Tidak mutlak dari IPA, Jurusan IPS bisa masuk jurusan keperawatan

Jurusan IPS pun bisa masuk jurusan keperawatan
Apakah Jurusan IPS Bisa Masuk Keperawatan? Salah satu profesi yang sampai saat ini masih banyak diminati dan banyak dibutuhkan selain profesi yang bekerja di dunia pendidikan adalah profesi yang bekerja bidang kesehatan, baik itu dokter, perawat, bidan, maupun fisiotherapi. Sampai kapan pun, bidang ini akan selalu dibutuhkan oleh masyarakat. Apalagi saat ini, dengan ada layanan BPJS kesehatan maka kesadaran masyarakat akan kesehatan semakin meningkat. Dampaknya kebutuhan akan profesi ini meningkat dari tahun ke tahun. 

Kita ketahui bersama, salah satu profesi yang bekerja dan paling mendominasi di layanan kesehatan dalam hal jumlah adalah tenaga keperawatan. Bisa dikata bahwa mayoritas tenaga kesehatan didominasi oleh tenaga keperawatan. Coba kita lihat dalam suatu rumah sakit maupun sebuah puskesmas, perbandingan antara tenaga keperawatan, dokter maupun bidan maka jumlah tenaga keperawatan tentu akan lebih banyak. Oleh karenanya, minat untuk menjadi perawat masih cukup tinggi karena peluang pekerjaan masih banyak serta banyak yang berharap, jika setelah selesai kuliah di keperawatan bisa langsung dapat sebuah pekerjaan.

Berbicara mengenai kuliah di jurusan keperawatan beberapa ada yang belum mengetahui tentang persyaratan masuk kuliah di jurusan ini. Salah satunya adalah mengenai kriteria lulusan calon mahasiswa baru yang bisa masuk keperawatan. Saat ini, banyak yang masih beranggapan bahwa untuk masuk ke jurusan keperawatan harus berasal dari SMA dengan jalur IPA. Hal ini dimungkinkan karena biasanya orang berpatokan pada seleksi masuk perguruan tinggi negeri dimana untuk bisa masuk ke Ilmu Keperawatan haruslah berasal dari lulusan IPA, bukan IPS maupun SMK. Lantas bagaimana dengan perguruan tinggi swasta? apakah memiliki peraturan yang sama? Apakah Jurusan IPS bisa masuk jurusan keperawatan ??

Jawabnya adalah bisa. Penulis sendiri adalah lulusan sekolah tinggi ilmu keperawatan di salah satu perguruan tinggi swasta terkemuka di Propinsi Yogyakarta. Penulis dulunya berasal dari SMA dengan latar belakang jurusan IPA. Selama menjalani perkuliahan, penulis banyak menemukan atau berjumpa dengan rekan-rekan yang berlatar belakang lulusan IPS, SMK bahkan ada yang lulusan dari SMK jurusan otomotif bisa masuk ke keperawatan dan bisa mengikuti proses pembelajaran dari awal sampai dengan selesai.

Namun yang perlu menjadi catatan adalah, hal ini berlaku bagi kampus perguruan tinggi swasta bukan kampus negeri. Pasalnya sebagian perguruan tinggi negeri yang membuka jurusan Kedokteran Ilmu Keperawatan rata-rata mempersayaratkan lulusan IPA dalam proses perekrutan calon mahasiswa baru. Namun tidak menutup kemungkinan, ada Perguruan Tinggi Negeri yang menerima lulusan IPS dalam prodi ilmu keperawatan. Tidak mengherankan jika diberlakukan demikian, mengingat beberapa mata kuliah di ilmu keperawatan banyak berhubungan dengan Ilmu Pengetahuan Alam, salah satu contohnya adalah microbiologi serta anatomi dan fisiologi. 

Baca juga :

Dengan diperbolehkannya lulusan SMK atau IPS masuk ke jurusan keperawatan tentunya bisa membuka peluang bagi calon mahasiswa baru yang bukan dari jurusan IPA untuk bisa menjadi seorang perawat profesional dengan menjalani proses perkuliahan dari awal sampai dengan selesai. Jangan ragu apabila rekan-rekan berasal dari lulusan IPS atau SMK, karena lulusan IPS ataupun SMK pun bisa bersaing dengan lulusan IPA dalam hal prestasi. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tidak mutlak dari IPA, Jurusan IPS bisa masuk jurusan keperawatan"

Post a Comment