Sejarah singkat Doa Angelus Katolik

Apakah anda mengetahui tentang Doa Angelus Katolik ??. Doa Angelus memiliki bahasa latin yakni "Angelus Domini nuntiavit Mariae". Doa ini merupakan salah satu dari beberapa devosi yang ada di dalam ajaran Katolik. Ada beberapa sumber yang menyebutkan asal-usul mengenai doa ini.

Mengutip dari catholicism.org. Asal mula doa Angelus Katolik dapat ditelusuri kembali ke Italia abad ke-11, di mana biarawan Fransiskan mengucapkan doa tiga Salam Maria selama doa malam, ketika bel terakhir di malam itu. Seiring waktu, para biarawan mendorong umat Katolik di wilayah mereka untuk mengakhiri setiap hari dengan cara yang sama dengan mengatakan tiga Salam Maria. Praktik ini segera menyebar ke bagian-bagian lain dunia Kristen, termasuk Inggris.



Sejarah Doa Angelus Katolik

Mengutip dari sumber yang sama. Doa Angelus awalnya banyak dilakukan di negera-negara yang mayoritas menganut agama Katolik. Doa ini selain bertujuan untuk menghormati penjelmaan Tuhan menjadi manusia juga menghormati Bunda Maria dalam perannya yang luar biasa agung sebagai Bunda Allah. Awalnya doa ini hanya dilakukan pada saat menjelang malam hari saja. Selama bertahun-tahun, praktik ini diperluas hingga dilakukan pada pagi hari, kemudian juga dilakukan pada saat siang hari. Selanjutnya doa ini dilakukan 3 kali dalam sehari, pagi, siang dan terakhir dilakukan pada saat sore hari.

DOA ANGELUS

Maria diberi kabar oleh Malaikat TUHAN
bahwa Ia akan mengandung dari Roh Kudus
Salam Maria ...
Aku ini hamba TUHAN
terjadilah padaku menurut perkataanMU.
Salam Maria ...
Sabda sudah menjadi daging
dan tinggal diantara kita
Salam Maria
Doakanlah kami, ya Santa Bunda ALLAH
supaya kami dapat menikmati janji KRISTUS.

Marilah berdoa
Ya ALLAH, karena kabar Malaikat kami mengetahui 
bahwa YESUS KRISTUS PutraMU menjadi manusia.
Curahkanlah rahmatMU ke dalam hati kami,
supaya karena sengsara dan salibNYA,
kami dibawa kepada kebangkitan yang mulia.
Sebab DIAlah TUHAN dan Pengantara kami (Amin)


Melalui Angelus kami mengucapkan "Terima kasih" kepada Tuhan dan Bunda Suci-Nya. Dan, melalui Angelus, kami para peziarah miskin juga memohon rahmat kekuatan untuk setia bertahan melalui pembuangan kami di bumi, ke bagian dari kehidupan kekal di tanah air kami yang sejati dan abadi.

Maksud dan tujuan doa Angelus 

Doa Angelus dilakukan selama 3x dalam sehari. Meskipun pengucapannya sama, namun maksud dan tujuannya berbeda, disesuaikan dengan waktunya. Adapun tujuan dari doa Angelus pagi adalah : Menghormati kebangkitan Kristus yang telah bangkit dan bersama Kristus kita memulai dari dengan semangat kebangkitan. Doa Angelus siang : Menghormati sengsara Kristus saat di tengah pekerjaan kita yang berat, agar kita senantiasa ingat Kristus yang telah berkorban bagi kita. Sedangkan doa Angelus sore bertujuan agar kita senantiasa menghormati Inkarnasi Allah menjadi manusia. Terlebih saat kita hendak beristirahat, agar kita selalu ingat bahwa Allah selalu tinggal beserta kita.

Karena doa ini merupakan doa devosi dan bukan merupakan doa pokok dalam ajaran Katolik, tidak semua orang hafal dan terbiasa mendoakannya. Untuk lebih memudahkan rekan-rekan menghafalkan doa ini, saya sudah merubahnya menjadi format jpg. Bisa rekan-rekan download dan simpan di handphone,  sehingga apabila sewaktu-waktu rekan-rekan ingin mendoakan doa angelus, rekan-rekan bisa membukanya kembali. 

Doa Angelus Katolik

Itulah sejarah singkat Doa Angelus Katolik yang yosefpedia.com dapatkan dari berbagai sumber. Semoga artikel ini bermanfaat bagi rekan-rekan sekalian yang ingin mendoakan doa angelus. Bantu share atau tag ke teman-temanmu apabila kamu ingin mengajak teman-temanmu berdoa, agar kita senantiasa diberkati oleh Tuhan Yesus Kristus. Berkah Dalem.

Artikel terkait : 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sejarah singkat Doa Angelus Katolik"

Post a Comment