Cara mudah pindah faskes BPJS Kesehatan melalui aplikasi Mobile JKN

Pindah Faskes BPJS Kesehatan Secara Online ~ Ada beberapa alasan mengapa seorang anggota BPJS kesehatan ingin memindahkan faskes layanan tingkat pertama ke faskes yang lain. Beberapa alasan klasik diantaranya : Ingin mendapatkan fasilitas layanan kesehatan yang lebih lengkap, ingin pindah tempat tinggal, serta kemungkinan lainnya yakni kurang puas dengan layanan di faskes yang sebelumnya.

Dalam layanan BPJS kesehatan memang kita bisa saja memindahkan faskes sesuai dengan keinginan kita. Namun tidak semua anggota BPJS kesehatan sudah mengetahui, bahwa saat ini untuk bisa memindahkan faskes BPJS melalui online lewat aplikasi mobile JKN. Penulispun seringkali menggunakan fasilitas ini terutama apabila di faskes yang lama tidak tersedia fasilitas kesehatan yang dibutuhkan, seperti ketidak tersediaan poli gigi, poli kebidanan atau jarak ke fasilitas tingkat dua ( PPK 2 ) yang jauh dari tempat tinggal apabila permasalah kesehatan kita harus ditangani di tingkat 2.

Cara mudah memindah faskes BPJS Kesehatan melalui aplikasi Mobile JKN
Aplikasi Mobile JKN
Oleh karenanya saya mengandalkan aplikasi mobile JKN untuk menangani proses pindah memindah faskes layanan tingkat pertama. Coba anda bayangkan, dengan aplikasi ini, kita tidak perlu repot-repot datang ke kantor BPJS kesehatan, tidak perlu mengantri beberapa jam lamanya serta dimudahkan dalam penggunaannyha karena menu yang tersedia didesain sesederhana mungkin. Dengan harapan tiap-tiap anggota bisa menggunakannya. Ada beberapa layanan yang bisa rubah dan akses sendiri melalui aplikasi mobile JKN. Bebepara layanan BPJS Kesehatan seperti mendaftar peserta baru, mengetahui biaya iuran kepesertaan serta merubah data kepesertaan bisa kita lakukan sendiri dimana saja, asal kita mempunyai aplikasi mobile JKN, akses internet yang mumpuni serta memiliki data serta informasi yang diperlukan.


Hal yang diperlukan untuk memindahkan faskes BPJS kesehatan online melalui aplikasi

Lantas bagaimana cara memindah faskes BPJS kesehatan melalui aplikasi mobile JKN??. Sebelum masuk ke tutorial memindahkan faskes melalui aplikasi, pastikan diri anda sudah terdaftar sebagai anggota BPJS Kesehatan, serta sudah memiliki kartu BPJS / KIS. Selain itu pastikan handphone anda sudah mendukung aplikasi tersebut. Bila handphone anda android, setidaknya mempunyai sistem operasi 4.0 ke atas atau ios 10 bagi pengguna iphone. Hal lain yang perlu dipersiapkan adalah :

  • KTP : Nomor Induk Kependudukan wajib dimasukkan ketika registrasi aplikasi mobile JKN
  • Kartu KIS  : 
  • Email yang aktif : Digunakan untuk verifikasi setiap kali anda merubah data kepesertaan


Panduan melakukan Registrasi aplikasi mobile JKN


Langkah yang pertama apabila anda tidak memiliki aplikasi tersebut. Anda harus mengunduh aplikasi mobile JKN terlebih dahulu di playstore. Ketik di kotak pencarian, "Mobile JKN" maka anda akan bisa menemukan aplikasi yang dimaksudkan. Setelah itu instal aplikasi mobile JKN sampai dengan selesai.

mudah memindah faskes BPJS Kesehatan melalui aplikasi Mobile JKN
langkah pertama, cari aplikasi mobile JKN di playstore

Setelah aplikasi tersebut terunduh dan terinstal, kita buka aplikasi mobile JKN dan lakukanlah registrasi.
Tampilan saat registrasi mobile JKN
Keterangan :
  1. No Kartu BPJS : Terdapat di kartu BPJS anda bagian atas, bedakan antara nomor kartu dan nomor NIK. Karena keduanya dituliskan di bagian atas dan bawah.
  2. No KTP / NIK : Terdapat di KTP atau di kartu BPJS anda tepatnya di bagian bawah
  3. Tanggal lahir   : Sudah cukup jelas
  4. Nama Ibu Kandung : Sudah cukup jelas
  5. Pasword : Pilih pasword yang mudah bagi anda mengingatnya
  6. Konfirmasi pasword : Isi dengan kode yang sama dengan bagian pasword
  7. No HP : Masukkan no HP yang masih aktif
  8. Email : Masukkan email aktif anda, semua kode untuk keperluan verifikasi akan dikirimkan melalui email

Setelah melengkapi data yang diperlukan, dan setelah anda mensubmit data tersebut. Maka sistem akan mengirimkan kode verifikasi melalui email anda. Segera cek email anda dan masukkan kode verifikasi yang dikirimkan. Jangan terlalu lama dalam memasukkan kode verifikasi, karena kita hanya diberi waktu kurang lebih 5 menit untuk mengecek email dan memasukkan kode verifikasi yang dimaksudkan. 


Setelah proses verifikasi selesai, maka anda resmi terdaftar sebagai pengguna aplikasi mobile JKN. Anda kini bisa mengakses beberapa layanan yang disediakan, seperti melihat jumlah iuran, denda dan informasi keanggotaan. Kerena tujuan awal kita yakni memindahkan faskes BPJS kesehatan melalui aplikasi, maka saya tidak akan membahas terlalu banyak menu yang ada. Langsung saja, berikut caranya :

Cara memindahkan faskes BPJS kesehatan melalui aplikasi :    



Pertama. Buka aplikasi Mobile JKN. Kita akan mendapatkan halaman muka seperti gambar di bawah ini. Di halaman awal, kita bisa melihat beberapa menu utama, diantaranya menu tentang kepesertaan, tagihan, layanan serta menu informasi yang bersifat umum. Untuk layanan pemindahan faskes kita masuk ke bagian menu ubah data peserta pada tabel kanan atas.


Kedua. Masuk ke bagian ubah data peserta, kita akan menemukan beberapa informasi tentang keanggotaan kita sebagai pengguna layanan BPJS kesehatan. Diantaranya : No Kartu BPJS kesehatan. Nama layanan faskes 1 sebagai layanan pertama serta kelas perawatan. 
Ketiga. Untuk memindahkan faskes BPJS kesehatan, kita klik bagian informasi faskes. Sebagai contoh apabila di informasi keanggotaan saya sebelumnya berada di klinik intan. Kita akan merubahnya ke faskes lainnya.



Keempat. Muncul informasi " Ubah Fasilitas Kesehatan Pertama " Kita masukkan Propinsi yang kita tuju. Selanjutnya masukkan nama Kota / Kabupaten. Seterusnya sampai selesai.


Setelah kita memilih nama klinik pratama yang kita tuju, maka langkah selanjutnya adalah kita diwajibkan menyimpan data kita dengan mensubmit data tersebut ke sistem. Saat proses penyimpanan data, sekali lagi, sistem akan mengirimkan kode verifikasi ke email anda. Buka email anda, dan anda akan mendapatkan email seperti dibawah ini

Dari email yang dikirimkan, kita bisa mengecek kembali, apakah data yang kita masukkan sudah sepenuhnya benar atau belum. Dari gambar disamping, data-data yang saya masukkan sudah benar. Saya ingin merubah faskes pertama saya yang sebelumnya di Klinik intan menjadi klinik Realino Yogyakarta. Setelah memastikan semuanya benar, maka langkah terakhir adalah memasukkan No Verifikasi Perubahan Data di aplikasi mobile JKN yang sedang kita buka. Apabila sudah berhasil, maka anda akan mendapat pemberitahuan seperti gambar yang tertera di bagian bawah ini : 














Sampai dengan tahap ini, berarti anda sudah berhasil memindahkan faskes BPJS kesehatan lama anda ke faskes yang baru sesuai dengan pilihan anda. Untuk bisa menggunakannya, terhitung tanggal 1 bulan berikutnya, layanan faskes tingkat pertama baru bisa digunakan. 

Tips memindahkan faskes melalui aplikasi mobile JKN

  1. Pastikan koneksi internet anda lancar
  2. Lengkapi persyaratannya seperti KTP, dan kartu BPJS
  3. Carilah informasi terlebih dahulu, faskes PPK 1 ( Pemberi Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama ) yang akan kita tuju. Apakah faskes tersebut sudah terdapat layanan dan fasilitas  sesuai yang kita kehendaki.
  4. Apabila NIK anda tidak bisa digunakan ( Hal ini seringkali terjadi ). Maka sebaiknya anda konsultasi ke kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil setempat.   

Kesimpulannya :  Kini untuk mendapatkan layanan BPJS kesehatan yang terkait dengan keanggotaan semakin dipermudah berkat adanya aplikasi mobile JKN. Tidak terkecuali bagi anggota yang ingin memindahkan faskes BPJS kesehatan ke faskes lainnya. Untuk bisa pindah faskes satu ke faskes lainnya, BPJS kesehatan menerapkan aturan yakni minimal 3 bulan terdaftar di faskes yang lama, terkecuali pindah domisili. Apabila belum mencapai 3 bulan lamanya, maka anggota tidak bisa berpindah faskes. Apabila kita sudah berhasil memindahkan faskes, tidak lantas kita bisa langsung menggunakan layanan kesehatan di faskes yang baru. Melainkan harus menunggu terlebih dahulu sampai dengan tanggal 1 bulan berikutnya, barulah layanan faskes BPJS kesehatan yang baru bisa kita gunakan.

Semoga bermanfaat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara mudah pindah faskes BPJS Kesehatan melalui aplikasi Mobile JKN"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.