Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Doa Syafaat Kristen Ibadah di Gereja

yosefpedia.com ~ Doa Syafaat Kristen yang Baik. Pilihan hidup menjadi orang Kristen adalah ketika menjadikan doa sebagai bagian dalam hidup kita. Berdoa tidak hanya dilakukan ketika ibadah di gereja saja melainkan juga dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Melalui doa kita bisa mengucap syukur serta bisa mengerti dan memahami apa yang Tuhan kehendaki dalam hidup kita. Melalui doa pula kita bisa menyerahkan diri sepenuhnya kepada Tuhan serta memahami rancangan dan hari esok yang penuh dengan pengharapan. Salah satu doa penting dalam agama Kristen adalah doa syafaat.  

Contoh Doa Syafaat Kristen Ibadah di Gereja

Tuhan Yesus sendiri pernah mengajarkan kepada kita tentang hal berdoa. Pada saat kita berdoa, janganlah kita bertele-tele, karena Bapa di sorga sudah mengerti dan memahami segala permohonan kita meskipun kita belum memintanya. Ketika berdoa, kita juga sebaiknya masuk ke dalam kamar, menutup pintu dan berdoa kepada Allah dengan kerendahan hati. Janganlah berdoa seperti orang munafik, yang berdoa di tempat-tempat umum agar terlihat orang. Karena dengan demikian mereka sudah mendapatkan upahnya masing-masing.

Lantas siapa saja yang perlu kita doakan syafaat Kristen? Contoh sederhana, doa syafaat bisa ditujukan bagi keutuhan gereja, bagi keluarga atau orang tua kita masing-masing ataupun bagi bangsa dan negara. Ketika malam hari, kita bisa mengambil waktu khusus untuk berkumpul dan berdoa kepada Tuhan, memohon berkat dan penyertaan kepada masing-masing anggota keluarga. Tidak lupa kita memohon berkat agar keluarga kita bisa menjadi garam dan terang dunia di tengah kehidupan bermasyarakat.

Kita juga sebaiknya berdoa syafaat bagi bangsa dan negara. Terutama ketika kita beribadat di gereja. Bagaimanapun juga, gereja merupakan bagian dari masyarakat yang majemuk. Oleh karena itu penting bagi kita berdoa, agar kehidupan berbangsa dan bernegara bisa harmonis meskipun dengan berbagai macam perbedaan.

Bagaimana cara berdoa syafaat ???

Dalam kita berdoa, sebaiknya kita mempersiapkan hati, merendahkan diri sebagai orang berdosa serta mengucap syukur terlebih dahulu. Yang perlu kita ingat ketika kita berdoa adalah, bahwasanya kita berdoa bukan untuk diri kita sendiri melainkan untuk seluruh kegiatan di gereja, serta seluruh aktifitas kehidupan kita sehari-hari yang tidak lepas dari kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Setelah kita mengucap syukur barulah kita berdoa, mendaraskan permohonan-permohonan kita. 

Nah bagi anda yang kebetulan ditunjuk untuk memimpin doa syafaat di gereja serta masih bingung karena belum mempersiapkannya, kali ini saya akan memberikan contoh doa syafaat Kristen yang bisa anda gunakan dan anda jadikan referensi. Meskipun doa yang saya lampirkan jauh dari sempurna karena saya juga masih dalam tahap belajar, saya yakin contoh doa ini berguna bagi anda. Berikut contoh doa syafaat Kristen 


Contoh Doa Syafaat Kristen di Gereja

Bapa kami yang bertahta di kerajaan surga. Di kesempatan kali ini, ijinkanlah kami mengucap syukur kepada-Mu. Atas hari baru, hari yang indah dan penuh harapan. Atas nafas kehidupan yang masih bisa kami nikmati sampai dengan detik ini. Kami juga bersyukur, kami beroleh kesempatan untuk berkumpul di gereja ini, berkumpul bersama saudara-saudara seiman, hendak mendengarkan firmanmu serta memuliakan nama-Mu.

Berkatilah acara di hari ini, agar semuanya berjalan dengan lancar tanpa kekurangan suatu apapun. Berkatilah seluruh umatmu yang hadir dan mengambil bagian dalam acara hari ini. Mereka adalah Guru Sekolah Minggu, Operator Infocus, Penerima Tamu, Hamba Tuhan, Pemain Musik, Worship Lieder, Singger. Mampukanlah diri mereka, dan tumbuhkanlah dalam hati mereka semangat untuk melayani dengan sepenuh hati, meskipun masih ada beberapa kekurangan, namun kami percaya, Engkau akan membantu mereka dalam tugas pelayanannya.

Tidak lupa kami juga berdoa bagi umat-Mu yang belum bisa hadir di tempat ini karena suatu alasan. Kami percaya Tuhan, Engkau selalu menyertai diri mereka dalam segala aktifitas yang mereka lakukan. Kiranya Engkau mengijinkan mereka untuk hadir berkumpul bersama kami tentunya di lain kesempatan yang berbeda.

Melalui doa syafaat ini, kami umat Kristen berkumpul, memuji dan memuliakan nama-Mu, agar nama-Mu selalu ditinggikan, baik itu di bumi maupun di sorga. Dengan kerendahan hati kami mohon, semoga orang Kristen bersatu padu dan giat mengusahakan kesatuan. Semoga seluruh pemimpin umat-Mu semakin menyadari pentingnya rasa persatuan. Musnahkanlah sandungan karena adanya perpecahan diantara kami. Semoga persatuan umat Kristen bisa menjadi sumber perdamaian serta bisa menyebarkan kasih yang diteladankan Yesus Kristus bagi seluruh umat manusia.

Bapa di sorga, Engkau telah bersabda kepada para rasul-Mu. Damai Kutinggalkan bagimu, damai-Ku Kuberikan kepadamu. Janganlah Kau pandang dosa-dosa kami, melainkan kepercayaan umat-Mu. Dan berikanlah kami damai serta persatuan sesuai dengan kehendak-Mu. Semoga umatmu dipererat oleh persatuan iman dan ikatan kasih. Buatlah kami menjadi satu kawanan dengan Yesus sendiri sebagai satu-satunya gembala kami.    

Tidak lupa kami juga berdoa bagi bangsa, negara dan masyarakat. Engkau telah mengisi bumi ini dengan segala ciptaan. Dengan kebhinekaan yang mewarnai kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Kami sangat mensyukuri keberagaman ini. Kendati semua ini, kami bisa tinggal bersama sebagai satu saudara yang bisa saling mengerti, menghargai, serta saling membantu satu dengan yang lainnya. Semoga melalui penyertaan-Mu, kami bisa saling memupuk semangat persaudaraan kami. Jauhkanlah masyarakat kami dari adanya konflik yang bisa memicu perpecahan dalam kehidupan kamu berbangsa dan bernegara.

Kami mohon, semoga seluruh warga masyarakat berusaha membangun masyarakat yang adil dan makmur. Berilah kami rahmat kebijaksanaan agar kami mampu mengabdikan diri kami demi kebenaran dan keadilan di tengah masyarakat. Tidak lupa kami juga mendokan para pemimpin masyarakat, agar kiranya mereka bisa menjadi pemimpin yang tidak mementingkan diri sendiri serta mengedepankan kepentingan rakyat. Bimbingla mereka dengan terang kebijaksanaan sejati, agar segala kebijakan yang mereka ambil, sungguh-sungguh bermanfaat bagi orang banyak. Dalam kehidupan beragama, sudilah Engkau menumbuhkan semangat kerukunan antar umat beragama. Jauhkanlah kami dari sikap merendahkan penganut agama lain. Semoga semua orang yang menghayati dan mengamalkan ajaran imannya, dan hidup dengan bertakwa. Bantulah para pemuka agama agar tekun meneladani dan mengajak umatnya untuk saling menghormati, mengasihi, menghargai penganut agama lain. 

Baca juga : 

Kesimpulannya 

Itulah contoh doa syafaat Kristen Untuk berdoa syafaat Kristen saat ibadah di gereja. Berdoa syafaat sebenarnya cukup mudah. Kita bisa mengambil point-point penting seperti ucapan syukur, harapan serta penyerahan diri sepenuhnya kepada kehendak Allah. Khusus untuk doa syafaat bagi bangsa dan negara, kita bisa mendoakan apa yang sedang menjadi permasalahan dalam kehidupan barbangsa dan bernegara akhir-akhir ini. 

Semoga doa syafaat kristen yang saya berikan bisa sedikit membantu bagi anda yang ditunjuk memimpin doa di gereja, untuk anak sekolah, untuk orang tua serta saudaraku sekalian yang membutuhkannya. Jangan ragu untuk berdoa syafaat, dengan bahasa kita dan dengankemampuan yang kita miliki.

Posting Komentar untuk "Contoh Doa Syafaat Kristen Ibadah di Gereja"