Skip to main content

Contoh Susunan Acara Halal Bihalal RT [ Kampung ] Disertai Naskah MC

Susunan acara dan text acara halal bihalal desa - Halal Bihalal adalah salah satu tradisi atau budaya dari Negara Indonesia yang biasa dilakukan setelah hari raya Idul Fitri atau hari raya lebaran. Menurut beberapa literatur, meskipun terdengar seperti layaknya bahasa Arab namun ternyata tradisi ini merupakan tradisi asli dari Indonesia loh. Kata Halal bihalal diyakini berasal dari kata halla. Dalam bahasa Arab mengandung tiga makna: halla al-habl (‘benang kusut terurai kembali’); halla al-maa’ (‘air keruh yang diendapkan’); halla as-syai’ (halal sesuatu’). Nah apabila diterjemahkan dalam bahasa Indonesia Halal Bihalal memiliki arti kesalahan yang terjadi bisa dilebur kembali.

Contoh Susunan Acara Halal Bihalal RT [ Kampung ] Disertai Naskah MC

Halal bihalal seringkali dilakukan tidak hanya di lingkup keluarga saja, melainkan juga di lingkup RT desa maupun instansi tertentu. Di lingkup RT atau desa, acara halal bihalal biasa dilakukan pada malam hari saat hari libur lebaran terakhir. Karena seringkali penulis diminta untuk menjadi panitia acara yang mana tugasnya tidak hanya membuat susunan acara Halal Bihalal saja melainkan juga sebagai pengisi acara sekaligus. Maka di kesempatan kali ini penulis ingin berbagi mengenai contoh naskah MC untuk keperluan Halal Bihalal, khususnya untuk acara di lingkup RT, RW atau Desa.

Susunan acara dan text MC acara Halal Bihalal dibawah ini hanyalah sebagai gambaran saja, dan tidak mutlak harus digunakan. Anda dapat menyesuaikan acara sesuai dengan keperluan. Namun pada intinya terdapat point-point penting yang harus ada dalam suatu acara Halal Bihalal. Berikut ini contoh naskah MC halal bihalal :

Susunan Acara Halal Bihalal RT [ Kampung ] Disertai Naskah MC

Assalamu’alaikum wr.wb
Bismillahirrohmanirrohim alhamdulillahirobil ‘alamin wabihi nastanginu ‘ala umuridunya wadin wassalamu’ala sayidina muhammadin wa’ala ‘alihi wasohbihi wabarik wasalim ajma’in amaba’du

Yang terhormat bapak kepala desa Gumul Bapak Sutikno SH, Bapak Tri Sutrisno selaku ketua RW 01 dukuh Tambak. Bapak KH Nur Hidayat selaku pengasuh pondok pesantren Al-Huda. Serta tidak lupa kepada seluruh hadirin warga RT 01/RW 01 dukuh Tambak yang  berbahagia.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah subhahanahu wa ta'ala. Yang tidak pernah berhenti mencurahkan rahmat, nikmat dan kasih sayangnya kepada kita semua. Sehingga di kesempatan ini kita warga RT 01/RW 01 bisa berkumpul bersama, untuk bersilaturahmi satu dengan yang lainnya dalam acara Halal Bihalal yang diadakan rutin setiap tahun sekali. Sholawat serta salam terlimpah kepada junjungan kita Nabi Muhammad Sholallahu' alaihi wassalam dan keluarga, serta sahabat beliau. Semoga kita tetap menjadi umatnya sampai di akhir jaman.

Kepada hadirin yang berbahagia..kita umat islam sebaiknya berlapang dada, terhadap sesama kita yang seringkali dalam kehidupan sehari-hari memiliki kesalahan, baik itu disengaja maupun secara tidak disengaja. Untuk itu dalam kesempatan yang berbahagia ini kami mengajak hadirin, untuk membuka hati sebesar besarnya, membuka pintu maaf. Dan dengan sabar atas ridho Allah meminta maaf dan memberi maaf atas kesalahan diantara kita. Semoga Allah mengampuni dosa dan kesalahan diantara kita dan memberikan kekuatan lahir dan batin…amiin…dan kami ingin sekali mengucapkan minal aidin wal faizin…mohon maaf lahir dan batin…

Di kesempatan kali ini, ijinkanlah saya selaku pembawaacara [ MC ] menyampaikan beberapa acara yang akan kita lalui pada malam hari ini. Acara yang akan kita lalui diantaranya adalah :
  1. Pembukaan
  2. Pembacaan kalam ilahi
  3. Sambutan oleh panitia
  4. Ikrar syawalan oleh perwakilan warga RT 01, RW 01 desa Tambak
  5. Jawaban ikrar syawalan dari wakil kepengurusan desa
  6. Istirahat
  7. Tausyah oleh Bapak KH Nur Hidayat
  8. Doa bersama
  9. Penutup
Untuk menyingkat acara pada malam hari ini. Barilah kita buka acara dengan bersama-sama membacakan basmalah. Terimakasih, semoga dengan terbacanya basmalah tadi bisa semakin memperlancar acara yang akan kita lalui.


Pembacaan kalam ilahi. Acara yang kedua adalah pembacaan kalam ilahi. Kalam ilahi akan dibacakan oleh saudara kita Nur Sigit Setiawan. Kepada saudara Nur Sigit Setiawan, waktu dan tempat kami persilahkan. 

Demikian pembacaan kalam ilahi yang disampaikan oleh saudara kita Nur Sigit Setiawan. Semoga kepada beliau dan semua yang mendengarkan, akan mendapat syafaat dari al qur'an di yaumul akhir kelak, amin.

Sambutan-sambutan. Acara selanjutnya adalah acara sambutan dari ketua panitia. Dilanjutkan sambutan dari ketua RT dan ketua RW. Kepada saudara Yusuf Mustofa selaku ketua panitia, waktu dan tempat kami persilahkan . [ Dilanjutkan acara sambutan dari ketua RT dan ketua RW. Masing-masing dipersilahkan maju ke depan ]   

Ikrar Syawalan oleh perwakilan desa. Acara selanjutnya adalah penyampaian ikrar syawalan oleh warga RT 01, RW 01 dukuh Tambak, yang mana pada kesempatan malam ini akan diwakili oleh Bapak Ali Imron. Kepada Bapak Ali Imron, waktu dan tempat kami persilahkan. 

Jawaban ikrar syawalan dari wakil kepengurusan desa. Demikian tadi ikrar syawalan warga desa RT 01, RW 01 dukuh Tambak yang telah diwakili oleh Bapak Ali Imron. Selanjutnya adalah jawaban dari ikrar syawalan dari pengurus desa, yang mana pada kesempatan kali ini akan diwakili oleh sekertaris desa. Beliau adalah Bapak Solikin. Kepada Bapak Solikin waktu dan tempat kami perilakan.

Demikian tadi ikrar syawalan yang sudah terbacakan dan juga sudah terjawab. Acara berikutnya adalah acara istirahat. Pada kesempatan kali ini, kami mohon bantuan dan kesediaan para muda-mudi untuk menyajikan makanan dan minuman kepada para tamu. Kepada tamu yang berbahagia, sembari menikmati hidangan yang ada, berikut kami tampilkan hiburan dari hadroh cinta Rasullulah, selamat menikmati.

Istirahat. Tanpa bermaksud mengurangi kebebasan para hadirin sekalian dalam menikmati sajian makanan dan hiburan yang kami persembahkan. Marilah kita menginjak ke acara berikutnya yaitu acara ceramah agama yang akan diisi oleh Bapak KH Nur Hidayat selaku pengasuh pondok pesantren Al-Huda. Kepada Bapak KH Nur Hidayat waktu dan tempat kami persilakan.

Doa. Berhubung acara demi acara sudah berhasil kita lalui bersama. Marilah kita tutup acara pada malam hari ini dengan bersama-sama membaca hamdalah.

Terimakasih banyak atas perhatiannya, secara pribadi saya sebagai pembawa acara mohon maaf apabila dalam membawakan dan memandu jalannya acara, ada tutur kata yang tidak berkenan bagi bapak dan ibu sekalian. Kami dari segenap kepanitiaan tidak lupa mengucapkan "Taqoballahu minna wa minkum, minal aidzin wal faidzin " Wassalamu.alaikum wr.wb

Demikian Susunan acara Halal Bihalal RT [ Kampung ] lengkap dengan naskah atau text bagi MC yang bisa penulis bagikan. Tentunya dalam membuat suatu acara Halal Bihalal tidak semerta-merta mutlak harus sesuai dengan tata urutan di atas. Contoh susunan acara di atas hanyalah sebagai suatu referensi bagi anda yang saat ini mengalami kesulitan dalam membuat dan mempersiapkan acara Halal Bihalal dalam lingkup RT, RW atau desa. Semoga bermanfaat. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar