Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahasa Jawanya Besok Pagi disertai dengan Contoh Kalimatnya

Apa Bahasa Jawanya Besok Pagi ? Terkadang bagi seorang yang bukan berasal dari daerah dengan latar belakang budaya Jawa agak kesulitan ketika ingin menyampaikan informasi dalam Bahasa Jawa terutama keterangan waktu yang seringkali digunakan dalam percakapan sehari-hari. Adapun keterangan waktu dalam Bahasa Jawa diantaranya :

  1. Pagi : Esuk
  2. Siang : Awan
  3. Sore : Sore
  4. Malam : Dalu
  5. Besok : Sesuk
  6. Kemarin : Wingi

Bahasa Ngoko
Lantas apa Bahasa Jawanya besok pagi ? Apabila diterjemahkan perkata, besok diterjemahkan menjadi "sesuk", dan kata pagi diterjemahkan ke dalam Bahasa Jawa menjadi kata "esuk". Apabila kedua kata tersebut digabung menjadi "sesuk esuk".

Bahasa Kromo
Contoh diatas merukapan bahasa ngoko, yang biasa digunakan oleh orang tua kepada anak, ataupun seseorang kepada teman atau orang lain yang memiliki umur yang sama / sebaya. Berbeda dengan bahasa kromo atau Bahasa Jawa halus yang digunakan untuk berbicara kepada orang yang lebih tua dari kita, maka kita menggunakan kata "benjing / benjang" untuk kata "besok", dan "enjing / enjang" untuk pengganti kata pagi. Jadi Bahasa Jawanya besok pagi = Benjing / benjang enjing atau benjang enjang.

Contoh Penggunaan Bahasa Jawa Besok Pagi  

  • Besok pagi datang ya ke acara ulang tahunku ya = Sesuk esuk teko nang acara ulang tahunku yo
  • Besok pagi saya harap kehadirannya bapak ke rumah saya = Benjing enjing, kulo aturi rawuhipun bapak dumateng griyo kawulo.
Itulah tadi penggunaan Bahasa Jawa besok pagi yang bisa anda gunakan dalam percakapan sehari-hari. Semoga bermanfaat

Posting Komentar untuk "Bahasa Jawanya Besok Pagi disertai dengan Contoh Kalimatnya"