Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20 Pengertian Kepemimpinan ( Leadership ) Menurut Para Ahli

Perlu adanya definisi kepemimpinan menurut ahli karena kepemimpinan adalah konsep kompleks yang melibatkan berbagai aspek, peran, dan karakteristik yang berkaitan dengan mengarahkan, menginspirasi, dan mempengaruhi orang lain untuk mencapai tujuan bersama. Definisi kepemimpinan yang disusun oleh para ahli dapat memberikan pemahaman yang lebih jelas dan terstruktur tentang apa itu kepemimpinan, serta menggambarkan aspek-aspek kunci yang terlibat dalam peran kepemimpinan.

Pengertian Kepemimpinan
Definisi atau pengertian kepemimpinan menurut para ahli juga digunakan sebagai acuan untuk penulisan tugas akhir, skripsi ataupun karya lainnya. Adapun berikut ini adalah 10 definisi kepemimpinan menurut para ahli yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber :

 



Kepemimpinan Menurut Wahjosumidjo

Menurut Wahjosumidjo ( 2005:17 ) kepemimpinan diterjemahkan ke dalam sifat-sifat, perilaku pribadi, pengaruh terhadap orang lain, pola-pola, interaksi, hubungan kerja sama antarperan, kedudukan dari satu jabatan administratif, dan persuasif, dan persepsi dari lain-lain tentang legitimasi pwngaruh.  

Kepemimpinan Menurut Miftah Thoha

Miftah Thoha ( 2010:9 ) Kepemimpinan adalah kegiatan untuk mempengaruhi orang lain, atau seni memengaruhi perilaku manusia, baik perorangan maupun kelompok. Kepemimpinan merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam suatu organisasi karena sebagian besar keberhasilan dan kegagalan suatu organisasi ditentukan oleh kepemimpinan dalam organisasi tersebut. 

Kepemimpinan Menurut C.Turney

Kepemimpinan Menurut C.Turney ( 1992 ) dalam Martinis Yamin dan Maisah ( 20120:74 ) mendifinisikan kepemimpinan sebagai suatu grup proses yang dilakukan oleh seseorang dalam mengelola dan menginspirasikan sejumlah pekerjaan untuk mencapai tujuan organisasi melalui aplikasi teknik-teknik manajemen. 

Kepemimpinan Menurut George R.Terry

George R.Terry ( Miftah Thoha, 2010 : 5 ) mengartikan bahwa kepemimpinan adalah aktifitas untuk mempengaruhi orang-orang supaya diarahkan mencapai tujuan organisasi, memotivasi perilaku pengikut untuk mencapai tujuan, mempengaruhi untuk memperbaiki kelompok dan budayanya.  

Kepemimpinan Menurut Dale Timple

Menurut Dale Timple ( 2004:56 ) Kepemimpinan adalah setiap perbuatan yang dilakukan oleh individu atau sekelompok untuk mengkordinasi dan memberi arah kepada individu atau kelompok yang tergabung di dalam wadah tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.  

Kepemimpinan Menurut Martinis Yamin dan Maisah

Martinis Yamin dan Maisah mengemukakan kepemimpinan adalah suatu proses mempengaruhi yang dilakukan oleh seseorang dalam mengelola anggota kelompoknya untuk mencapai tujuan organisasi. Kepemimpinan merupakan bentuk strategi atau teori memimpin yang tentunya dilakukan oleh orang yang biasa kita sebut sebagai pemimpin. Pemimpin adalah seseorang dengan wewenang kepemimpinannya mengarahkan bawahannya untuk mengerjakan sebagian dari pekerjaannya dalam mencapai tujuan.  

Kepemimpinan Menurut Sudarwan Danim

Menurut Sudarwan Danim ( 2004:56 ) kepemimpinan adalah setiap perbuatan yang dilakukan oleh individu atau kelompok untuk mengkoordinasi dan memberi arah kepada individu atau kelompok yang tergabung di dalam waktu tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.   

Kartini Kartono ( 2003:48 )

Kepemimpinan itu sifatnya spesifik, khas, diperlukan bagi situasi khusus. Sebab dalam satu kelompok yang melakukan aktivitas-aktivitas tertentu, dan punya tujuan serta peralatan khusus, pemimpin kelompok dengan ciri-ciri karakteristiknya itu merupakan fungsi dari situasi khusus tadi. Jelasnya sifat-sifat utama dari pemimpin dan kepemimpinan harus sesuai dan bisa diterima oleh kelompoknya, juga bersangkutan, serta cocok-pas dengan situasi dan zamannya.   

Kepemimpinan Menurut Nixon

Kepemimpinan merupakan suatu bentuk seni yang unik, yang membutuhkan kekuatan dan visi pada tingkatan yang luar biasa.

Stephen P. Robbins ( 2005 )

Kepemimpinan adalah kemampuan mempengaruhi kelompok menuju tercapaianya sasaran.

Kepemimpinan Menurut Charles J.Keating ( 1986 )

Kepemimpinan merupakan suatu proses dengan berbagai cara mempengaruhi orang atau sekelompok orang untuk mencapai suatu tujuan bersama.

Kepemimpinan Menurut Ricard L.Daft ( 2007 )

Kepemimpinan merupakan penggunaan pengaruh untuk memberikan motivasi kepada karyawan untuk tujuan organisasi

Kepemimpinan Menurut John R. Schermerhorn ( 1997 )

Kepemimpinan merupakan proses memberikan inspirasi orang lain untuk bekerja keras guna menyelesaikan tugas-tugas yang penting. 

Kepemimpinan Menurut Robert W. Terry ( 2002 )

Kepemimpinan merupakan suatu interaksi antar anggota suatu kelompok. Kepemimpinan terjadi ketika anggota suatu kelompok memodifikasi motivasi atau kompetensi anggota-anggota lain dalam kelompok tersebut. 

Kepemimpinan Menurut Murdick, Ross, Clagget ( 1997 )

Kepemimpinan berarti memberikan nilai - nilai dan fokus untuk bertindak bagi anggota-anggota lainnya dari suatu kelompok. Kepemimpinan adalah proses untuk mempengaruhi orang lain agar bertindak sedemikian rupa, hingga dapat mencapai sasaran-sasaran tertentu. 

Kepemimpinan Menurut Yukl ( 2009 )

Kepemimpinan sebagai proses untuk mempengaruhi orang lain untuk memahami dan setuju dengan apa yang perlu dilakukan dan bagaimana tugas itu dilakukan secara efektif, serta proses untuk memfasilitasi upaya individu dan kolektif untuk mencapai tujuan bersama.

Kepemimpinan Menurut Blanchard dan Ridge ( 2010 )

Kepemimpinan adalah sebuah kemitraan, salah satu melibatkan mutual trust dan rasa hormat diantara dua yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama.   

Kepemimpinan Menurut Hughes, Ginnett dan Curphy ( 2012 )

Kepemimpinan sebagai suatu proses mempengaruhi sebuah kelompok yang terorganisassi untuk mencapai tujuan kelompok.

Kepemimpinan Menurut Davis & Newstrom ( 1991 )

Kepemimpinan adalah proses mendorong dan membantu orang lain untuk bekerja dengan antusias mencapai tujuan.  

Kepemimpinan Menurut Northouse ( 2013 )

Kepemimpinan adalah proses di mana mempengaruhi sekelompok individu untuk mencapai tujuan tertentu.

Posting Komentar untuk "20 Pengertian Kepemimpinan ( Leadership ) Menurut Para Ahli "