Skip to main content

contoh doa makan kristen secara singkat

Sebagai seorang yang tumbuh dalam iman Kristen atau Kristiani, sedari kecil, keluarga saya mengajarkan saya untuk hidup dan bertekun dalam doa. Sebagai contoh berdoa ketika pagi sebelum melakukan aktifitas, doa sebelum belajar, maupun doa sebelum dan sesudah makan meskipun hanya diucapkan secara singkat. Ada satu kebiasaan yang diajarkan ayah saya ketika kami sekeluarga makan bersama. Sebagai pemimpin doa biasanya kami bergantian dalam memimpin doa, agar semua anggota keluarga bisa turut berperan dalam mengucap syukur atas rejeki yang bisa kami santap setiap hari.

contoh doa makan kristen secara singkat


Mengapa kita harus berdoa sebelum dan sesudah makan? Ada banyak alasan mengapa kita sebagai seorang Kristen harus megucapkan doa makan. Yang pertama tentu saja kita berterimakasih atas rejeki yang bisa kita nikmati mengingat banyak diantara saudara-saudara kita yang saat ini masih saja ada yang berkekurangan dan yang kedua, kita berharap agar makanan yang kita santap bisa berguna atau bermanfaat bagi tubuh kita. 
Saat ini, mungkin saja masih ada sahabat-sahabatku yang beragama Kristen enggan untuk berdoa saat akan maupun sesudah makan. Masih ada diantara kita yang mungkin malas ataupun malu berdoa terutama saat berada di tempat-tempat umum ataupun saat menghadiri acara tertentu. Tidak ada salahnya kita berdoa dan mengucap syukur, karena itu adalah hal yang baik. Mari kita bangun kebiasaaan baik yang bisa kita teladani dari cara hidup jemaat yang pertama, yakni bertekun dalam doa, tidak terkecuali doa sebelum dan sesudah makan.

Doa makan Kristen bisa saja doa yang diucapkan secara singkat, maupun doa yang diucapkan cukup panjang. Doa makan Kristen secara singkat yang biasa saya ucapkan sebelum makan adalah " Terimakasih Tuhan atas berkat dan rejeki yang Engkau berikan kepadaku dan keluargaku, semoga bisa menjadi kekuatan bagi kami, terutama untuk memuliakan nama-Mu di sorga, Amien. Doa itu tidak sampai dua menit bila diucapkan, namun setidaknya kita bisa mengucap syukur dan ingat akan Tuhan yang telah memberi kita berkat dan rejeki.


Doa makan Kristen singkat biasa diucapkan secara pribadi, namun apabila secara berkelompok admin yosefpedia memiliki beberapa contoh doa yang bisa menjadi referensi bagi anda yang ketika ditunjuk untuk memimpin doa terutama saat sedang menghadiri acara atau ketika memimpin doa makan dalam keluarga, berikut ini contoh doa makan kristen secara singkat maupun secara lengkap. 


Contoh doa makan kristen untuk keluarga

Allah bapa di Sorga, kami sekeluarga berkumpul dan mengucap syukur atas berkat yang telah Engkau berikan di hari ini. Terimakasih atas hari yang baik, dan nafas kehidupan yang masih bisa kami nikmati. Terimakasih pula untuk berkat berupa santapan yang sudah tersaji dihadapan kami, itu semua atas kemurahan hatimu hingga kami beroleh rejeki yang sangat berkecukupan. Kami berdoa ya Tuhan, semoga makanan yang akan kami santap bisa berguna bagi tubuh kami, terutama bagi kesehatan kami. Serta tidak lupa Tuhan, kami berdoa bagi saudara-saudara kami yang belum seberuntung kami, semoga Engkau memberi mereka kekuatan dan penghiburan. Kami juga tidak lupa berdoa untuk setiap orang yang telah mengupayakan hidangan di hadapan kami, semoga Engkau juga memberikan mereka berkat serta rejeki yang cukup sama halnya berkat yang bisa keluarga kami peroleh. Di dalam nama Tuhan Yesus Kristus kami menyambut berkatmu, untuk kemuliaan Allah yang Maha Tinggi. Amien


Contoh doa makan Kristen saat berkumpul bersama

Allah Bapa yang bertahta di kerajaan Sorga, kami jemaatmu Kristen, berkumpul di tempat ini dan bersyukur atas hari baru dan limpahan berkat yang telah kami terima sampai dengan saat ini. Kami bersukacita atas kesempatan ini, dimana kami bisa berkumpul bersama mendengarkan firmanMu yang bisa menguatkan iman kami, iman kristiani kami. Di hadapan kami Bapa, telah tersedia hidangan yang akan kami santap bersama, berkatilah hidangan ini, agar bisa menjadi kekuatan bagi kami, bisa memberi hal yang baik terhadap raga kami. Dan semoga  Engkau juga memberkati orang-orang yang telah mengupayakan hidangan ini, agar mereka juga beroleh berkat yang sama seperti yang kami peroleh saat ini. Kami juga berdoa untuk saudara-saudara kami yang masih berkekurangan, kami berdoa bagi mereka agar mereka juga beroleh kekuatan dan berkat-Mu. Dalam nama Yesus dan untuk kemuliaan Allah yang maha tinggi, kami sambut berkat-Mu, amien.


Doa makan Kristen secara pribadi

Bapa surgawi, pencipta langit dan bumi. Kami anakmu kembali mengucap syukur kepada-Mu. Terimakasih Tuhan, engkau telah menyertai kami sampai dengan saat ini. Kami mengucap syukur atas rejeki yang bisa kami peroleh berupa makanan dan minuman yang telah tersedia di hadapan kami. Semoga dengan makanan ini bisa menjadi pengingat bagi kami, bahwa semuanya adalah berasal dari-Mu yang maha pemurah bagi kami. Berkatilah makanan dan minuman yang akan kami santap, agar dapat memberikan kekuatan bagi tubuh kami. Hingga kami beroleh kekuatan  terutama untuk berbuat baik dan memuliakan nama-Mu. Semua ini Tuhan, kami haturkan dengan perantaraan Puteramu yang terkasih Tuhan kami Yesus Kristus. Amien  

Bagaimana sahabat-sahabatku, apakah sudah memiliki gambaran mengenai doa makan Kristen? Semoga bisa menjadi referensi bagi sahabat-sahabat untuk bisa berdoa. Jangan malu berdoa saat makan meskipun kita berada di tempat-tempat umum. Karena doa itu kita ucapkan dari dalam hati kita, dan Tuhan akan mengetahui apa yang ada dalam diri kita. Dan yang terakhir, saya akan memberikan sedikit kutipan ayat kitab suci " Pandanglah burung-burung di langit, yang tidak menabur dan tidak menuai dan tidak mengumpulkan bekal dalam lumbung, namun diberi makan oleh Bapamu di sorga. Bukankah kamu jauh melebihi burung itu ? Matius 6:26. Sudahkah kita mengucap syukur atas berkat dan rejeki hari ini ??? Semoga bermanfaat dan mari kita berdoa. Tuhan memberkati kita semua. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar