Kata Ucapan Belasungkawa Bahasa Jawa [ Krama Alus dan Sopan ]

Ikut berbela sungkawa atau apabila dirubah menjadi bahasa Jawa menjadi " nderek belosungkowo " adalah kata ucapan yang umum disampaikan kepada keluarga, atau kerabat yang sedang mengalami duka cita akibat kehilangan seseorang ataupun mengalami suatu musibah.

Kata Ucapan Belasungkawa Bahasa Jawa


Kata-kata tersebut memang terdengar sederhana namun sejatinya memiliki makna yang mendalam. Dengan mengucapkannya " ikut berbelarasa, ikut berduka cita atau nderek belosungkowo, maka kita memiliki rasa empati kepada teman ataupun sanak saudara yang saat itu sedang dirundung kesedihan.

Tidak ada hal lain yang dibutuhkan kecuali dukungan agar diberikan kesabaran dan ketabahan bagi seseorang yang saat itu mengalami kehilangan. Kahadiran ataupun ucapan penghiburan dari kitalah yang setidaknya bisa memberikan kekuatan bagi mereka yang mengalami kesedihan.

Oleh karena itu, jangan ragu untuk memberikan ucapan belarasa atau dalam bahasa Jawa nderek belosungkowo meskipun hanya sebatas melalui ponsel yakni dengan pesan singkat. Syukur-syukur anda bisa hadir untuk memberikan support, itu akan jauh lebih baik.

Baca juga : 101 Kata ucapan ulang tahun bahasa Jawa [ Kromo Alus dan Ngoko ]

Khusus untuk memberikan empati kepada yang saat ini sedang berdukacita, berikut ini admin memberikan contoh ucapan belasungkawa bahasa Jawa halus atau orang menyebutnya sebagai kromo inggil. 


Ucapan Belasungkawa Bahasa Jawa Halus [ Krama Inggil ]


Nderek belasungkawa, mugi panjenenganipun kaparing sihing Gusti Ingkang Maha Kawasa ing kalanggengan



Nderek belasungkawa mugi pinaringan husnul khatimah lan keluwarganipun diparingi kesabaran lan keikhlasan.....Aamin



Nderek belasungkawa... mugi-mugi pinaringan jembar lan padhang kubure lan dingapura sedaya kalepatan



Ndherek Bela Sungkawa, mugi kabyagyan ing kasuwargan langgeng kang tinampi



Tumun belasungkawa.....sampun langkung sekeca wonten panggenanipun sak menika... amin.



Ndherek belasungkawa,mugi katampi amal kesaenanipun dening Gusti Ingkang Maha Suci.



Kata Ucapan Belasungkawa Bahasa Jawa




Ndherek bela sungkawa. Mugi sukmanipun swargi katampi ing kamulyan ndalem, sesarengan para Suci ing swarga. Dene brayat tinilar pinaringan dhadhag, ikhlas lan kiyat. Berkah Dalem



Gusti langkung nresnani ( bapak / ibu ingkang tilar donya ) Ndherek belasungkawa mugi panjenengan sabrayat tansah pinaringan panglipur dening Gusti. Gusti mberkahi.




Ngaturaken sugeng tindak dhumateng bapak / ibu.... Mugi-mugi katampi amal kesaenanipun dingapunten sedaya kalepatanipun, kapapakaken ing papan panggenan ingkang langkung sekeca. 



Ucapan Belasungkawa Bahasa Jawa Secara Singkat




Nderek belasungkawa. Mugi-mugi pikantuk papan palenggahan ingkang langkung sekeca...papan ingkang kinayoman sih rahmating Gusti kang maha welas...amin



Ndherek belasungkawa .. Mugi sowanipun kadang sepuh panjenengan tinampi dening Gusti ing papan kasuwargan jati.



Nderek bela sungkawa. Mugi almarhum pikantuk husnul khotimah wiyar kuburipun,,ingkang dipun tilar mugiya sugih iklas lan sabar nampi garising pesthi,,allahumma firlahu warkhamhu wangafihi wa'funganhu,,,,.



Mugi khusnul khotimah...Di ngapunten sedoyo lepatipun..lan di pun tampi sdoyo amal sae nipun kanjeng romo..Aamiin Allahumma aamiin


Kata Ucapan Belasungkawa Bahasa Jawa



Dalem ndherek belo sungkowo. Mugi-mugi bapak / ibu angsal panggenan sing mulya ing ngarsane Gusti Allah SWT lan diampuni sedoyo kelepatanipun


Baca juga : 30 Kata Bijak Bahasa Jawa tentang Ilmu disertai Artinya


Itulah beberapa contoh kata ucapan belasungkawa bahasa Jawa baik itu Jawa halus dan bahasa ngoko. Panjenengan bisa merubah atau mengedit kata-kata diatas sesuai dengan kebutuhan masing-masing.  Maturnuwun Berkah Dalem Gusti.

Belum ada Komentar untuk "Kata Ucapan Belasungkawa Bahasa Jawa [ Krama Alus dan Sopan ] "

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel