Bahasa Jawanya Selamat Pagi Disertai Ucapannya

Bahasa Jawa Selamat Pagi - Pernahkah pembaca bingung ketika ingin mengucapkan selamat pagi dalam Bahasa Jawa?.  Bagi anda yang bukan orang Jawa mungkin anda akan merasa kesulitan berbahasa Jawa. Kendati demikian, anda seringkali tanpa sengaja mendengar orang lain di sekitar anda menggunakan bahasa Jawa dalam percakapannya. Memang Bahasa Jawa merupakan salah satu bahasa yang paling banyak digunakan di Indonesia selain Bahasa Indonesia, hal itu dikarenakan mayoritas penduduk di Indonesia adalah suku Jawa.

Bahasa Jawanya Selamat Pagi Disertai Ucapannya

Bahasa Jawanya selamat pagi yakni sugeng enjing atau wilujeng enjing. Kata selamat apabila dirubah menjadi bahasa jawa menjadi sugeng / wilujeng. Sedangkan kata pagi apabila dirubah menjadi bahasa Jawa menjadi enjing. Hal ini juga berlaku apabila pembaca ingin mengucapkan selamat siang, petang ataupun malam.
  • Selamat siang = Sugeng siang
  • Selamat malam = Sugeng dalu
  • Selamat sore = Sugeng sonten
  • Selamat datang = Sugeng rawuh
  • Selamat menyaksikan = Sugeng mirsani

Nah apabila pembaca sudah bisa membahasakan kata-kata selamat pagi, selamat siang, sore dan malam dalam bahasa Jawa, sekarang kita akan membuatnya menjadi sebuah kalimat dalam bahasa Jawa tentunya disertai dengan artinya. Berikut contohnya : 

Kata & Ucapan Selamat Pagi Bahasa Jawa :

  1. Sugeng enjing para kadang sugeng nindakakaken pakaryan, mugi barokah. = Selamat pagi saudara-sadaraku, selamat bekerja, semoga menjadi berkah.
  2. Sugeng enjing para kadang, sugeng ngayah- ngayahi tugas. = Selamat pagi saudaraku, selamat menjalankan tugas
  3. Sugeng enjing para kadang sedaya, sugeng makarya. Mugi Gusti tansah njangkung lampah kita sadaya. = Selamat pagi saudara semua, selamat bekerja. Semoga Tuhan selalu melindungi di setiap langkah kita semua.
  4. Sugeng enjing kadang. Sampun ngantos kesupen, memuji syukur dumateng Gusti ingkang paring karahayon dumateng kita sadaya. = Selamat pagi saudaraku. Jangan lupa untuk bersyukur kepada Tuhan, yang telah memberikan kelimpahan kepada kita semua. 
  5. Sugeng enjing sedulur... Mugi dinten menika lancar anggenipun pados rejeki... = Selamat pagi saudaraku, semoga hari ini kita diberi kelancaran dalam mencari rejeki.
Baca juga : 

Itulah tadi sedikit penjelasan mengenai kata dan ucapan selamat pagi dalam bahasa Jawa. Semoga bisa sedikit menambah pengetahuan bagi pembaca sekalian.  

Belum ada Komentar untuk "Bahasa Jawanya Selamat Pagi Disertai Ucapannya"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel