Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email yang Benar dan Lengkap

Contoh surat lamaran kerja via email baik dalam bentuk pdf atau word dengan format yang baik dan benar dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris memang seringkali dicari para pelamar kerja. Sebagai contoh seorang lulusan SMK fresh graduate yang ingin melamar pekerjaan sebagai operator produksi, dimana perusahaan tempatnya melamar pekerjaan mempersyaratkan penggunaan surat elektronik. Sebenarnya penggunaan surel atau email memudahkan kita membuat sebuah lamaran, karena kita tidak perlu menulis tangan melainkan dapat kita buat buat serta kita kirim melalui hp android kita, sehingga akan sangat menghemat biaya pengeluaran.

Yang perlu diperhatikan ketika kita membuat surat lamaran kerja via email, kita perlu mempersiapkan lampiran-lampiran yang seringkali dipersyaratkan. Tidak ada salahnya jika anda membuat backup data pribadi yang berisi scan dokumen penting dalam bentuk pdf, lalu menyimpan data-data tersebut ke dalam suatu folder di flahsisk, hp atau di google drive kalian. Hal itu dimaksudkan apabila sewaktu-waktu kita membutuhkan dokumen yang dimaksud, kita bisa segera melampirkannya. Adapun lampiran yang diperlukan diantaranya :

Lampiran Surat Lamaran Kerja Via Email

  1. Scan KTP
  2. Scan ijazah
  3. Scan daftar riwayat hidup ( curriculum vitae )
  4. Scan sertifikat
  5. Scan transkrip nilai
  6. Pas foto
  7. Surat lamaran kerja ( bisa disimpan dalam bentuk pdf / word )

Bagaimana Cara Mengirim Lamaran Kerja Via Email

  • Pastikan kalian memiliki email aktif dengan akun nama kalian sendiri dan disesuaikan dengan identitas di Kartu Tanda Penduduk kalian. Bila anda belum mempunyai email, anda bisa menggunakan jasa penyedia layanan email yang sering digunakan oleh banyak orang yakni yahoo.com atau milik google yakni gmail.com. Hindari penggunaan alamat email yang terkesan tidak profesional.  Nama email kalian menunjukkan personal diri kalian dan profesional tidaknya kalian.Sebagai contoh : 
    • cintaatika@gmail.com
    • antoniusyoga@gmail.com ( contoh yang benar ) 
    • cintacantik@gmail.com
    • antoniusganteng@gmail.com ( contoh yang salah )
  • Simpan semua berkas seperti surat pengalaman kerja, scan KTP, ijazah, daftar riwayat hidup, foto, sertifikat yang sudah dirubah ke dalam bentuk pdf ke dalam satu folder lalu silahkan unggah ke dalam google drive kalian. Pastikan ukuran file dalam folder yang kalian buat besarnya tidak lebih dari 5 mb ( batas maksimal ukuran  file rata-rata 5 mb )  
  • Buka email kalian, disini saya menggunakan gmail. Klik option tulis di pojok kiri atas, lalu isikan alamat email perusahaan yang anda lamar. Pastikan tidak ada kesalahan penulisan agar email yang kalian kirim benar-benar sampai ke tujuan.
  • Isikan bagian subyek / judul email. Karena subyek atau judul email ini adalah yang pertama kali dilihat oleh HRD saat membuka email, penting untuk mengisi dengan informasi yang tepat. Kamu dapat mengisinya sesuai format yang telah ditentukan oleh HRD atau apabila tidak ada format baku, kamu bisa mengisinya dengan format : Lamaran [ Formasi yang Dilamar ] Nama terang.  Sebagai contoh : Lamaran Operator Produksi-Krisna Adi 
  • Setelah itu isikan body/isi dari email. Bagian ini merupakan bagian inti dari lamaran yang kamu kirimkan. Apabila tidak ada aturan tertentu dari perusahaan dalam penulisan body email, kamu bisa menggunakan format berikut ini: 

    • Salam pembuka 
    • Alenia pembuka ( Merupakan kesan pertama dari lamaran yang kalian tulis, bagian ini penting diperhatikan untuk menarik perhatian pembaca )
    • Isi lamaran 
    • Alenia penutup
    • Salam penutup
  • Lampirkan berkas persyaratan yang sudah kalian apload ke dalam google drive dengan cara : Klik ikon bawah yang ada logo google drive, lalu pilih file atau folder yang dimaksud. Tunggu sampai dengan file terapload semua, lalu kirimkan. 


Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email

Berikut ini admin lampirkan beberapa contoh surat lamaran kerja lewat email yang bisa kalian jadikan referensi untuk membuat lamaran kerja kalian sendiri :


Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email


Penulisan Subyek Email Lamaran Kerja

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email


Contoh Surat Lamaran via Email Doc

Berikut ini teks / kata-kata surat lamaran yang bisa anda salin ke word untuk bisa dijadikan format doc :

Kepada : recruitment.hrdalfariatbk.jambi
cc : direktur@ptalfariatbk.co,id
Subject : Staff accounting

Dengan Hormat,
Sehubungan dengan informasi yang saya peroleh di website...com, bahwa di perusahaan yang Bapak /Ibu Pimpin sedang membutuhkan karyawan, maka untuk itu saya yang bertanda tangan dibawah dibawah ini :

  • Nama : Yocha Pratama Pratama Edho
  • Tempat/Tgl. Tempat/Tgl. Lahir : Jambi, 25 Juni 1997
  • Jenis Kelamin Kelamin : Laki - laki
  • Agama : Islam
  • Pendidikan Pendidikan : SMK (Teknik (Teknik Gambar Bangunan) Bangunan) Alamat : JL. Kimaja RT.20 RW.06 Kel. Simpang Simpang III Sipin Jambi
  • No. Telp/Hp Telp/Hp : 085268307 085268307776
Dengan ini mengajukan permohonan kepada Bapak / Dengan ini mengajukan permohonan kepada Bapak / Ibu, kiranya dapat menerima, kiranya dapat menerima saya menjadi karyawan di perusahaan yang Bapak / Ibu Pimpin.

Sebagai bahan pertimbangan bersama ini saya lampirkan :
1. Foto Copy Ijazah Terakhir Terakhir (1 lembar) lembar)
2. Foto Copy Kartu Tanda Penduduk Penduduk (1 lembar) lembar)
3. Pas Photo Uk. 3 x 4 (2 lembar) lembar)
4. Curriculum Curriculum Vitae (1 lembar) lembar)
5. Surat Lamaran Kerja

Demikian surat permohonan ini saya ajukan, besar harapan saya untuk diterima bekerja sebagai Karyawan di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin, atas perhatian dan kerja sama yang Bapak / Ibu berikan saya ucapkan terima kasih.

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email SMK


Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email SMK


Demikian beberapa contoh surat lamaran kerja via email admin rangkum dari beberapa sumber. Semoga bermanfaat bagi anda yang saat ini sedang mencari pekerjaan. Semoga Tuhan melancarkan usaha anda. Terimakasih. 

Posting Komentar untuk "Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email yang Benar dan Lengkap"