Skip to main content

Doa Malaikat Tuhan ( Angelus ) Bahasa Inggris dan Jawa

Sudah menjadi sebuah kebisaan bagi kita sebagai orang Katolik untuk selalu berdoa dalam setiap kesempatan. Mulai pada saat membuka mata di pagi hari dengan doa pagi hingga saat kita ingin mengistirahatkan badan kita dengan berdoa di malam hari. Selain itu, ada beberapa doa rutin lainnya yang bisa kita doakan di jam-jam tertentu yakni doa malaikat Tuhan atau lebih sering disebut sebagai doa Angelus.


Waktu / Jam Berdoa Malaikat Tuhan
Doa malaikat Tuhan atau doa Angelus didoakan setiap hari sebanyak 3x. Adapun jam-jam dimana doa ini sebaiknya didaraskan adalah jam 6 pagi, jam 12 siang serta jam 6 sore. Apabila anda berada di dekat lingkungan suatu gereja Katolik maka akan sangat mudah dalam kita mengetahui kapan kita sebaiknya berdoa malaikat Tuhan. Biasanya lonceng gereja akan dibunyikan pada jam-jam yang telah disebutkan, sebagai penanda dan ajakan bagi kita untuk berdoa angelus bersama-sama.


Bagi penulis pribadi, penulis mengenal doa ini saat menginjak bangku SMP. Tumbuh dan besar dari keluarga yang notebene berasal dari keyakinan yang berbeda menyebabkan penulis kurang begitu mengenal akan ajaran agama Katolik, termasuk doa-doa dalam agama Katolik. Namun hal itu tidak menyurutkan keinginan penulis untuk berdoa. Melalui teman-teman sekolah yang tergabung dalam KSKJ ( komunitas siswa-siswi katolik sekolah menengah di Klaten ) serta melalui teman-teman Mudika Santo Bonaventura, akhirnya penulis mengerti dan hafal akan doa-doa Katolik termasuk doa malaikat Tuhan atau doa Angelus.

Bagi yang belum hafal dan mengerti doa Angelus, saya menuliskan doa ini lengkap dalam 3 bahasa yakni bahasa Indonesia, Jawa dan bahasa Inggris. Selain itu, saya juga melampirkan formatnya dalam bentuk JPEG dengan harapan, agar doa mudah disimpan di galeri ponsel masing-masing dan bisa sewaktu-waktu dibuka apabila dibutuhkan tanpa harus tergantung koneksi internet. Berikut ini adalah text dari doa malaikat Tuhan atau doa angelus : 

Text Doa Malaikat Tuhan / Doa Angelus Bahasa Indonesia:

Maria diberi kabar oleh malaikat Tuhan, Bahwa ia akan mengandung dari Roh Kudus.
Salam Maria ...
Aku ini hamba Tuhan,Terjadilah padaku menurut perkataan-Mu.
Salam Maria ...
Sabda sudah menjadi daging, Dan tinggal diantara kita.
Salam Maria ...

Doakanlah kami, ya Santa Bunda Allah, Supaya kami dapat menikmati janji Kristus. 
Marilah berdoa (  Hening )

Doa : 
Ya Allah, karena kabar malaikat kami mengetahui bahwa Yesus Kristus Putra-Mu menjadi manusia; curahkanlah rahmat-Mu ke dalam hati kami, supaya karena sengsara dan salib-Nya, kami dibawa kepada kebangkitan yang mulia. Sebab Dialah Tuhan, pengantara kami. (Amin )

Doa Malaikat Tuhan / angelus

Selain bisa didoakan dalam bahasa Indonesia, doa malaikat Tuhan juga bisa kita doakan dalam bahasa Jawa. Adapun nama doanya adalah doa Malaekating Allah, berikut doa angelus dalam bahasa Jawa :

Doa angelus dalam bahasa Jawa ( Malaekating Allah ):
Malekating Allah nglantaraken dhawuh dhateng Kenya Dewi Maria. Lajeng Sang Kenya nggarbini saking kuwasaning Hyang Roh Suci.

Sembah bekti kawula....

Kawula abdining Allah. Sandika ing dhawuh Dalem.
Sembah bekti kawula ... .

Sang Sabda lajeng dados manungsa. Yektos nunggil ing kawula.
Sembah bekti kawula ... .

Ibuning Allah, nyuwun pangestu dalem.
Supados pantes nampi ganjaran kasagahan Dalem Sang Kristus.

Suwawi sami munjuk :
Gusti, sarehning kawula sampun dipun wartosi ing Malaekat, bilih Putra Dalem yektos manjalma, mila sami nyuwun sih pitulungan Dalem, supados sarana saking sangsara saha pamenthanganipun Putra Dalem, benjing satangining badan, kawula sageda dherek kamulyakaken. Lantaran Sang Kristus Gusti kawula. Amin.


Doa Malaikat Tuhan Dalam Bahasa Inggris 

The Angel of the Lord declared unto Mary. And she conceived of the Holy Spirit.Hail, Mary, full of grace, the Lord is with thee. Blessed art thou among women, and blessed is the fruit of thy womb, Jesus. Holy Mary, Mother of God, pray for us sinners, now and at the hour of our death. Amen. Behold the handmaid of the Lord.Be it done unto me according to thy word.

Hail Mary...

And the Word was made flesh. And dwelt among us.

Hail Mary...

Pray for us, O holy Mother of God. That we may be made worthy of the promises of Christ. Let us pray. Pour forth, we beseech Thee, O Lord, Thy grace into our hearts; that we, to whom the Incarnation of Christ, Thy Son, was made known by the message of an angel, may by His Passion and Cross be brought to the glory of His resurrection. Through the same Christ, our Lord. Amen.

Keterangan 
Doa Angelus didoakan di jam-jam tertentu bukan tanpa alasan. Apabila kita berdoa jam 6 pagi, maka kita menghormati akan peristiwa kebangkitan Yesus Kristus. Yesus yang telah bangkit dan bersama Kristus, kita memulai dari dengan semangat kebangkitan-Nya. Sedangkan apabila kita berdoa jam 12 siang maka kita mengenang akan sengsara akan Yesus Kristus, meskipun saat itu kita baru bekerja, bersekolah maupun melakukan aktifitas lainnya. Sedangkan apabila kita berdoa malaikat Tuhan pada sore hari, maka kita menghormati Inkarnasi Allah menjadi manusia.


Itulah Doa Malaikat Tuhan atau kita sering menyebutnya sebagai doa Angelus. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada teman atau sahabatmu apabila dirasa artikel ini bermanfaat. Tuhan memberkati kita semua.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar