Skip to main content

Peluang blog gado-gado untuk adsense, hasilnya lumayan

Sampai saat ini masih banyak yang beranggapan bahwa blog gado-gado tidak cocok diikutkan dalam  program pengiklanan google adsense. Hal tersebut seringkali saya temui apabila salah seorang member sebuah group facebook yang membahas tentang google adsense, mengeluh / bertanya pada member lain bahwa penghasilan dari blognya gado-gadonya sangat sedikit. Banyak member yang mempermasalahkan konten dari blog tersebut sangat beragam, sehingga jumlah klik atau BPKnya sedikit karena tidak meyasar pada visitor yang tidak relevan dengan iklan yang ditampilkan. Imbasnya klik iklan akan semakin sedikit.

Peluang blog gado-gado untuk adsense


Bila dipikir-pikir lagi, hal tersebut cukup masuk akal. Dimana visitor suatu blog akan lebih tertarik mengklik iklan apabila iklan yang ditampilkan sesuai dengan informasi yang sedang dicari. Sebagai contoh. Seorang visitor yang sedang mencari informasi dengan kata pencarian " kompor gas murah dan tahan lama " bila menemukan iklan kompor atau perlengkapan masak lain yang ditampilkan google adsense dia akan lebih tertarik dengan iklan tersebut dibandingkan apabila dia disuguhi dengan produk perlengkapan outdoor ataupun iklan beasiswa ke luar negeri yang notabene itu adalah iklan yang berhubungan dengan bidang pendidikan.

Baca juga : 50 kata bijak Bob Sadino yang harus diketahui karyawan dan interpreneur

Namun sekali lagi, itu hanyalah asumsi semata dan seringkali berbeda dengan realita yang ada. Disini saya akan mengambil contoh blog milik saya sendiri. Karena saya memiliki beberapa blog dan kebetulan ada blog yang gado-gado dan satu lagi ada blog yang satu niche. Saya akan membandingkan penghasilan dari kedua blog tersebut. Blog yang memiliki niche jumlah visitornya jauh lebih banyak dibandingkan dengan blog saya yang supergado-gado. Saya sudah beberapa kali bereksperimen dengan menempatkan iklan sedemikian rupa supaya mendapatkan jumlah klik yang optimal. Iklan yang saya pasang berjumlah sama, sama ukuran dan hampir dipastikan saya pasang di tempat-tempat yang strategis, dan berpeluang mendapat klik dari visitor yang berkunjung.

Untuk hasilnya bagaimana? Apakah blog dengan satu niche mendapatkan pendapatan yang lebih banyak dibandingkan dengan blog yang gado-gado ? Supaya tidak terdengar sebagai informasi hoax berikut saya melampirkan buktinya. 

Peluang blog gado-gado untuk adsense

Gambar diatas menunjukkan bahwa blog gado-gado memiliki jumlah pendapatan yang lebih banyak dibandingkan dengan blog yang membahas satu topik atau satu niche, meskipun blog gado-gado memiliki jumlah visitor yang jauh lebih sedikit. Tentunya hal ini tidak bisa menjadi patokan untuk kita semua. Disini saya hanya menjelaskan bahwa blog gado-gado juga memiliki peluang menghasilkan pendapatan yang lebih banyak dari google adsense. Banyak faktor yang menjadi pertimbangan perihal besar kecilnya pendapatan suatu blog. Sebagai contoh usia visitor, perilaku visitor serta darimana visitor itu berasal.

Banyak pula Blog Gado-Gado yang Sukses dari Google Adsense

Kini kita tidak boleh memandang sebelah mata lagi mengenai blog gado-gado. Ada banyak blog gado-gado yang sukses dari google adsense. Seperti blog milik mas Timon Adiyoso, blog milik mas Tri Gus, atau blog gado-gado fenomenal tempat belajar blogger Indonesia, tidak lain adalah blog Juragancipir milik mbak Indri Lidiawati. Kita patut mencontoh mereka dalam bekerja, tekun dan berusaha menyajikan content yang original dan bermanfaat bagi pembaca agar blog tersebut bisa bersaing di mesin pencari.

Kesimpulannya, soal pendapatan dalam program pengiklanan google adsense, pendapatan dari blog gado-gado tidak kalah bersaing ababila dibandingkan dengan pendapatan blog yang memiliki satu topik atau satu niche. Apabila anda ingin mencoba membuat blog gado-gado, tidak ada salahnya anda coba. Lagipula dengan blog gado-gado, kita akan jauh lebih mudah mengelolanya dibandingkan dengan mengelola berbagai blog yang memiliki niche yang berbeda satu dengan yang lainnya. Happy Blogging.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar