Skip to main content

Contoh Doa Syafaat Untuk Bangsa dan Negara Secara Singkat

Salam sejahtera sahabat-sahabatku Kristen yang selalu dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus. Berhubung hari ini adalah tanggal 1 Juni yang bertepatan dengan hari kesaktian pancasila. Maka kali ini saya akan membagikan postingan yang masih berkaitan dengan rasa cinta tanah air kita, yakni artikel tentang Contoh Doa Syafaat Kristen untuk Bangsa dan Negara.  

Contoh Doa Syafaat Untuk Bangsa dan Negara Secara

Mungkin masih ada diantara kita yang canggung ataupun gugup ketika diminta untuk berdoa syafaat khususnya bagi bangsa dan negara. Hal itu wajar-wajar saja, karena selama ini, kita seringkali berdoa untuk diri kita sendiri, untuk keluarga kita, serta berdoa untuk kemajuan gereja. Seringkali kita lupa untuk mendoakan bangsa dan tanah air ini, meskipun setiap hari kita tinggal dan bernaung di dalamnya.

Mulai sekarang sudah sepantasnya kita berdoa untuk keutuhan bangsa dan negara kita Indonesia. Terlebih akhir-akhir ini  suasana kehidupan bernegara sedikit terusik karena adanya beberapa masalah politik yang bisa saja mengancam keutuhan atau integritas bangsa Indonesia.

Contoh Doa syafaat bagi bangsa dan negara yang saya bagikan, mungkin jauh dari dari kesempurnaan. Karena saya juga baru dalam tahap belajar berdoa. Kendati demikian, saya telah mencoba memasukkan beberapa point-point penting, diantaranya adalah ucapan syukur, harapan dan penyerahan diri kita sepenuhnya kepada kehendak Tuhan.  Berikut ini, contoh doa syafaat agama kristen untuk bangsa dan negara


Comtoh Doa Syafaat Untuk Bangsa dan Negara

Allah Bapa kami, Engkau telah menciptakan alam semesta sebagai kediaman umat manusia. Tatkala umat pilihan-Mu hidup terlunta-lunta di pengasingan, Engkau membebaskan mereka dan menghantarkan mereka ke tanah terjanji. Tanah air yang subur dan melimpah. Begitu pula Engkau telah memberikan tanah air, bangsa dan negara yang indah kepada kami.  

Allah Bapa, kami bersyukur kepada-Mu, atas bangsa dan negara ini. Atas tanah air yang luas, tanah air yang beraneka ragam isinya. Lautan dengan ribuan pulau yang membentang dari Sabang sampai Merauke. Ratusan gunung yang menambah kesuburan tanah kami, hutan belantara yang menjadi tempat tinggal aneka satwa dan tumbuhan. Serta tidak lupa aneka kekayaan alam yang bisa menjadikan kami hidup berkecukupan.

Kami juga bersyukur atas ratusan suku dan aneka kebudayaan daerah yang menambah kekayaan budaya bangsa kami. Warisan leluhur kami yang membuat kami bangga menjadi bagian bangsa Indonesia. Bangsa yang mau menerima kemajemukan dan menjadikannya pondasi dalam hidup bernegara. Kau telah menghimpun semuanya menjadi satu jiwa dan satu bangsa dalam wadah negara Republik Indonesia.

Kami bersyukur atas pembangunan di tanah air kami, atas segala sarana dan prasarana yang tersedia. Melalui doa syafaat ini, kami memohon berkat-Mu, khususnya untuk kemajuan bangsa dan negara ini. Kami juga mohon, supaya semua yang mendiami bangsa dan negara ini, memiliki kesadaran untuk tetap memelihara dan memajukannya. Bebaskanlah bangsa kami dari bencana alam, kelaparan, perang, adanya wabah atau penyakit.

Dalam kehidupan bermasyarakat dan beragama, kami mohon, curahkanlah rahmad persaudaraan kepada semua orang agar mereka tekun dalam mengusahakan kedamaian, kerukunan dan ketenteraman. Bebaskanlah kami dari hal-hal yang bisa saja melemahkan semangat persaudaraan. Bantulah para pemuka agama agar mereka tekun dalam mengajak umatnya untuk saling menghargai, menghormati dan mengasihi penganut agama lain dan mau menerima keberagaman sebagai suatu realita kehidupan.

Tidak lupa kami mendoakan para pemimpin bangsa ini dan. Semoga mereka bisa menjalankan tugas mereka dengan baik. Berilah mereka kebijaksanaan dan bantulah mereka, agar setiap keputusan dan kebijakan yang mereka ambil, adalah kebijakan yang paling tepat, sehingga bisa memajukan kepentingan bersama.

Semoga kami semua tekun dalam menjaga dan memajukan bangsa dan negara ini. Demi kemakmuran dan kesejahteraan bersama. Jauhkanlah kami dari sifat-sifat yang mementingkan diri kami sendiri, keluarga ataupun golongan kami. Bantulah kami dalam mewujudkan bangsa dan negara yang aman, adil, makmur dan bisa menciptakan suasana damai sejahtera. Sehingga tanah air, bangsa dan negara yang kami diami, bisa mengingatkan kami akan tanah surgawi, tempat dimana kami bisa berbahagia secara abadi bersama Dikau. Didalam nama Yesus sebagi Juru Selamat kami yang Hidup, kami telah berdoa dan mengucap Syukur, Haleluya Amin.

Baca juga : 


Itulah contoh doa syafaat Kristen bagi bangsa dan negara. Saya pribadi selaku penulis menyadari masih ada berbagai kata dan ucapan yang mungkin kurang tepat. Jangan ragu untuk berdoa syafaat dengan gaya dan bahasa kita sendiri. Karena doa adalah ungkapan iman kita dan bukan sekedar kata-kata belaka. Selain itu, Tuhan sudah mengetahui apa yang kita minta sebelum kita memintanya. Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar