Skip to main content

10 Alasan mengapa kuliah di yogyakarta, ketahui dulu kekurangan dan kelebihannya

Sampai dengan saat ini masih banyak lulusan SMA di seluruh Indonesia yang menjadikan Yogyakarta sebagai kota tempat tujuan mereka untuk bisa berkuliah. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya jumlah mahasiswa baru yang datang ke Yogyakarta baik itu dari daerah sekitar Yogyakarta, maupun dari luar daerah di Yogyakarta dari tahun ke tahun.

salah satu sudut kota Yogyakarta

Ada banyak alasan mengapa calon mahasiswa baru, jauh-jauh datang ke Yogyakarta, merantau dari daerah tempat tinggal mereka serta harus rela berpisah dari kedua orang tua untuk bisa kuliah di Yogyakarta. Mereka juga harus keluar dari zona nyaman, tinggal di kota orang dimana mereka seringkali tidak mempunyai satupun sanak saudara yang tinggal di Yogyakarta.

Selain karena memiliki kualitas lulusan yang lebih baik dibandingkan dengan yang lain. Yogyakarta juga dinilai sangat kondusif dalam menciptakan iklim yang menunjang kegiatan perkuliahan. Selain itu ada beberapa alasan lain mengapa Yogyakarta masih menjadi tempat favorit bagi mereka yang ingin melanjutkan studinya. 

Nah kali ini, penulis akan sedikit memberikan gambaran kepada pembaca, mengenai kuliah di Yogyakarta, alasan mengapa harus kuliah di yogyakarta, serta keuntungan dan kerugian kuliah di Yogyakarta. Disini penulis menempatkan diri sebagai lulusan salah satu perguruan tinggi swasta di Yogyakarta, dan sudah hampir 8 tahun tinggal di Yogya. Adapun 10 Alasan mengapa kamu harus kuliah di yogyakarta diantaranya :


# Kuliah di Yogyakarta Banyak Pilihannya

Harus diakui, banyak sekali jumlah perguruan tinggi di Yogyakarta terutama di Kabupaten Sleman yang menawarkan banyak jurusan kuliah. Mau kuliah di jurusan kesehatan ?. Ada banyak Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan serta Akademi Keperawatan atau Kebidanan yang siap menerima lulusan baru dari SMA. Mau kuliah di jurusan teknik? Yogyakarta memiliki puluhan perguran tinggi baik itu Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta yang membuka jurusan teknik dan menjadikan jurusan ini sebagai jurusan unggulan diantara jurusan lainnya. Oleh karenanya, anda tidak perlu khawatir lagi, di Yogyakarta menawarkan banyak jurusan perkuliahan. Kamu bisa mencari informasi terlebih dahulu mengenai kampus mana yang memiliki jurusan yang kamu maksudkan dan pastikan kampus tersebut sudah memiliki akreditasi yang baik.

# Biaya Hidup yang Jauh Lebih Terjangkau 

Alasan kedua, mengapa banyak yang ingin kuliah di Yogyakarta tentu saja karena kota ini menawarkan biaya hidup yang lebih murah dibanding biaya hidup di kota lainnya. Sebut saja biaya untuk makan sehari-hari. Kita masih bisa makan dengan hanya bermodalkan 10-15 ribu untuk satu kali makan. Untuk biaya kos-kosan, masih banyak yang menyediakan layanan kos-kosan yang menghitungnya dengan hitungan tahun. Sedangkan apabila ingin menggunakan kos-kosan bulanan, maka kamu dapat menemukan layanan kos-kosan dengan tarif yang masih sangat terjangkau. Ingin lebih hemat lagi? Kamu bisa menyewa sebuah rumah dan kamu tempati untuk beberapa orang dari tempat rantau secara bersama-sama sehingga untuk biaya sewa menyewa bisa dilakukan secara kolektif atau patungan. Biaya hidup di Yogyakarta terbilang masih lebih terjangkau dibandingkan dengan kota di sekitarnya,sebut saja kota Semarang. Selain Yogyakarta, biaya hidup yang sama-sama terjangkau adalah biaya hidup di Kota Solo.


# Yogyakarta Kota Pendidikan dengan Banyak Fasilitas Pendukung

Selain karena adanya kampus-kampus terbaik, fasilitas pendukung lain perlu diperhatikan pula sebelum kamu ingin memutuskan memilih tempat kuliah. Asrama bagi perempuan, layanan perpustakaan umum, adanya Rumah Sakit yang siap menangani apabila kita jatuh sakit perlu juga dipikirkan. Nah di Yogyakarta fasilitas-fasilitas yang dimaksudkan sangat mencukupi, dimana di kota ini ada beberapa perpustakaan umum yang bisa menunjang kegiatan belajar serta banyak sekali toko buku yang menawarkan buku-buku dengan jurusan perkuliahan yang diambil. Bahkan terdapat juga toko buku yang menawarkan buku-buku bekas dengan harga yang sangat terjangkau.

# Masyarakat yang Ramah, Meskipun untuk Para Pendatang

Mugkin karena yang tinggal di Yogyakarta adalah masyarakat dengan latar belakang budaya Jawa yang dikenal dengan masyarakat yang humble. Masyarakat di Yogyakarta juga dikenal sangat ramah, meskipun kamu adalah seorang pendatang sekalipun di kota ini. Maka jangan heran apabila kamu tiba-tiba disapa orang yang tidak dikenal " darimana mas?" "Sudah pulang kuliah dek?" Hal itu adalah hal yang wajar. Sebaiknya rekan-rekan juga harus sedikit belajar berbahasa Jawa selama kuliah di Yogyakarta, karena rata-rata masyarakat disini menggunakan bahasa Jawa terutama untuk percakapan sehari hari :)

# Memiliki Banyak Tempat Wisata

Selain adanya kampus-kampus terbaik dan fasilitas penunjang kegiatan pembelajaran. Satu hal lain yang menjadi alasan mengapa kamu wajib kuliah di Yogyakarta. Tidak lain karena Yogyakarta memiliki banyak sekali tempat hiburan, sebut saja tempat wisata di masing-masing kabupatennya. Ada banyak pantai-pantai indah dan tidak kalah dengan pantai di pulau Bali yang bisa kamu temukan di Kabupaten Gunungkidul, terdapat hutan Pinus yang masih sangat asri dan alami yang bisa kamu temukan di Mangunan Bantul. Serta banyak terdapat wisata seni dan budaya berupa Candi, Keraton, makam raja-raja, yang semuanya bisa kamu kunjungi saat kamu lelah dengan segala aktifitas kuliahmu. Tentu saja hal ini sangat penting dalam menjaga mood selama kuliah dimana kita harus menyeimbangkan hidup kita dengan kegiatan refresing dengan mengunjungi atau bertamasya di tempat-tempat yang kita minati.

# Lulusan dari Yogyakarta dikenal dengan lulusan dengan predikat baik
Terutama di luar Jawa, lulusan dari Yogyakarta akan lebih diperhitungkan dan diakui. Hal itu dikarenakan rata-rata lulusan yang kuliah di Yogyakarta memiliki predikat dan memiliki outcome yang baik. Hal itu pula yang dibenarkan oleh rekan-rekan penulis yang telah pulang dan bekerja di tempat asal mereka di luar Jawa. 


# Banyak terdapat Bimbingan Belajar dan Pelatihan
Selain memiliki banyak instansi pendidikan formal, layanan penyedia pendidikan non formal juga sangat diperlukan bagi mahasiswa yang ingin mengembangkan kemampuan dan bakatnya. Sebagai contoh adanya bimbingan belajar yang menyediakan sertifikat TOEFL. Dimana sertifikat TOEFL sangat dibutuhkan ketika nanti ingin melamar sebuah pekerjaan. 

# Lingkungan yang Plural
Yogyakarta bisa diibaratkan sebagai Indonesia mini yang dihuni oleh berbagai masyarakat dari luar daerah di Indonesia dan tetap menjunjung kearifan lokal. Di Yogyakarta, kamu bisa bertemu dengan berbagai orang dari latar belakang yang berbeda, baik suku, budaya dan agama yang berbeda. Kita bisa belajar mengenal dan memahami budaya mereka dengan menjalin komunikasi baik itu di lingkungan kampus maupun di lingkungan tempat tinggal kita. Dengan begitu, kita menjadi lebih tau dan sadar bahwa Indonesia adalah bangsa yang majemuk serta bisa menerima perbedaan sebagai aset sebuah bangsa.

# Banyak Kampus Menyalurkan Lulusannya   
Beberapa kampus terkemuka, menyalurkan lulusannya ke pihak pencari tenaga kerja. Mahasiswa tidak perlu repot-repot mencari pekerjaan sendiri setelah mereka lulus kuliah, karena pihak kampus sudah bekerjasama dengan pihak lain yang membutuhkan tenaga kerja, dan biasanya beberapa sudah melakukan open rekruitment saat mahasiswa berada di semester akhir 

# Terdapat Banyak Lapangan Pekerjaan

Selain memiliki banyak kampus dan sarana penunjang kegiatan belajar mengajar. Di Yogyakarta terdapat cukup banyak lapangan pekerjaan. Bidang pariwisata terutama, hal ini tentu saja sangat menguntungkan bagi lulusan baru dan ingin bisa mencari dan menambah pengalaman kerja. Dimana pengalaman kerja sangat dibutuhkan apabila kita ingin bekerja di tempat lain, dimana yang menjadi salah satu persyaratan adalah memiliki pengalaman kerja yang dibuktikan dengan surat pengalaman kerja.

Selain memiliki banyak keuntungan. Kuliah di Yogyakarta juga memiliki beberapa kekurangan. Terutama dialami oleh kalangan mahasiswa yang berasal dari luar daerah, dimana mereka harus berjuang sendiri jauh dari orang tua dan  belum lagi setelah lulus nanti. Untuk keperluan administrasi seperti melakukan legalisisr ijazah, maka mereka harus rela jauh jauh ke Yogyakarta atau setidaknya harus menunggu cukup lama, karena tidak bisa mengurus sendiri karena mengandalkan jasa pengiriman barang.

# Pengalaman Kuliah di Yogyakarta
Dari pengalaman penulis sendiri, kuliah di Yogyakarta itu sangat mengesankan. Kita bisa bertemu dengan banyak mahasiswa dari berbagai daerah dan latar belakang budaya. Hampir bisa dikatakan  Yogyakarta itu layaknya Indonesia mini. Banyak dari teman-teman di luar Jawa memilih kuliah di Yogyakarta karena biayanya lebih terjangkau dibandingkan kuliah di daerah mereka sendiri. Ada banyak teman yang memilih kuliah di Yogya, padahal tempat tinggal mereka dekat dengan kampus yang menyediakan prodi serupa dengan prodi yang mereka pilih saat di Yogya.

Ada beberapa hal unik yang penulis temui saat kuliah di Yogyakarta. Jadi beberapa perguruan tinggi ternama di Yogyakarta dengan kualitas dan akreditasi yang bagus, seringkali malah tidak menjadi tempat kuliah favorit serta mungkin tidak dikenali di beberapa daerah. Justru kampus-kampus yang notabene tidak terkenal, malah menjadi tempat tujuan mahasiswa. Beberapa mahasiswa seringkali kecewa setelah masuk perguruan tinggi tersebut karena tidak sesuai dengan ekspektasi mereka. Oleh karenanya, penting bagi anda yang ingin kuliah di Yogyakarta, untuk sekali lagi mengetahui informasi detail mengenai kampus tempat tujuan anda berkuliah, kualifikasi pendidikan serta akreditasi kampus tersebut, agar tidak menyesal di kemudian hari.

Semoga informasi ini bermanfaat. Salam 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar