promosikan jasa anda melalui blog

Bila saya ditanya mengenai manfaat ngeblog, selain mendapatkan rekan, pengetahuan serta dapat meningkatkan keterampilan menulis, manfaat lain yang saya peroleh adalah dapat mempromosikan jasa atau keterampilan yang saya miliki. Hal ini paling saya rasakan di awal tahun ini, dimana permintaan pelayanan perawatan di rumah atau "Homecare" khususnya pelayanan perawatan luka diabetes meulitus meningkat di tahun sebelumnya. 

promosikan jasa anda melalui blog


Memang awalnya, saya dan tim saya, agak kesulitan mempromosikan layanan tersebut. Saya masih ingat jaman dulu, dimana cara mempromosikan barang atau jasa melalui pamflet atau liflet yang dibagikan pengguna jalan raya ketika berhenti di traffictlight,  menempel pada pohon di pinggir jalan atau mempromosikannya di media cetak yang biayanya cukup mahal. Dengan cara promosi seperti itu memang masih cukup efektif, namun memerlukan banyak waktu, tenaga dan biaya.

Kini di jaman yang serba digital, cara mempromosikan jasa juga sudah lebih mudah serta lebih efektif dan efisien. Dimana sebagian besar masyarakat jaman sekarang mempunyai smartphone dan mencari hampir sebagian informasi melalui internet. Hal itu yang menggelitik saya untuk bisa mempromosikan jasa saya melalui internet terutama melalui blog. Berkat sedikit kemampuan internet marketing yang saya miliki, dan sedikit ilmu tentang SEO yang saya pelajari di awal tahun lalu, akhirnya usaha yang saya lakukan sedikit membuahkan hasil. Memang untuk sementara hanya ada beberapa klien yang menghubungi dan bersedia menggunakan jasa yang tim kami tawarkan, namun saya cukup senang karena hasilnya pun melebihi pendapatan dari adsense. 

Baca juga : 



Disisi lain, hal itu pulalah yang menyebabkan saya akhir-akhir ini jarang atau mungkin tidak sempat sama sekali mengurusi beberapa blog yang saya kelola karena tidak bisa membagi waktu antara pekerjaan, sampingan pekerjaan offline dan online. Akibatnya earning dari adsense pun menurun, ini yang masih menjad PR bagi saya untuk bisa mengatur waktu, agar penghasilan sampingan offline dan online bisa balance.  

Selain melalui blog, saya sedikit belajar cara mempromosikan barang atau jasa menggunakan facebook ads. Karena saya rasa media sosial yang satu ini masih cukup ampuh untuk media promosi serta mudah dalam menargetkan jangkauan serta lokasi dari user.

Dari situ saya dapat belajar mengenai kekuatan internet marketing, baik melalui blog maupun media sosial lainnya yang saya rasa cukup efektif untuk menawarkan produk atau jasa melalui online serta, tertarget berdasarkan wilayah dari calon user. Bagi penyedia jasa dan produk, sudah saatnya kita menggunakan internet sebagai media promosi agar produk dan jasa kita dikenal oleh masyarakat secara luas.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "promosikan jasa anda melalui blog"

Post a Comment