Matur nuwun, Bahasa Jawanya Terimakasih Yang Sering Kali Salah Dalam Pengucapannya

Sebagai seorang yang bukan orang Jawa dan hidup di daerah Jawa. Sering gak sih anda dibuat canggung oleh orang lain yang mengajak anda berbicara dalam bahasa Jawa??. Misalkan ya ketika anda mendapat bantuan oleh orang tua yang tidak bisa berbicara bahasa Indonesia ketika ban sepeda motor anda bocor di jalan. Karena sudah mendapat pertolongan tentu anda ingin mengucapkan terimakasih menggunakan bahasa Jawa sesuai dengan bahasa yang dipakai oleh bapak tersebut. Lantas kata-kata apa yang tepat yang harus anda ucapkan ??

atur nuwun, Bahasa Jawanya Terimakasih Yang Sering Kali Salah Dalam Pengucapan


Terimakasih atau bila dibahasakan menggunakan bahasa Jawa berbunyi matur nuwun adalah kata-kata yang sebaiknya anda ucapkan sebagai ungkapan bahwa anda menghargai orang lain yang telah membantu anda. Memang dalam praktek sehari-hari kita akan banyak menemukan beberapa bentuk kata yang maksud / maknanya sama dengan kata yang telah disebutkan. Seperti halnya : Matur suwun, matur sembah nuwun dan masih banyak yang lainnya. Kata matur sembah nuwun bisa diartikan sebagaimana terimakasih banyak. Namun yang menjadi permasalahannya adalah kata matur suwun.


Matur nuwun sendiri terdiri dari 2 kata yakni matur dan nuwun. Matur itu mempunyai arti berkata atau bisa juga diartikan mengucapkan. Sedangkan nuwun mempunyai arti terimakasih. Kata-kata tersebut apabila digunakan dalam percakapan sehari-hari mempunyai konteks arti yang sama dengan terimakasih.

Sedangkan matur suwun mempunyai arti matur = mengucapkan. Suwun = meminta. Sehingga kedua kata tersebut apabila diucapkan sebagai terjemahan dari kata terimakasih tidak tepat. 

Seringkali orang salah kaprah menggunakan kata-kata tersebut. Bahkan beberapa orang yang notabene asli Jawa dan tinggal di daerah Jawa sekalipun juga masih sering salah dalam pengucapannya. 

Nah, dari penjelasan diatas. Sekarang sudah bisa sedikit mengerti khan apabila ingin mengucapkan terimakasih dalam bahasa Jawa. Saya akan memberikan beberapa contoh kalimat yang sering diucapkan dan terjemahan dalam bahasa Indoneia. Berikut contohnya :


Matur nuwun awit kawigatosanipun artinya terimakasih atas perhatiannya

Matur nuwun sampun dipun paringi tuladha ugi artinya terimakasih sudah memberikan contoh 
 Maturnuwun sampun paring donga artinya terimakasih atas doanya

Matur nuwun kagem sederek sedaya artinya terimakasih untuk teman-teman semua

Matur nuwun Dalam Bahasa Sehari-hari

Sama seperti kata-kata dalam bahasa lainnya. Pengucapan kata matur nuwun seringkali mengalami perubahan bentuk kata. Seperti halnya kata terimakasih yang dalam kesehariannya seringkali diucapkan dengan kata "trims" untuk menyingkatnya. Matur nuwun juga seringkali hanya diucapkan dengan kata "nuwun". Bahkan dalam bahasa gaul, orang sering merubah kata ini menjadi "maturtengkyu". Pencampuran bahasa Jawa dengan ejaan terimakasih dalam bahasa Inggris.

Lantas, apabila kita mendapat ucapan matur nuwun dari orang lain, dengan kata-kata apa seharusnya kita membalasnya?? Kita cukup mengucapkan sami-sami yang memiliki arti sama-sama.




Semoga dengan penjelasan singkat diatas, anda semua tidak bingung lagi apabila ingin mengucapkan  atau mendapat ucapan terimakasih dalam bahasa Jawa. Mari lestarikan terus bahasa masing-masing daerah. Sebagai salah satu kekayaan bangsa Indonesia. Matur nuwun 

Belum ada Komentar untuk "Matur nuwun, Bahasa Jawanya Terimakasih Yang Sering Kali Salah Dalam Pengucapannya"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel