Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kumpulan Doa Pagi Katolik lengkap, supaya Tuhan mendengar doa kita

Dikesempatan kali ini ijinkan saya memberikan beberapa contoh doa Pagi khususnya bagi yang beragama Katolik. Disaat pagi menjelang, ketika kita hendak beraktifitas. Sebagai orang yang beriman Kristiani, sebaiknya kita selalu mengawalinya dengan berdoa. Dengan berdoa kita bisa mengucap syukur atas hari yang baru, mengucap syukur atas kesehatan yang masih bisa kita terima serta berharap agar Tuhan Yesus selalu menyertai diri kita. 

Doa Pagi Katolik lengkap


Membangun kebiasaan berdoa di pagi hari bagi seorang Katolik tidaklah sulit, asalkan kita mempunyai kemauan yang kuat untuk melakukannya. Mengapa pagi hari adalah waktu yang tepat bagi kita untuk berdoa ? Bukannya berdoa itu bisa dilakukan kapan saja dan apakah kita tidak boleh berdoa pada saat siang atau malam hari ? Jawabnya tentu saja boleh. Kita boleh berdoa kapan saja dan dimana saja. Ada beberapa alasan mengapa pagi hari merupakan waktu yang ideal bagi kita untuk berdoa. Salah satunya adalah keheningan. Jujur saja, bagi penulis, akan lebih mudah berkomunikasi dengan Tuhan saat keadaan hening dibandingkan saat sedang dalam sebuah keramaian. Saat hening, kita bisa merenungkan apa yang menjadi rencana dan keinginan Tuhan dalam diri kita, tentunya melalui permenungan demi permenungan. Selain soal suasana yang mendukung. Pagi hari kita lebih banyak mempunyai waktu karena kita bisa merencanakan bangun lebih awal dibandingkan dengan biasanya. Akan lebih baik lahi apabila kita bisa mengikuti ibadat misa harian yang diadakan di gereja daerah tempat tinggal kita.

Doa Pagi Katolik

Bagi rekan-rekan yang beragama Katolik. Jangan ragu untuk membiasakan diri berdoa di pagi hari. Karena mungkin masih banyak diantara kita yang berdoa hanya jika memiliki sebuah permohonan saja. Doa merupakan nafas kehidupan bagi kita seorang Katolik, serta diajarkan oleh Yesus Kristus sendiri kepada murid-muridnya. Adapun beberapa contoh Doa Pagi Katolik yang berhasil yosefpedia.com rangkum diantaranya adalah :

Doa Pagi Katolik Puji Syukur

Tuhan Allah yang maha kasih. Kami mengucap syukur kepadaMu atas segala kemurahanMu. Terlebih atas pemeliharaanu pada malam tadi. Pagi ini, kami menyerahkan kepadamu, jiwa dan badan ini. Kami mempersembahkan kepadaMu segala perbuatan yang akan kami lakukan pada hari ini. Berkatilah kami ya Tuhan, dan tolonglah kami untuk berbuat baik bagi sesama kami, beroleh kemurahan menjadi perpanjangan tanganmu untuk menolong orang yang kami jumpai hari ini. Jauhkanlah kami dari rasa cemburu, mudah marah, dan iri hati. Berilah kami kesabaran, kebijaksanaan dan sikap mawas diri, agar apa yang kami lakukan hari ini adalah sturut kehendakMu. Amien.


Doa Pagi Katolik Puji Syukur



Doa Pagi Katolik Puji Syukur 2
 
Ya Allah sumber segala kerahiman. Pada awal hari baru ini aku menghaturkan puji dan syukur kepada-Mu atas perlindunganMu sepanjang malam tadi. Aku bersyukur atas hari baru yang membawa kesegaran dan kebangkitan semangat baru bagi hidupku. Berilah aku kemampuan baru untuk menghayati iman dan mengamalkan kasih sepanjang hari ini. 


Bimbinglah aku sepanjang hari ini. Arahkanlah pikiran dan budiku, jangan sampai akal merancang pikiran benci dan dendam, tindakan marah dan cemburu, keinginan jahat dan mementingkan diri sendiri. Jagalah lidah dan bibirku, jangan sampai terucap kata yang menyakitkan hati, kata yang kejam menusuk rasa, kata yang tidak benar, kata yang menghina.

Tuntunlah tingkah laku dan perbuatanku, supaya sepanjang hari ini aku bekerja sebaik-baiknya, tidak pernah jemu menolong sesama , selalu ramah dan tau berterimakasih. Menghayati iman dan mengamalkannya dengan sekuat tenagaku.

Semua ini kami sampaikan kepadaMu, dengan perantaraan Kristus Tuhan kami. Amin  

Doa Pagi Katolik Sebelum Bekerja

Selamat pagi Bapa di Surga. Pagi ini aku telah bangun. Aku mengucap syukur, dan mempersiapakan diri untuk melalui hari ini. Aku berdoa, supaya Tuhan memberikan aku kekuatan agar aku menjadi kuat dan tidak gentar dalam menghadapi segala kesulitan dan cobaan. 
Tuhan Engkau tahu bahwa pergumulanku baru akan aku mulai pagi ini. Kiranya Engkau selalu bersamaku di sepanjang hari ini. Bantulah aku Tuhan ketika aku terjatuh. Ingatkanlah aku akan penderitaan-Mu jika aku patah semangat dan mulai goyah akan pendirianku. Berkatilah orang-orang terkasihku dengan kekuatan yang telah Engkau berikan kepadaku.

Karna hanya Engkaulah Tuhan yang layak menerima semua pujian dan seluruh kehormatan di dunia. Engkau adalah kekuatan dan perlindungan saya. Berilah kami keselamatan dan damai sejahtera ya Tuhan agar kami dimampukan untuk melewati hari ini. Amin


Doa Sebelum Bekerja II

Allah Bapa Kami di Surga. Kami bersyukur kepadaMu, bahwa karena bekerja dan melaksanakan pekerjaan kami, kami dapat mengambil bagian dalam karyaMu menyejahterakan dan membahagiakan umat manusia. Kami memohon bimbinganmu dalam melaksanakan pekerjaan kami hari ini. Arahkanlah hati dan pikiran kami, agar dalam namamu kami dapat memulai, menjalankan dan mengakiri pekerjaan kami dengan sebaik-baiknya. Bimbinglah kami agar kami dapat bekerja dengan samangat kasih, dengan riang, rajin dan jujur. Terlebih kami bekerja tidak hanya mengandalkan kekuatan diri kami masing-masing namun mengandalkanMu. 

Dan jikalau kami menjumpai kesulitan, semoga kami tidak berkecil hati dan patah semangat apalagi sampai putus asa. Semua hasil yang akan kami capai, semua jerih payah yang akan kami jumpai nanti, akan kami satukan dengan pengurbanan Yesus Kristus, yang hidup bersama dikau dalam persatuan roh kudus kini dan sepanjang masa. Amin.   

Doa Sesudah Bekerja 

Allah, Bapa yang maha kasih setia. Kami bersyukur kepadaMu atas bimbingan dan kasih-Mu, yang kami alami selama kami melaksanakan pekerjaan yang baru saja kami selesaikan. Semoga hasil yang kami capai berguna bagi hidup kami dan berkenan kepadaMu. Semoga kami tidak menjadi sombong karena keberhasilan kami. Kami sadar bahwa semua hasil yang telah kami capai berasal dariMu juga. Bapa, kami mohon maaf atas segala kesalahan dan kekurangan yang kami lakukan saat bekerja tadi. Amin.   

Doa Pagi Katolik Untuk Anak-Anak

Ya Bapa yang mahabaik. Terimakasih atas perlindunganMu di sepanjang malam tadi. Terimakasih pula atas Yesus Kristus yang telah Engkau utus menjadi sahabat bagi kami. Dia selalu menemaniku. Terimakasih pula atas roh kudus yang telah Engkau utus membimbingku. Semoga hari ini aku setia mendengarkannya di dalam hati dan pikiranku. Bapa di surga. Berkatilah orang tuaku, pengasuhku, saudara-saudaraku dan sahabat-sahabatku. Bantulah mereka yang sedang bersusah hati. Sakit dan sedang menderita. Semoga mereka bisa merasakan penghiburan dari-Mu. Aku memohon bimbinganmu ya Bapa. Supaya hari ini aku selalu berlaku sopan dan melaksanakan tugas-tugasku dengan baik. Rajin membantu di rumah dan ramah terhadap teman-teman. Ya Bapa, utusalah Santo-Santa pelindungku, supaya mendampingi aku sepanjang hari ini. Ini semua aku mohon dengan pengantaraan Yesus dan Tuhanku. Amien.

Doa Pagi Katolik Singkat

Ya Allah sumber kerahiman. Pada awal hari baru, di pagi ini aku menhaturkan Puji dan Syukur kepadaMu atas perlindunganMu sepanjang malam tadi. Aku bersyukur atas hari baru yang memberikan kesegaran dan membangkitkan semangat baru bagi hidupku. Berilah aku kemampuan baru untuk menghayati iman dan mengamalkan kasih sepanjang hari ini. Bimbinglah aku sepanjang hari ini, arahkanlah pikiran dan juga budiku. Jangan sampai ada padaku rancangan pikiran benci dan dendam, tindakan marah serta cemburu, keinginnan jahat dan mementingkan diri sendiri.Jagalah lidah dan bibirku ya Tuhan, jangan sampai terulang kata-kata yang menyakitkan hati, kata yang kejam dan menusuk rasa, kata yang tidak benar serta kata yang menghina. Tuntunlah langkahku dan perbuatanku, supaya sepanjang hari ini aku bekerja sebaik-baiknya, tidak pernah jemu menolong sesama, selalu ramah dan tahu terimakasih, menghayati iman dan mengamalkannya dengan sekuat tenagaku. Doa ini kami sampaikan kepadaMu dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami. Amien


Doa Pagi Katolik


Doa Pagi Katolik Lengkap

Allah yang Maha Kasih, Tuhan kami Yesus Kristus. Kami bersyukur kepadaMu atas hari baru dan nafas kehidupan baru yang masih bisa kami nikmati sampai dengan pagi ini. Kami bersyukur kepadaMu atas penyertaanmu sepanjang malam, hingga kami beroleh waktu yang cukup untuk beristirahat. Di pagi ini Tuhan, kami putra-putrimu menghadapMu, selain hendak bersyukur. Dengan kerendahan hati kami memohon perlindunganMu dan penyertaanMu. Agar dalam kami menjalani hari dapat menjalaninya dengan lancar. Bimbinglah kami agar kami dapat menjalani hari ini dengan penuh sukacita dan penuh dengan tanggung jawab. Curahkanlah roh kudusMu dalam diri kami, agar dalam melakukan segala seuatu sesuitu, kami melakukannya sesuai dengan kehendakMu. Jagalah hati, pikiran dan lisan kami ya Tuhan, supaya agar apa yang keluar dari dalam diri kami, adalah hal-hal yang baik dan bukan hal buruk yang justru akan mencelakakan hidup kami. Jauhkanlah kami dari sikap dengki, cemburu serta iri hati. Dan yang terakhir, pakailah diri kami ya Tuhan dalam mewartakan kerajaanMu di bumi, di dalam masyarakat di sekitar kami. Semua untuk kemuliaan Allah yang maha tinggi. Doa-doa ini kami panjatkan dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami. Amien.

Doa Pagi Katolik Mohon Kekuatan

Ya Allah Bapa kami Yesus Kristus. Engkau telah dengan setia mendampingi puteraMu yang tunggal. Tanpa takut dan goyah ia berpegang pada kehendakMu, meskipun harus menanggung pengorbanan yang sangat berat. Tatkala digoda iblis, dia tidak goyah. Demikian pula ketika dia harus menanggung sengsara sampai mati. Bunda Maria pun Engkau berikan kepada kami sebagai panutan yang berkehendak kuat. Berilah kami kehendak yang kuat, agar pada saat kami menemukan kesulitan, kami tidak goyah dan tidak berbelok arah serta tidak menyeleweng. Semoga kami tidak berkecil hati menghadapi aneka kesulitan dan tantangan

Allah gunung kami, berikanlah kami kehendak yang kuat, laksana batu karang yang tetap tegar meskipun diterpa gelombang. Semoga kami tetap teguh  bila kami digoda untuk ingkar dari jalanMu, terlebih apabila kami dibujuk untuk mengkhianati kasihMu.

Ya Allah kekuatan kami, buatlah kami kuat seperti Yesus yang suka mati daripada menyimpang dari kehendakMu. Dialah Tuhan, pengantara kami, kini dan sepanjang segala masa. Amin     


Doa Pagi Katolik Mohon Penyertaan

Selamat pagi Tuhan, terimakasih Engkau telah memberikan penyertaan dan kesempatan dalam hidupku. Apapun pekerjaan yang telah menunggu kami, akan kami kerjakan dengan semangat dan akan kami jalani dengan iman. Karena setiap langkah, dan setiap apa yang kami kerjakan semua berada di bawah penyertaanMu Tuhan, dan penyertaanMu cukup bagi kami. Curahkanlah berkatMu yang menjadi bagian dari diri kami serta cukupilah kebutuhan kami, karena Engkaulah Tuhan yang memberi kami kelimpahan. Inilah doa kami, dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.


   

Baca juga : 


Itulah setidaknya 4 Contoh Doa Pagi Katolik Ucapan Puji Syukur bagi kamu yang ingin mengawali pagi hari. Awal memulai kebiasaan untuk berdoa di pagi hari mungkin agak sulit. Namun pasti ada cara untuk bangun lebih pagi dan memulai hari dengan berdoa. Salah satunya adalah dengan menyalakan alarm di handphone kita. Semoga dengan artikel ini, rekan-rekan bertambah semangat untuk berdoa serta semangat menjalani hari dengan penuh rasa syukur. Tuhan Yesus memberkati. 

Posting Komentar untuk "Kumpulan Doa Pagi Katolik lengkap, supaya Tuhan mendengar doa kita"