Skip to main content

5 Contoh Desain Dekorasi Gapura HUT RI yang Unik dan Keren

Lomba merias atau mendekorasi gapura adalah salah satu jenis perlombaan yang seringkali diadakan untuk memperingati hari ulang tahun [ HUT ] Negara Republik Indonesia yang jatuh pada setiap tanggal 17 Agustus. Lomba ini seringkali diadakan di lingkup desa yang terdiri dari beberapa RW atau pedukuhan. Namun ada juga Rukun Tetangga [ RT ] yang mengikutinya, karena mereka sudah mempunyai gapura tersendiri sebagai pintu gerbang untuk masuk ke dalam lingkungan atau wilayah mereka masing-masing.

Contoh Desain Dekorasi Gapura HUT RI yang Unik dan Keren

Untuk bisa memenangkan lomba, tentu saja berbagai cara dilakukan. Tidak hanya sebatas memperbaharui cat dari gapura itu sendiri, beberapa ornamen-ornamen juga tidak lupa ditambahkan agar gapura terlihat menarik dihadapan para juri. Masyarakat dengan cara bergotong royong silih berganti membersihkan dan menghias gapura milik mereka. Kebanyakan mencat gapura milik mereka dengan warna merah dan putih sebagai warna dasar dari gapura, menyamakan dengan warna bendera negara republik Indonesia.

Di kesempatan kali ini, kami akan memberikan beberapa contoh desain dekorasi gapura sebagai referensi bagi anda yang saat ini sedang mencari desain gapura khusus untuk memeriahkan lomba HUT RI. Gambar yang kami peroleh merupakan kumpulan gambar yang kami temukan khususnya di media sosial instagram ataupun facebook, semoga bermanfaat bagi anda.

 Contoh Dekorasi Gapura HUT RI yang Unik dan Keren


1. Tidak hanya berfokus pada gapuranya saja. Kita juga bisa memberikan hiasan pada daerah sekililing gapura misalkan pada jalan sehingga pintu masuk sebuah desa atau RT bisa semakin meriah seperti desain gapura di bawah ini.

Contoh Desain Dekorasi Gapura HUT RI yang Unik dan Keren


2. Meskipun gapura atau pintu gerbang masuk yang ada di kampung kita termasuk berukuran kecil. Namun tetap bisa terlihat unik dan menarik kog seperti gapura di bawah ini yang mengkombinasikan warna merah - putih sebagai warna dasarnya. 

Contoh Desain Dekorasi Gapura HUT RI yang Unik dan Keren


3. Beberapa gapura juga cocok apabila diberikan dekorasi yang menyesuaikan dengan adat istiadat setempat. Sebagai contoh seperti desain gapura berikut yang memadukan desain modern dengan ornament di tengahnya yang menyerupai perisai dari suku Dayak yang biasa terbuat dari kayu ulin atau kayu besi.

Contoh Desain Dekorasi Gapura HUT RI yang Unik dan Keren

4. Desain gapura di bawah ini baru sebatas blueprintnya saja, namun cocok juga apabila digunakan sebagai gapura atau pintu masuk sebuah perumahan. Masih dengan konsep semangat hari kemerdekaan dengan hiasan di bagian kanan dan kirinya berupa bambu runcing. Senjata yang digunakan oleh pejuang-pejuang bangsa ini dalam mempertahankan kemerdekaan dari penjajah Belanda.

Contoh Desain Dekorasi Gapura HUT RI yang Unik dan Keren

5.  Dan yang terakhir adalah desain gapura yang tergolong lama dengan tambahan beberapa pernak-pernik seperti patung garuda di bagian atasnya dan tulisan tanggal hari kemerdekaan Republik Indonesia. Gapura semacam ini adalah desain gapura yang banyak kita jumpai dan biasanya di bangun pada pemerintahan jaman orde baru.

Contoh Desain Dekorasi Gapura HUT RI yang Unik dan Keren


Itulah beberapa contoh desain dekorasi gapura untuk lomba atau sekedar untuk memeriahkan hari ulang tahun [ HUT ] Republik Indonesia yang kita peringati di setiap tahunnya. Apakah ada desain gapura yang sesuai dengan keinginan anda ? Untuk bisa memperindah gapura milik kampung kita memang memerlukan dana yang tidak sedikit. Oleh karenanya perlu kita pikirkan sumber dana yang ada serta tenaga yang dibutuhkan. Untuk biaya kita bisa mencarinya melalui dana sukarela dari warga ataupun mencari sponsor. Semoga bermanfaat. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar