Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa arti Peribahasa Cebol Nggayuh Lintang ?, Berikut Penjelasannya

Pernahkah kamu mendengar peribahasa Jawa /  paribasan Cebol nggayuh lintang ?. Bagi yang bukan orang Jawa dan tidak mengerti Bahasa Jawa agaknya anda cukup kesulitan untuk dapat mengartikan ungkapan tersebut. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia ( KBBI ) cebol memiliki pengertian pendek sekali ( tentang tubuh ). Sedangkan nggayuh merupakan kata yang berasal dari Bahasa Jawa yang memiliki arti " menginginkan ". Sedangkan lintang memiliki pengertian atau sama dengan " bintang ". Nah apabila ketiga kata itu disusun maka bisa diterjemahkan cebol nggayuh lintang = orang pendek menginginkan bintang dan memiliki makna / teges : wong kang nduwe gegayuhan nanging ora imbang karo kekuatane dewe. [ Orang yang memiliki keinginan yang tinggi namun tidak diimbangi dengan kemampuannya sendiri ]

Cebol Nggayuh Lintang

Peribahasa tersebut menjelaskan bahwa tidak mungkin seorang yang bertubuh pendek menginginkan / menggapai bintang yang letaknya sangat jauh di angkasa. Hal ini merupakan sindiran bagi orang yang memiliki keinginan atau harapan yang terlalu tinggi namun tidak menyadari adanya kekurangan dalam dirinya. Peribahasa ini mengajarkan kita, bahwa kita boleh atau sah-sah saja dalam bermimpi dan berkeinginan, namun alangkah lebih baik apabila kita menginstropeksi diri sendiri, dan mengukur sejauh mana kemampuan yang kita miliki. 

Baca juga :

Ucapan Ulang Tahun Bahasa Jawa

Paribasan cebol nggayuh lintang memiliki kesamaan arti dengan paribasan : cebol nggayuh langit, cecak ngunt*l jagak lan cecak ngunt*l empyak. Beberapa paribasan / peribahasa tersebut memiliki makna yang sama yakni harapan / keinginan yang mustahil untuk diwujudakan atau diraih. Demikian ulasan singkat mengenai salah satu peribahasa yang cukup sering digunakan dalam percakapan sehari-hari khususnya dalam lingkungan orang Jawa. 

Posting Komentar untuk "Apa arti Peribahasa Cebol Nggayuh Lintang ?, Berikut Penjelasannya"