Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa sebelum dan sesudah belajar Katolik secara singkat

Doa merupakan sarana komunikasi kita dengan Tuhan. Melalui doa kita bisa memanjatkan permohonan kita, ucapan syukur kita serta harapan-harapan kita kepada Tuhan Yesus Kristus. Sebagai seorang Katolik, kita berdoa tidak hanya saat pagi hari atau malam hari saja, melainkan setiap hendak beraktifitas, ataupun bepergian. Harapannya tentu saja agar diberikan kelancaran dan keselamatan terhadap  diri kita dan usaha yang kita lakukan dapat berjalan dengan lancar. Tidak terkecuali bagi seorang pelajar. 

Doa sebelum dan sesudah belajar Katolik secara singkat

Bagi seorang pelajar, berdoa sebelum dan sesudah belajar adalah sesuatu kebiasaan baik dan wajib dilakukan. Dengan memanjatkan doa sebelum dan sesudah belajar, diharapkan Tuhan akan menyertai usaha-usaha yang kita lakukan dan Roh Kudus akan menerangi hati dan pikiran kita, agar apa yang kita pelajari dapat mudah kita cerna atau pahami serta dapat berguna untuk diri kita, sesama dan tentunya karya keselamatan di dunia ini. Kali ini penulis akan memberikan contoh mengenai doa sebelum dan sesudah belajar dalam agama Katolik. Doa ini saya ambil dari buku 101 doa harian dan doa novena. Berikut contohnya : 

Doa sebelum belajar Katolik 1 

Allah Bapa yang Maha Kuasa, kami anak-anakmu kembali menghadapMu hendak mengucapkan syukur atas berkatmu di hari ini. Di kesempatan ini, kami juga bersyukur dan berterimakasih atas belas kasihMu sehingga kami beroleh kesempatan untuk bisa menimba ilmu sebagai bekal kami nanti dalam mempersiapkan masa depan.

Allah Bapa, saat ini kami akan belajar, dampingilah kami, bukalah akal budi kami, agar kami dapat memahami apa yang kami pelajari. Tumbuhkanlah ketekunan dari diri kami dan didiklah kami menjadi pribadi-pribadi tangguh dan pantang menyerah, tidak mudah bosan dengan apa yang kami pelajari serta jauhkanlah kami dari godaan-godaan yang justru mengganggu kami dalam belajar. Amien


Doa sebelum belajar Katolik  

Guru ilahi yang Mahabijaksana, aku mohon kepadaMu supaya pelajaranku berhasil. Karena pelajaranku adalah persiapan bagi hidupku di kemudian putra. Aku tidak mohon kepandaian yang cemerlang, tetapi cukulah jika Engkau sudi membantu agar aku dapat mengerti semua mata pelajaran dan mengingatnya dengan baik, sehingga hal itu dapat berguna dalam hidupku. Aku akan bersungguh-sungguh mengikuti semua pelajaran dengan tekun Dalam ini aku sungguh bersandar pada diriMu yang maha bijaksana.

Akhirnya ya Yesus, aku mohon semangat dan gairah belajar yang tinggi, supaya aku bisa belajar dengan rajin dan tekun tanpa mengabaikan kepentingan-kepentingan luhur yang perlu bagi kselematan jiwaku di dunia ini dan di akhirat nanti. Amien 


Doa sesudah belajar Katolik

Allah Bapa yang Maha Kasih Tuhan kami Yesus Kristus, puji syukur kami haturkan kehadiratMu. Terimakasih engkau telah menyertai kami sepanjang kami belajar. Kami akan menyudahi pembelajaran kami kali ini. Semoga apa yang kami pelajari, dapat kami pahami dengan baik, dan semoga engkau beri kelancaran dalam usaha-usaha kami di sekolah, ujian dan ulangan yang akan kami tempuh.  Berikanlah kemudahan dalam kami menjawab soal-soal yang akan kami hadapi. Kami percayakan usaha dan jerih payah kami kepadaMu. Karena bagiMu tidak ada yang mustahil. Doa yang jauh dari sempurna ini kami panjatkan melalui perantaraan Tuhan kami Yesus Kristus Amien.


Baca Juga : 

Mari menonton video ketika admin berziarah di Gua Maria Tritis Gunungkidul, Yogyakarta. Jangan lupa like & subscribenya, Terimakasih Tuhan memberkati : 



Itulah contoh doa sebelum dan sesudah belajar dalam agama Katolik. Alangkah lebih baik jika kita melakukan doa tidak hanya saat hendak ujian saja, melainkan menjadikan doa sebagai kebiasaan yang kita lakukan sehari-hari, di setiap kesempatan, di setiap usaha yang akan kita lakukan. Agar Tuhan Yesus selalu memberikan pertolongan dalam diri kita. Berkah Dalem.

Posting Komentar untuk "Doa sebelum dan sesudah belajar Katolik secara singkat"