Skip to main content

50 Kata Motivasi Bijak untuk Mahasiswa, Semangat Kuliah & Skripsi

Kamu mahasiswa semester akhir dan saat ini sedang mencari kata-kata motivasi untuk memacu semangatmu dalam membuat skripsi ? Tenang aja, di artikel ini ada banyak sekali kog koleksi caption dan quotes yang bisa kamu pakai tidak hanya sekedar untuk dirimu sendiri namun juga untuk teman-teman seperjuanganmu yang saat ini sedang berjuang untuk bisa wisuda.

50 Kata Motivasi Bijak untuk Mahasiswa, Semangat Kuliah & Skripsi

Masa-masa kuliah dan menjadi mahasiswa memang masa yang paling berat. Karena kita sudah bertanggung jawab terhadap diri kita sendiri serta melalui bangku kuliahlah masa depan kita ditentukan. Masa kuliah juga adalah masa yang paling berat bagi orang tuamu, bukan hanya soal biaya bulanan atau biaya semesteran saja, melainkan mereka juga rela untuk melepasmu, untuk tinggal jauh dari mereka. 

Semester demi semester bisa kamu lalui dengan segala problematikanya, hingga sampailah pada tahap akhir yakni penyusunan skripsi. Banyak sekali mahasiswa yang harus berlama-lama di bangku kuliah di tahap ini. Bahkan beberapa harus rela menyaksikan teman-teman atau adik tingkatnya diwisuda sedangkan dirinya masih disibukkan dengan skripsi yang tidak kunjung selesai. 

Banyak mahasiswa yang justru kehilangan motivasi di semester akhir, padahal hanya tinggal beberapa langkah saja dari ratusan proses telah dilalui, dia berhasil menuntaskan pendidikannya. Hingga sampailah waktu yang dinantikan yakni memakai toga saat acara wisuda.

Menjadi mahasiswa tidak perlu pintar, namun kemauan dan ketekunan yang paling utama. Kepandaian yang kamu punya tidak bisa menjadi jaminan untuk lulus tepat waktu, namun dengan kemauan dan keuletan niscaya kamu lulus tepat pada waktunya meskipun banyak hambatan dan rintangan yang harus kamu hadapi.

Orang Tua Sumber Motivasi Utama

Bilamana dalam perjalanan selama menjalani perkuliahan kamu mengalami demotivasi, maka ingatlah kedua orang tuamu yang sudah bersusah payah mengupayakan pendidikan untukmu. Mereka banyak menaruh harapan padamu. Besar harapan mereka melihatmu wisuda dan memakai toga pertanda bahwa kamu telah menyelesaikan pendidikan dan memperoleh gelar sarjana, yang mungkin bagi mereka sendiri mereka tidak memperoleh kesempatan untuk meraihnya.

So, bagi kamu yang masih bermalas-malasan, mulai sekarang segeralah melakukan apa yang mestinya kamu lakukan untuk bisa menyelesaikan perkuliahanmu. Lalui proses demi proses dengan penuh sukacita, karena di kemudian hari, pasti kamu akan rindu akan hal itu.

Bagi kamu mahasiswa yang membutuhkan kata-kata motivasi bijak, quotes atau caption yang bisa memotivasi kamu atau teman kamu untuk tetap semangat menjalani perkuliahan. Kami akan memberikan babarapa contoh kata yang bisa kamu gunakan baik untuk status wa, untuk dibagikan di story instagram maupun media sosial lainnya. Berikut ini kata motivasi mahasiswa yang berhasil kami rangkum :

50 Kata Motivasi Bijak untuk Mahasiswa Agar Semangat 
Menjalani Perkuliahan
Uang bisa dicari, ilmu bisa digali. Namun kesempatan untuk membahagiakan orang tua tidak akan terulang kembali - Quote Mahasiswa
Sesulit apapun rintangan untuk wisuda. Jika sudah berusaha pasti akan tercapai. Usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil.
Saat kamu merasa lelah dengan skripsi. Ingatlah semua perjuanganmu hingga kamu sampai di titik ini. 
Sebab mahasiswa tingkat akhir tidak perlu berkeluh kesah. Itu hanya akan memperlambat proses. Lebih baik bangkit dan kejar cita-cita, hingga wisuda tahun ini tepat waktu.
Ingatlah kehidupan kampus dengan terus mengasah. Jangan habiskan waktumu untuk berkeluh kesah - Najwa Sihab -
Masih ada waktu kamu lulus tahun ini, kejarlah, raihlah dan wujudkan. Dosen pembimbingmu telah menungumu.
Hanya pendidikan yang bisa menyelamatkan masa depan. Tanpa pendidikan Indonesia tidak akan mungkin bisa bertahan - Najwa Sihab -
Kalau mimpimu belum tercapai, jangan pernah merubah mimpinya tapi ubahlah strateginya - Merry Riana -
Sejujurnya saya kuliah tidak mau cari masalah. Saya hanya ingin lulus dan membahagiakan orang tua saya.
Ilmu jangan jadi objek hafalan. Ilmu itu untu memahami dan menuntaskan persoalan - Najwa Sihab -
Apabila kamu sudah memutuskan untuk menekuni suatu bidang. Jadilah orang yang konsisten. Itu adalah kunci keberhasilan yang sebenarnya - B.J.Habibie -
B.A.H.A.G.I.A itu adalah ketika kuliah bareng, ngerjain tugas bareng. Nongkrong bareng. Nikmatilah kebersamaan ini sebelum semuanya berakhir.
Quote Bijak Mahasiswa = Nikmatilah begadang ini dari pada membayar remidi per SKS yang biayanya mahal. 
Wisuda adalah impian setiap mahasiswa. Namun kita perlu berjuang semester demi semester untuk mewujudkannya. Jangan pernah mengeluh. 
Saya tahu jika saya gagal, saya tidak akan pernah menyesalinya. Tetapi saya tahu satu hal yang mungkin saya sesali adalah, tidak pernah mencobanya - Jeff Bezos -
Bersabarlah menghadapi ujian. Karena dalam sabar itu Tuhan sedang meninggikan derajatmu.
Hai pejuang skripsi, sudah revisikah ? Libur telah usai, jangan ada kata nambah libur lagi. Karena hari wisuda sudah nungguin kamu. 
Jangan takut dengan begadang gak dapat jatah tidur, kurang makan, sampai lupa kalo ke kampus gak mandi. Karena hal kecil itu akan menjadi pemanis cerita anak-anakmu nanti - Ika Merdekawati -
Tau gak, yang adem-adem dalam buat skripsi, memiliki tanggung jawab yang besar untuk mempresentasikan laporannya dibandingkan dengan yang banyak coretannya.
Sebaik-baiknya skripsi, adalah yang tidak menunda resepsi.
Sebagai pejuang skripsi. Jangan suka cerita belakangin dosen pembimbing. Karena bukan dospem yang kurang peka, tapi kita saja yang kurang memahami karakter beliau - Ika Merdekawati -
Yang sudah lulus skripsi, kamu harus terimakasih belum sama mie instan, google, Ctrl C + Ctrl V, sama si hitam kopi. Jangan jadi mahasiswa durhaka dong, sudah ditemenin, giliran enak sekarang lupa.
Jangan coba-coba PHPin mahasiswa hukum. Kalau ga mau dijerat pasal 33 ayat 1 KUHP tentang perbuatan yang tidak menyenangkan :D
Pernah gak kamu suka ngiri dengan orang - orang yang mengisi kekosoangan waktunya dengan belajar. Sementara kita sibuk dengan gadget dan kebanyakan nongkrongnya. 
Pejuang skripsi itu bukan siapa yang paling pintar, tapi siapa yang paling berusaha. Sama seperti halnya pejuang akad, bukan siapa yang paling kaya melainkan siapa yang paling siap. 
Kalau semangat kamu lagi down karena malas ngerjain skripsi. Coba lihat deh temen kamu yang udah yudisium tapi kamu sendiri sempro aja belum :(
Terkadang keberhasilan sudah berada di depan mata, saat hati dan pikiran ingin menyerah.
Ketika hasil yang kita inginkan terkabul dengan cepat. Pasti ada kesabaran yang diuji setelahnya.
Kuliah itu bukan untuk mendapatkan pekerjaan. Tapi untuk menuntut ilmu di bangku pendidikan. Perkara mendapatkan pekerjaan itu adalah sebuah keberkahan. Tetapi memiliki ilmu yang tinggi adalah keistimewaan.  
Bermimpilah setinggi-tingginya. Termasuk yang tidak melanjutkan pendidikan. Tidak menempuh ke universitas dan memilih bekerja bukan berarti tidak mampu meraih mimpi. Tapi sedang mengatur strategi demi menginjak garis start untuk mencapai suatu mimpi.
Mungkin di awal-awal kuliah, ingin IPKnya diatas angka 3. Tapi pas sampai di tingkat akhir, malah ingin lulus begitu saja. Jangan gitu dong, karena yang nilainya biasa-biasa saja, mungkin akan lebih susah cari kerja. Minimal sampai
50 Kata Motivasi Bijak untuk Mahasiswa, Semangat Kuliah & Skripsi

tahap interviewlah, dia akan tersisih dengan mereka dengan nilai yang bagus. 
Kemarin aku menjadi pintar, aku ingin merubah dunia. Hari ini, aku menjadi lebih bijak. Aku ingin merubah diriku sendiri.
Tak penting siapa yang akan mendampingiku saat wisuda kelak. Yang penting adalah siaapa yang mau menemaniku, mendengarkanku, segala keluh kesahku saat menulis skripsi serta yang selalu menyemangatiku saat semangatku mulai goyah.
Udah ngeluh capek, teknik berat, stress, dosen killer, senior kampret, ingin ku nikah saja. Padahal masih semester 1. Helllowww....
Kutunggu wisudamu. Kutemui orang tuamu. Kunikahi dirimu dan kubahagiakan lahir batinmu. Bagaimana, apakah kamu setuju ingin menua bersamaku ? 
Mahasiswa itu bebas. Bebas mau ngapain aja, bebas pakai baju apa aja. Bebas masuk apa enggak. Bebas mau gaya-gayaan ke kampus dan yang terakhir bebas mau wisuda 3, tahun apa 7 tahun.
Cepat atau lambat, temen-temen 1 per 1 mulai hilang. Yang dulunya suka kemana-mana bareng, sekarang hanya sebatas viewers di story whatsapp.
Berakit-rakit ke hulu berenang ke tepian. Gue titip absen mulu, temen-temen wisuda duluan.
Tak usah dengarkan apa yang mereka bicarakan tentangmu. Karena sejatinya, kamu lebih baik daripada mereka. Percayalah terhadap dirimu sendiri.
Apabila melakukan sesuatu, maka tekunlah dan bersungguh-sungguhlah. Apapun hasilnya jangan lupa untuk tetap bersyukur.
Mereka bilang, impianku yang terlalu besar, saya bilang ke mereka, mereka saja yang punya pikiran terlalu sempit.
Kalau kita belum bisa tanggung jawab untuk wisuda, lalu bagaimana kita bisa bertanggung jawab untuk berumah tangga ? 
Mahasiswa bijak itu memahami kalau ilmu bisa didapat darimana saja, tidak hanya sebatas di bangku kuliah.
Salah satu cara menggali keseriusan kita, tantanglah diri untuk mencari judul skripsi yang tidak biasa.
Wisuda tidak hanya diraih dengan kepintaran akademis, melainkan juga dengan semangat.
Dear mahasiswa : Mulailah memperbaiki diri sendiri dimulai dengan tidak " titip absen "
Pintar tidak selalu bisa menjamin kesuksesan, namun pintar bisa membantu untuk sukses
Jangan jadikan skripsi menjadi hantu di akhir semestermu
Jika kegagalan dianalogikan sebagai kesuksesan yang tertunda, maka kebohongan bisa saja diibaratkan dengan kejujuran yang tertunda.
Kuliah sih libur, tapi tugasnya seabrek " berasa dibohongin dosen "
Bukan title yang kucari, melainkan ilmu dan jatidiri.
Mengumpulkan tugas itu adalah suatu keharusan, sedangkan nilai bagus itu hanyalah bonus.
Jangan pernah nodai persahabatan kita dengan pertanyaan " kapan wisuda ? "
Beda jurusan mah gak papa. Yang penting nanti nama kita berada dalam satu KK yang sama.
Seburuk dan sekelam apapun masa lalumu. Masa depanmu masihlah suci.
Belajarlah jadi zombie, meskipun dia memakan orang lain, setidaknya dia tidak pernah makan teman # eh....
Setelah lulus pengen ngampus. Setelah revisi pengen resepsi
Demi merdeka, rela untuk mati. Demi wisuda, rela untuk ngerjain skripsi
Skripsi itu halal, revisi itu haram
Mahasiswa semester tua, identik dengan skripsisuwi
Kejarlah sarjanamu meskipun skripsi menghadangmu
Semakin sulit sebuah perjuangan, semakin indahlah suatu kemenangan
Semester 6 = Diminta untuk mencari masalah dan berusaha menemukan masalah dan kamu benar-benar dalam masalah untuk menemukan masalah namun masalahmu bukanlah sebuah masalah dan masalahnya masalahmu tidak sesuai dengan masalah @ Big notes 
Musuh mahasiswa adalah teman sendiri yang tiba-tiba menjadi tuli saat ujian 
Dear mahasiswa : Skripsi itu hanya sekali, so lakukanlah dengan senang hati
Berakit-rakit kehulu, berenang ketepian. Betapa hatiku pilu, lihat adik tingkat wisuda duluan
Kami tak butuh IPK, yang kami butuhkan adalah waktu bimbingan bapak.
Kebahagiaan sederhana bisa tercipta bukan karena uang. Bersyukurlah kalau kalian pernah merasakannya.
Merantau bukanlah perkara yang mudah. Jauh dari orang tua adalah hal yang paling sulit dijalani. Berbahagialah mereka yang pernah merasakan merantau, semakin jauh dari orang tua, justru hati mereka semakin dekat.
Berhenti di tengah jalan adalah kesia-siaan. Ayo mahasiswa, segera tuntaskan kewajiban kalian.
Jangan pernah menyerah atas impianmu. Impian memberikan tujuan hidup. Ingatlah sukses bukan kunci kebahagiaan, kebahagiaanlah kunci untuk sukses.
Itulah beberapa kata, caption, quotes keren mahasiswa yang bisa memotivasi kamu untuk lebih bersemangat kuliah ataupun semangat dalam mengerjakan skripsi. Bagikan tulisan ini kepada teman, sahabat, ataupun saudara kamu apabila artikel ini cukup bermanfaat, terlebih bagi mereka yang saat ini membutuhkan motivasi. Semoga usahamu, kuliahmu diberi kelancaran. Terimakasih sudah berkunjung.  
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar