dengan sangat lepaskanlah....( nama-nama orang yang meninggal dan ingin didoakan ).
Dari segala hukuman atas dosa-dosa mereka. Perkenankanlah mereka semua memasuki hidup abadi yang terang dan bahagia di Surga mulia, dan perkenankan mereka memandang kemuliaan cahaya wajah-Mu. Ini semua kami mohon di dalam Kristus Putra-Mu dan pengantara kami, kini dan sepanjang segala masa. Amin.  

Aku Percaya..... ( 1x )
Bapa Kami....... ( 1x ) 



Doa Katolik Untuk Orang yang Telah Meninggal 2 

Dalam nama Bapa, Putera dan Roh Kudus Amin. Bapa kami yang maha rahim. Di dalam tangan-Mu ya Tuhan, kami dengan rendah hati mempercayakan keluarga kami, saudara-saudari kami yang telah pergi mendahului kami. 

Selama hidupnya, mereka menjadi saudara kami dalam satu iman dan satu persekutuan kudus-Mu. Kiranya Engkau juga menyatukan mereka dengan para kudusmu dalam kerajaanmu yang kekal, kerajaan yang tidak akan berkesudahan. Berikanlah mereka tempat yang terbaik disisi-Mu, dimana tidak akan ada kesedihan dan air mata melainkan tempat yang penuh kedamaian dan sukacita bersama anak-Mu yang kudus untuk selama-lamanya. Amin


Doa Katolik Untuk Keluarga yang Telah Berpulang

Dalam nama Tuhan Yesus Kristus, aku berdoa untuk keluargaku ( nama anggota keluarga yang telah berpulang ). Aku mempercayakanmu kepada Yesus Kristus. Semoga engkau memperoleh pengampunan atas segala dosa dan kesalahanmu. Semoga engkau beroleh tempat yang terbaik disisi-Nya, yang telah membentukmu dari debu tanah. Semoga Bunda Maria dan para malaikat agung menyambut engkau untuk hidup bersama para kudus. Semoga Kristus yang disalibkan membawamu dalam kedamaian abadi.  Semoga Kristus gembala sejati merangkulmu dalam kawananan-Nya. Amin


Doa Katolik Untuk Orang yang Telah Meninggal Singkat

Tuhan Bapa Yesus Kristus pelindungku, pemeliharaku dan penuntun hidupku. Dengan kuasa-Mu Engkau telah memanggil keluarga, saudara dan rekan rekan kami.... * ( nama-nama orang yang didoakan ).

Dengan kerendahan hati, aku berdoa untuk jiwa-jiwa mereka, terutama bagi mereka yang masih berada dalam api penyucian. Semoga mereka mendapat pengampunan atas segala dosa-dosa mereka, serta beroleh sukacita di dalam kerajaan-Mu. Dimana semua air mata dihapus, menyatu bersama orang-orang kudus untuk kembali memuliakan nama-Mu yang maha tinggi. Doa ini kami mohon dalam nama Kristus, bersama Bunda Maria, Bunda kami. Amin.


Doa Katolik Untuk Orang yang Telah Meninggal Didoakan Bersama

Tuhan Yesus Kristus. Kami bersyukur atas segala penyertaan-Mu dan pengorbanan-Mu di salib untuk menebus dosa-dosa kami, sehingga semua orang bisa diselamatkan dan beralih dari kematian ke kehidupan baru, kehidupan kekal dalam kerajaan surga. Dengarkanlah doa-doa kami, yang saat ini masih menjalani peziarahan di dunia ini. 

Kami mohon, kiranya Engkau mengampuni dosa dan kesalahan orang-orang yang telah berpulang mendahului kami. Keluarga, sahabat, dan semua orang yang percaya akan karya keselamatan. Kiranya Engkau membuka pintu gerbang kerajaan-Mu. Jangan sampai saudara-saudara kami terpisah dari-Mu. Melainkan dengan kekuatan agung-Mu, berikanlah mereka cahaya sukacita dan kedamaian di surga. Hidup bersama-Mu untuk selama-lamanya. Amin.  


Doa ST. Gertrudis Agung Bagi Jiwa-Jiwa di Api Penyucian

Bapa yang kekal. Aku mempersembahkan kepada-Mu, Darah Mahasuci Putra Ilahimu, Yesus Kristus. Dalam persatuan dengan semua misa yang dipersembahkan di seluruh dunia pada hari ini. Bagi segenap jiwa-jiwa Kudus dalam api penyucian. Bagi para pendosa dimana saja. Bagi para pendosa dalam gereja universal, bagi mereka dalam rumahku dan dalam keluargaku. Amin.

Baca juga : 

Dengan demikian, mendoakan mereka yang telah berpulang mendahului kita adalah tanggung jawab kita sebagai orang Katolik, karena kita semua adalah satu tubuh, yakni tubuh Kristus. Dan bagi kita yang ditinggalkan orang yang kita cintai, doa adalah suatu obat rindu bagi kita. Dimana kita yang masih menjalani peziarahan di dunia ini, mempunyai suatu keyakinan untuk bisa kembali bersatu dengan orang-orang yang kita kasihi, di dalam kehidupan kekal. 

Belum ada Komentar untuk "5 Doa Katolik Untuk Orang yang Meninggal Secara Singkat"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel