contoh doa katolik sebelum makan secara sederhana

Sebagai seorang Kristen atau Katolik, kita harus senantiasa mengucap syukur atas berkat karya keselamatan Tuhan Yesus dalam diri kita. Salah satu cara kita mengucap syukur kepada Tuhan adalah dengan berdoa. Melalui doa, selain bisa mengucap syukur, kita juga bisa mengerti apa yang Tuhan rencanakan dalam hidup kita, melalui permenungan-permenungan batin saat kita mendaraskan doa kepada Tuhan kita Yesus Kristus.

contoh doa katolik sebelum makan
Bila sebelumnya penulis telah memberikan contoh doa katolik saat sedang sakit atau menderita. Kali ini penulis akan memberikan contoh doa Katolik sebelum makan. Mengapa kita harus berdoa sebelum makan ? Alasan kita harus berdoa sebelum makan tentu saja kita bersyukur atas karunia Tuhan, atas rejeki yang bisa kita nikmati dengan adanya makanan yang akan kita santap agar nantinya makanan yang akan kita makan dapat memberikan manfaat dan kesehatan dalam diri kita. Selain itu, dalam kehidupan berkeluarga, doa sebelum makan menjadi sarana bagi keluarga untuk berkumpul bersama serta mengingatkan kembali kebiasaan awal orang kristen yakni berdoa bersama dalam keluarga.

Doa sebelum makan juga bisa mengusir kuasa jahat yang hendak mencelakakan diri kita melalui makanan yang akan kita santap. Hal ini terutama apabila kita makan di beberapa rumah atau warung makan yang menggunakan cara jahat untuk mengikat pembeli agar mau membeli makanan di tempatnya. Berikut ini contoh doa Katolik sebelum makan :

Doa Katolik Sebelum Makan


Tanda salib : Dalam nama Bapa, Putera dan Roh Kudus, Amien
Bapa yang maha kasih, kami anak-anakmu mengucap syukur atas berkat limpahan kasihMu sampai dengan hari ini. Kami bersyukur kepadaMu karena Engkau telah membagikan kelimpahan cinta kasih-Mu melalui rejeki,berupa makanan yang akan kita santap di kesempatan kali ini. Berkatilah makanan yang akan kami santap ini, agar berguna bagi jiwa raga kami. Biarlah makanan dan minuman ini menjadi salah satu sumber kekuatan bagi tubuh kami. Berkatilah mereka yang telah menyediakan makanan ini dan berkati pula kami semua yang kini sedang berkumpul untuk makan bersama di tempat ini. Semoga dengan perjamuan ini, kami bisa saling memupuk rasa persaudaraan diantra kami serta mengingatkan kami akan Yesus Kristus itu sendiri yang telah menjadi perjamuan sebagai sarana kehadiranNya di tengah kami serta para muridNya. Semoga kami bisa senantiasa meneladani cara hidup jemaatmu yang pertama yakni saling berkumpul dan mengucap syukur, agar namaMu senantiasa dimuliakan baik di dunia maupun di surga. Amien.
Diakhiri dengan tanda salib : Dalam nama Bapa, Putera dan Roh Kudus, Amien

Itu adalah contoh doa katolik sebelum makan secara sederhana. Namun meskipun sederhana, penulis telah mengambil setidaknya 3 point penting dalam sebuah doa, yang pertama ungkapan rasa syukur, yang kedua adalah penyerahan diri kepada Tuhan dan yang terakhir adalah harapan kita kepada Tuhan. Jangan ragu untuk berdoa sebelum makan, banyak diantara kita sebagai orang Katolik seringkali ragu dan malu apabila berdoa terlebih di tempat-tempat umum. Karena dengan berdoa, kita telah menjadi saksi akan karya keselamatan Kristus dalam kehidupan kita. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "contoh doa katolik sebelum makan secara sederhana"

Post a Comment