6 cara saya menjaga semangat untuk meraih impian dan cita-cita

" Menjaga semangat untuk meraih impian sangat diperlukan oleh setiap orang untuk bisa meraih apa yang menjadi impiannya "

Setiap orang pasti memiliki sebuah impian dan cita-cita untuk bisa diraih. Meskipun pada kenyataannya impian setiap orang tentunya berbeda-beda. Ada orang yang bermimpi memiliki jabatan yang tinggi, ada yang bermimpi menjadi pengusaha yang sukses. Namun ada juga yang bermimpi menjadi seorang karyawan biasa, yang hidupnya berkecukupan. Biasanya orang yang demikian, harta dan jabatan bukan yang utama. Yang paling penting baginya adalah ketenteraman dalam menjalani kehidupan. Bagi saya pribadi, menjadi seorang blogger sukses dari program google adsense adalah impian utama saya. Selain itu saya ingin menjadi ASN. Meskipun beberapa kali saya telah mengikuti ujian ASN dan tetap saja gagal, saya tidak pantang menyerah dan tetap menjaga semangat saya untuk lebih berusaha lagi bila masih ada kesempatan. 



Dalam upaya meraih impian, seringkali seorang akan menemui suatu kegagalan. Kegagalan demi kegagalan yang dialami terus menerus beresiko akan membuat semangat meraih mimpi bisa pudar dan bahkan hilang. Jika sudah demikian, maka akan berakibat demotivasi kerja. Bagaimana tidak, kita sudah bekerja keras, sudah berdoa dan beramal, namun kesuksesan juga tidak kunjung datang kepada kita. Untuk mengantisipasi semangat meraih impian yang mulai pudar, maka diperlukan cara-cara yang tepat dan efektif. Berikut ini adalah cara saya menjaga semangat meraih impian yang bisa anda contoh dan terapkan dalam kehidupan sehari hari. Semoga bermanfaat


# Keluarga menjadi alasan utama untuk tetap semangat dalam meraih mimpi
Bagi saya pribadi, keluarga adalah segalanya. Keluarga adalah tempat dimana saya menemukan motivasi dalam menjalani hidup ini. Tempat saya menemukan semangat dalam meraih impian. Saya bisa berkata demikian karena saya pernah mengalami kegagalan dalam pekerjaan. Ujian demi ujian masuk untuk mendapat pekerjaan sudah saya ikuti dan hasilnya nihil. Pekerjaan yang saya impikan tidak kunjung saya dapatkan. Dalam kondisi tersebut, saya ingat akan anak saya yang masih kecil dan memerlukan banyak biaya. Sebagai laki-laki dan sebagai seorang kepala rumah tangga, tidak mungkin saya akan terus menerus berpangku tangan. Saya harus segera bangkit, sementara waktu berdamai dengan keadaan dan mencari cara lain untuk bisa meraih kesuksesan secara finansial. degan tidak  melupakan tujuan awal saya.


# Hilangkan rasa rendah diri akibat kegagalan
Seringkali rasa rendah diri muncul karena kita mengalami kegagalan. Kita melihat sebuah kesuksesan orang lain sebagai tolak ukur untuk diri kita sendiri. Hal ini tidak sepenuhnya tepat karena kemampuan setiap orang berbeda-beda. Ada orang yang dengan kemampuannya dan kelebihannya bisa mudah mewujudkan segala impiannya, namun ada juga orang yang harus bersusah payah bekerja baru bisa mewujudkan apa yang diiimpikan dan dicita-citakannya. Dalam hal ini, "ketekunan"lah yang menjadi kuncinya. Ketekunan seringkali bisa mengalahkan kecerdasan dan sebuah talenta. Tidak percaya ? Sebagai contoh, bagaimana air yang menetes bisa membuat lubang di dalam lantai sebuah goa yang notabene terbuat dari batu karang keras ?

# Motivasi diri kita sendiri dengan membaca cerita orang-orang sukses
Banyak orang-orang sukses dan berhasil meraih impian setelah mereka harus mengalami jatuh bangun saat berusaha mewujudkan impiannya. Sebagai contoh, saya pernah mendengar kisah inspiratif dari Jack Ma, pendiri sekaligus pemilik Alibaba group. Beliau saat ini adalah orang terkaya di Asia bahkan masuk ke dalam daftar orang paling kaya di dunia. Dibalik kesuksesannya, siapa sangka dahulunya Jack Ma adalah seorang pengangguran dan pernah ditolak 30 perusahaan tempat dia melamar kerja. Bahkan ketika melamar menjadi karyawan KFC, dari 23 diterima, dialah satu-satunya orang yang ditolak menjadi karyawan. Atau kisah dari Bob Sadino, yang harus rela menjadi sopir taksi, buruh bangunan dan pada akhirnya menemukan bisnis yang tepat bagi dirinya, yakni bisnis di bidang agrikultur yang mengantarkannya menjadi orang sukses dan berhasil meraih impiannya.
  
# Ingatlah tujuan awal ketika anda mengalami kegagalan
Apakah anda seringkali melupakan tujuan awal ketika menemukan kegagalan ? Jika demikian, cobalah flashback kembali kebelakang, sejauh mana anda berusaha dan sejauh mana pengorbanan yang anda lakukan selama ini. Sungguh akan sangat disayangkan apabila kita harus memendam jauh apa yang kita cita-citakan atau harus berhenti di tengah jalan karena impian kita juga belum segera terwujud. Mengingat kembali tujuan awal kita berusaha dan mengingat kembali pengorbanan kita selama ini, adalah cara saya menjaga semangat untuk meraih apa yang saya cita-citakan selama ini.

# Sesekali istirahatkan diri anda, jangan terlalu terforsir, karena hidup harus seimbang
Tidak baik juga kita terus menerus memforsir diri kita untuk bekerja dan mengejar apa yang menjadi impian kita. Ingatlah diri anda sendiri. Bagaimanapun raga juga perlu beristirahat terlebih pikiran kita. Lakukan apa yang menjadi kegemaran anda, berpetualang, memancing, berkumpul bersama dengan keluarga. Saya sendiri memilih naik gunung untuk bisa menyegarkan kembali pikiran saya serta mengevaluasi diri sendiri di tengah-tengah suasana alam yang asri.

# Terakhir, jangan lupa untuk senantiasa bersyukur
Apakah anda sudah mengucap syukur di hari ini? Jika sudah maka berbahagialah anda. Karena anda adalah orang yang bisa menciptakan kebahagiaan terhadap diri sendiri dengan cara yang sederhana. Bersyukur dan mendekatkan diri kita terhadap Sang Pencipta adalah cara yang tepat dan terbukti ampuh bagi diri sendiri untuk bisa menjaga semangat meraih apa yang kita impikan. Kita masih bisa bersyukur diberi kesempatan untuk meraih apa yang kita cita-citakan. Mengingat di luar sana ada banyak orang yang dengan keterbatasan fisik harus rela mengubur cita-cita mereka. Seringkali kita melihat kesuksesan dan pencapaian orang lain dan melupakan orang-orang yang jauh lebih kesusahan dibandingkan diri kita. Oleh karenanya, mulai sekarang, tidak ada alasan lain untuk bersyukur apapun , berapapun dan seberapa pencapaian yang sudah kita peroleh.

Baca juga :



Itulah setidaknya cara saya menjaga semangat untuk bisa meraih apa yang saya cita-citakan dan saya impikan. Dalam hal ini saya tidak bermaksud menggurui pembaca, namun saya mencoba mengajak rekan-rekan pembaca sekalian untuk menyemangati diri sendiri dalam upaya meraih apa yang anda cita-citakan. Semoga artikel ini bermanfaat. Salam 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 cara saya menjaga semangat untuk meraih impian dan cita-cita"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.