Berapa Jumlah Visitor Perhari Agar Bisa Gajian Tiap Bulan Dari Google Adsense

Memiliki sebuah blog dengan jumlah visitor yang melimpah tentu akan menjadi sebuah kebanggan tersendiri bagi seorang blogger. Selain karena kita bisa berbagi informasi, blog kita juga semakin dikenal orang, otomatis pendapatan dari google adsense juga akan semakin banyak. 

Memang tidak dipungkiri, pendapatan seorang publiser adsense berbanding lurus dengan jumlah visitor. Lantas, apakah ada jumlah visitor minimal perharinya agar kita bisa bisa gajian ( payout ) dari google adsense.


Berapa Jumlah Visitor Perhari Agar Bisa Gajian Tiap Bulan Dari Google Adsense
Untuk bisa gajian tiap bulan dari google adsense tidak mudah
Untuk bisa gajian dari google adsense, maka setidaknya kita harus mengumpulkan penghasilan sejumlah 100 $ atau apabila dikurskan dalam rupiah menjadi sejumlah Rp1.300.000;. Nah kita bisa mengetahui jumlah rata-rata minimal penghasilan kita perhari agar bisa gajian tiap bulannya, yakni berkisar 44 ribu rupiah. Jumlah yang mungkin cukup besar terutama bagi seorang blogger pemula yang baru saja menekuni dunia blog. Lantas berapa jumlah visitor minimal untuk blog berbahasa Indonesia??. Sebelum membahas itu maka ada baiknya kita mengetahui faktor-faktor penentu besar kecilnya pendapatan dari adsense.

CPC sangat berpengaruh terhadap penghasilan bulanan kita
Memang selain jumlah visitor, pendapatan google adsense juga dipengaruhi oleh CPC atau nilai perklik iklan yang kita pasang. Nah di Indonesia sendiri ukuran CPC cenderung kecil, jauh lebih kecil dibandingkan dengan blog yang berbahasa Inggris. CPC itu sendiri juga dipengaruhi oleh niche atau topik dari blog yang kita kelola. Untuk beberapa blog yang membahas seputar internet marketing dan asuransi memang CPCnya lebih besar dibandingkan dengan blog tentang traveling ataupun blog gado-gado. Pernah saya mendapat nilai CPC yang paling besar kisaran Rp.9.000.00; dalam satu kali klik, yakni CPC dari iklan tentang asuransi kesehatan.

Nilai CPC itu juga seringkali berubah-rubah. Dalam sebuah group diskusi adsense, beberapa berpendapat bahwa nilai CPC tergantun dari content yang kita buat serta jumlah advertise yang mengiklan itu sendiri. Biasanya di akhir tahun CPC akan meningkat sedangkan di awal tahun atau di bulan-bulan tertentu cenderung menurun. 

Jumlah visitor minimal untuk bisa gajian adsense tiap bulannya
Beberapa blogger sependapat dengan angka 5000 visitor per harinya agar kita bisa gajian tiap bulan dari google adsense. Visitor itu adalah visitor blog gado-gado yang berisi banyak informasi dan bersifat random dan memiliki nilai CPC yang lebih kecil dibandingkan dengan blog bisnis dan internet marketing. Untuk blog bisnis itu sendiri, apabila kita jeli dalam menempatkan iklan dan pandai dalam memfilter serta mengatur ad balance secara optimal. Maka dengan 2000 visitor kita bisa saja gajian tiap bulan. Sama seperti blog bisnis dan internet marketing milik teman saya yang bisa menghasilkan minimal Rp.2.000.000 dan paling banyak Rp.3.500.00 tiap bulannya dari google adsense. 

Agar tidak terkesan merekayasa maka berikut ini adalah penghasilan dari salah satu akun adsense milik saya yang terkait dengan blog gado-gado berbahasa Indonesia dengan CPC rata-rata Rp.500.00 dan memiliki visitor 4000-5000 per hari di hari biasa, dan akan meningkat ketika akhir pekan dan hari Minggu tiba.

Berapa Jumlah Visitor Perhari Agar Bisa Gajian Tiap Bulan Dari Google Adsense

Penghasilan di atas terasa akan sangat kecil bila dibandingkan penghasilan milik rekan-rekan senior sekalian. Namun karena di artikel ini admin berniat untuk berbagi, maka tidak ada salahnya admin mengambil contoh  dari akun adsense admin sendiri 


Beberapa tips agar bisa gajian tiap bulan dari google adsense
Adapun beberapa cara yang bisa kita tempuh agar kita bisa gajian tiap bulan dari google adsense.

  1. Pertama, perbanyak postingan blog. Usahakan yang kita tulis adalah artikel  yang dibutuhkan dan yang dicari oleh visitor, bukan artikel yang isinya tulisan sesuai dengan keinginan kita. Dengan begitu visitor akan semakin banyak dan peluang mereka mengklik iklan juga semakin besar.
  2. Tempatkan iklan yang strategis. Adapun penempatan iklan yang paling mendapat banyak klik adalah iklan yang kita taruh dibawah header, akhir postingan serta tengah artikel. Jangan ragu untuk bereksperimen dengan jenis dan penempatan iklan di blog milik kita. Kita bisa bereksperimen dan mencoba jenis iklan tertentu untuk mendapatkan hasil yang optimal. Saya sendiri memilih menggunakan iklan jenis tautan, karena iklan jenis ini meskipun memiliki nilai CPC kecil namun sangat berpeluang mendapatkan klik dari visitor.
  3. Bereksperimenlah dengan mensetting ad balance. Ad balance adalah fitur yang disediakan oleh google adsense, yang memungkinkan kita mengatur agar iklan yang tampil dalamblog kita adalah iklan yang berpotensial memiliki bayaran yang cukup tinggi. Untuk mendapatkan setting ad balance yang ideal, maka anda harus melakukan riset terlebih dahulu. Mulai dari angka 90%, 80%, 70% masing-masing saat setting kita setidaknya memerlukan waktu beberapa hari untuk bisa mengatahui perubahannya dan pada akhirnya dapat menyimpulkan angka yang tepat untuk setting ad balance blog kita. Sebagai saran, ada baiknya kita mensetting ad balance di atas 70% karena apabila kita mensetting ad balance dibawah angka 70% maka akan banyak iklan yang kosong atau blank pada tampilannya.
  4. Filter iklan atau blokir iklan yang memiliki CPC rendah. Iklan-iklan berdomain gratisan bisa dikatakan memiliki nilai CPC rendah. Selain itu ada beberapa iklan yang biasanya memiliki kata kunci : pelet, santet, pesugihan, dukun, burung suami, dan beberapa iklan yang mengandung kata-kata berunsur gaib maka sebaiknya kita memfilter iklan itu. Dengan begitu blog kita tidak akan menampilkan iklan ber CPC rendah.
Perlu kita ketahui bahwasanya setiap publisher, setiap blogger mungkin akan berbeda cara dalam  mengoptimasi blog mereka agar bisa meningkatkan pendapatan dari adsense. Bagi saya pribadi, cara-cara yang saya utarakan di atas saya kira masih cukup relevan apabila diterapkan. Semoga di artikel ini bisa memberikan sedikit gambaran terutama bagi blogger pemula tentang berapa jumlah visitor perhari agar tiap bulan bisa gajian dari adsense. Salam sukses.

Belum ada Komentar untuk "Berapa Jumlah Visitor Perhari Agar Bisa Gajian Tiap Bulan Dari Google Adsense "

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel