contoh doa katolik saat sedang sakit atau menderita

contoh doa katolik saat sedang sakit atau menderita
Kali ini penulis akan berbagi mengenai contoh doa katolik tentang permohonan kesembuhan terhadap penyakit atau kita lebih mengenalnya sebagai doa saat sedang sakit. Bagi seorang yang sedang sakit dalam upaya memperoleh kesembuhan. Selain memerlukan dukungan dari tenaga medis, sebaiknya dia juga harus mendapat dukungan spiritual dari keluarga, rekan atau sahabat yang bisa diwujudkan melalui doa dan permohonan. Seperti yang tertuang dalam kitab Yakobus 5:15 


5:15 Dan doa yang lahir dari iman akan menyelamatkan orang sakit itu dan Tuhan akan membangunkan dia; dan jika ia telah berbuat dosa, maka dosanya itu akan diampuni. 

Doa yang lahir dari iman mempunyai kekuatan yang besar bagi diri kita, terlebih bagi seorang yang sedang mengalami kondisi sakit. Dalam kondisi sakit, beberapa orang seringkali merasa sendiri, merasa Tuhan sedang menguji dirinya dengan membuatnya sakit, dan merasa tidak percaya diri akan kesembuhan dirinya dari penyakit yang sedang dia hadapi.

Gereja Katolik sendiri memberikan perhatian yang lebih, terutama bagi orang sakit dengan adanya kunjungan romo, suster,  serta beberapa persekutuan doa  lainnya yang banyak kita temui di rumah sakit yang dikelola oleh yayasan Katolik.  Bahkan, gereja memperingati Hari Orang Sakit Sedunia (World Day of the Sick ) ditetapkan oleh Sri Paus Yohanes Paulus II pada 13 Mei 1992 dan mulai dirayakan pada 11 Februari 1993.

Kita yang mempunyai iman Katolik hendaknya tidak mempunyai sikap putus asa dan selalu berserah kepada Allah atas sakit yang diberikan kepada diri kita. Kita harus percaya, bahwasanya dibalik penderitaan yang sedang kita alami, Tuhan Yesus mempunyai rencana yang indah dalam diri kita. Dengan sakit yang kita alami, kita ditempa untuk lebih dewasa menyingkapi rencana serta dewasa dalam mengimani Tuhan Yesus Kristus sebagai juru selamat kita. Oleh karenanya marilah dengan kerendahaan hati, kita memohon pertolongan Yesus Kristus untuk mencurahkan rahmat dan kasihNya, agar kita beroleh kesembuhan. Berikut ini,  penulis memberikan contoh doa katolik saat sedang sakit :

Doa Katolik Saat Sedang  Sakit atau Menderita

Allah yang maha kuasa, puji syukur atas nafas kehidupan yang masih Engkau limpahkan kepadaku sampai dengan detik ini. Terimakasih atas berkat penyertaanMu, di sepanjang hidupku. Hari ini aku memohon kepada-MU kasihanilah hamba-Mu yang sedang sakit ini. Dalam iman kepadaMu aku mengadu. Dalam kesesakan ini, aku ingat akan Yesus Kristus yang berkeliling ke seluruh Galilea untuk mengajar serta mengabarkan Injil serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan. Dialah penyelamat yang kucari, penyembuh yang sejati dan penuh kasih. Dia telah turun dari surga ke dunia untuk mengunjungi orang-orangnya yang sakit. Utuslah dia, agar sekarang pun Dia mengunjungi aku. Biarkah pada hari-hari dimana saat aku sakit ini, Dia mengajar aku, memberitakan Injil-Nya dan melenyapkan penyakitku.

Semoga karena ajaran-Nya aku selalu ingat akan Dikau, Allah yang telah menciptakan aku. Dan semoga penyakit yang kuderita ini mengingatkan aku akan kelemahan diriku dan membangkitkan iman serta harapan akan kuasa penyembuhanMu. Semoga dengan pengalaman sakit ini membuatku lebih dekat dengan dikau, lebih berkenan kepadamu dan bersikap lebih tulus.

Bapa, aku sangat bersyukur kepadaMu atas kasih yang diberikan oleh saudara-saudara yang merawat dan melawat aku. Balaslah kasih mereka dengan berkat yang melimpah, dan apabila tugas pelayanan mereka di dunia ini sudah usai, perkenankanlah kami menerima kerajaan yang telah engkau sediakan bagi mereka sejak dunia dijadikan, sebab apa yang mereka lakukan bagiku, telah mereka lakukan bagi Tuhan Yesus sendiri.

Ingatlah juga, ya Bapa akan semua yang sakit. Tabahkanlah mereka, dan berilah kesembuhan. Engkaulah penyelamat dalam hidupku, Engkaulah penghibur dan penebusku, Engkaulah harapanku di dunia maupun di kehidupan yang akan datang. Kasihanilah aku ya Bapa, demi Yesus Kristus penyembuh yang sejati, kini dan sepanjang masa Amien.


  • Bapa Kami
  • Salam Maria 3x
  • Kemuliaan : Kemulian kepada Bapa, Putra dan Roh Kudus, Seperti pada permulaan sekarang dan selamanya. 
  • Terpujilah : Terpujilah nama Yesus, Maria dan Santo Yosef. Sekarang dan selama-lamanya.



Itulah salah satu contoh doa Katolik saat sedang sakit atau menderita. Disaat kita memperoleh dukungan dari tenaga kesehatan berupa tindakan perawatan, serta pengobatan baik itu saat sedang di Rumah Sakit maupun saat berada di rumah, kita jangan melupakan pertolongan Tuhan Yesus Kristus sebagai penyembuh sejati. Karena tanpa campur tangan dari Allah sendiri, semua upaya yang kita lakukan akan sia-sia.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "contoh doa katolik saat sedang sakit atau menderita"

Post a Comment