8 usaha sampingan dan peluang bisnis untuk perawat

Usaha sampingan dan bisnis bagi perawat ~ Perawat, profesi yang satu ini sangat berjasa bagi kita semua, terutama bagi seorang yang sakit. Perawat berada di sisi paling dekat dengan pasien, bahkan melebihi kedekatan seorang dokter dengan kliennya, perawat dengan sabar merawat kita, mendengarkan kita dan senantiasa membantu kita mencukupi kebutuhan dasar selama kita sakit.




Bila seorang perawat bekerja pada sebuah rumah sakit  akan mengalami bekerja dengan sistem shift. Hari ini masuk siang, besoknya masuk pagi, sedangkan lusa masuk malam, dengan model shift seperti ini tentunya akan membutuhkan stamina yang kuat serta manajement waktu yang baik, terutama bagi perawat yang sudah berkeluarga untuk keperluan berkumpul dengan keluarga. Sistem kerja yang demikian ditambah lagi dengan beban kerja yang tinggi saat ini,dirasa belum mendapat apresiasi yang cukup baik itu dari pemerintah maupun pihak swasta pemilik dan pengelola sebuah rumah sakit. Hal ini terbukti, masih ada saja perawat yang menerima upah dibawah UMR terutama pada klinik-klinik kecil ataupun menjadi seorang perawat yang menjadi Tenaga Harian Lepas (THL) pada suatu puskesmas.

Namun upah yang dibawah dari kata cukup, beban kerja yang tinggi serta kewajiban dari organisasi profesi yang dirasa memberatkan dalam proses perpanjangan STR tidak menyurutkan terutama para calon mahasiswa baru mendaftarkan diri pada perguruan tinggi dengan jurusan keperawatan ataupun mendaftar pada Akademi Keperawatan. Tentunya dengan harapan dapat segera bekerja setelah lulus kuliah nanti. Memang tidak ada yang salah, karena menjadi perawat bukan masalah untung ataupun rugi, namun soal panggilan hati.

Dengan segala problematika yang telah disebutkan, maka ada baiknya seorang perawat mempunyai sebuah usaha sampingan untuk menambah kebutuhan finansial terutama bagi perawat yang sudah berumah tangga. Apapun usaha sampingan yang digeluti, sebaiknya tidak mengganggu jadwal bekerja. Adapun usaha sampingan dan peluang bisnis yang cocok bagi seorang perawat diantaranya :

  1. Membuka praktek mandiri keperawatan. Saat ini perawat dapat membuka praktek mandiri keperawatan seperti profesi lainnya seperti dokter ataupun bidan. Dengan disahkannya undang-undang no 38 tahun 2014 oleh Presiden Susilo Bambang Yudoyono seakan memberikan harapan baru bagi seorang perawat untuk membuka praktiknya secara mandiri yang selama ini seakan dilakukan  secara sembunyi-sembunyi. Lantas praktek seperti apakah itu? Praktek keperawatan dalam hal ini berbeda dengan praktek yang dilakukan oleh seorang dokter. Praktek keperawatan sendiri mempunyai definisi : Pelayanan yang diselenggarakan oleh perawat dalam bentuk Asuhan keperawatan. Sedangkan Asuhan keperawatan itu sendiri berarti Rangkaian interaksi perawat dengan klien dan lingkungannya untuk mencapai tujuan pemenuhan kebutuhan dan kemandirian klien dalam merawat dirinya. Sudah jelas bukan lingkup dari praktek keperawatan tersebut?. Anda dapat memberikan pelayanan seperti klinik perawatan luka modern (wound care) memfasilitasi pemberian nutrisi melalui sonde pada pasien dengan tirah baring (pemasangan NGT & pemasangan cateter) dan masih ada banyak lagi yang dapat dilakukan perawat dalam praktek mandirinya tersebut. 
  2. Menjadi seorang penulis. Dalam era modern seperti ini, pekerjaan sampingan menjadi seorang penulis tidak boleh dianggap remeh. Seorang penulis cukup mendapat apresiasi oleh pihak pemakasi jasa tersebut bilamana artikel yang dituliskannya mempunyai kualitas yang lebih. Anda juga dapat menulis sendiri untuk keperluan anda bilamana anda mempunyai wadah misalkan sebuah blog yang dapat dikunjungioleh orang lain, sehingga dengan ramainya blog anda, anda bisa mendapatkan rupiah baik itu melalui iklan mandiri maupun dari pihak google adsense. 
  3. Berjualan online. Berjualan produk online juga dapat menjadi usaha sampingan bagi seorang perawat. Anda dapat berjualan beberapa produk diantara: produk kecantikan, produk alat kesehatan ataupun alat-alat rumah tangga seperti gelas ataupun mug cantik. Hasil yang didapatkan tentu bisa beragam, tergantung dari jumlah pembeli yang membeli produk anda. Namun bisnis online seperti ini menurut saya cukup membuat repot karena kita tidak selalu bisa membalas pertanyaan dari konsumen karena kesibukan kita melayani pasien. Namun tidak ada salahnya anda coba usaha ini. 
  4. Bekerja di fasilitas kesehatan yang lain. Bekerja di fasilitas kesehatan yang lain disini mempunyai arti bekerja di tempat lain diluar jam kerja kita di tempat pekerjaan yang utama. Hal ini bisa dilakukan, terlebih bilamana anda mempunyai keterampilan khusus seperti seorang perawat ruang hemodialisa dan juga mendapat ijin dari tempat dimana anda bekerja sekarang. Beberapa klinik saat ini membuka layanan seperti tindakan hemodialisa, klinik sirkumsisi yang membutuhkan perawat berketerampilan khusus untuk melakukan tindakan pada klien-kliennya. Bila seorang dokter dapat melakukan praktek di tempat lain kenapa seorang perawat tidak bisa?
  5. Usaha pembiakan hewan ternak. Bagi anda perawat yang mempunyai hobi memelihara binatang, tidak aada salahnya anda menekuni hobi anda tersebut menjadi usaha sampingan yang dapat menambah pundi-pundi rupiah anda. Anda bisa memelihara hewan yang mempunyai nilai jual tinggi seperti memelihara burung murai batu, kucing Persia, anjing ras dan beberapa anjing yang mempunyai nilai jual tinggi. Usaha yang berawal dari hobi tentunya akan memberikan kepuasan lebih dan tidak akan terlalu membebani anda. 
  6. Usaha kuliner. Usaha kuliner juga dapat menjadi usaha sampingan bagi anda seorang perawat. Tentunya usaha ini memerlukan modal yang cukup besar. Namun saat ini usaha ini cukup menjanjikan. Usaha kuliner akan lebih mudah bagi anda yang sudah memiliki lahan di daerah dengan tempat yang strategis karena setidaknya bisa meminimalkan biaya untuk promosi. Saat ini banyak juga beberapa wirausahawan yang menyedian jasa waralaba. Dengan waralaba anda tidak perlu sepenuhnya repot-repot untuk menyiapkan usaha  anda tersebut. 
  7. Usaha penyewaan alat medis. Kebutuhan akan jasa medis semakin lama semakin meningkat, anda dapat menangkap peluang usaha tersebut. Salah satu usaha sampingan yang masih dalam ranah dunia medis adalah dengan membuka jasa penyewaan alat-alat medis. Alat medis tersebut bisa berupa tabung oksigen, alat glucometri, serta alat bantu lainnya bagi pasien yang tirah baring dalam waktu yang lama. 
  8. Jasa penyewaan alat perlengkapan pesta. Penyewaan peralatan pesta seperti tenda, panggung dan beberapa perlengkapan lainnya memang sangat menjanjikan. Biaya yang dibutuhkan untuk membeli peralatan tersebut memang tidak sedikit, namun untuk mengembalikan modal yang dikeluarkan juga tidak akan memakan waktu yang lama. Anda juga dapat bekerjasama dengan pihak penyedia layanan catering untuk dapat menambah relasi anda dan memudahkan untuk keperluan promosi. Dengan demikian, usaha sampingan ini selain dapat menambah penghasilan anda juga dapat melibatkan orang lain, sehingga dapat membuka ruang kerja yang baru. 
Nah itu tadi 8 usaha sampingan dan bisnis yang cocok untuk perawat. Meskipun kita digaji kecil, namun kita wajib bersyukur, ya setidaknya lebih bersyukur bisa diberikan pekerjaan, diberi rejeki yang cukup sampai dengan detik ini. Ditambah lagi bisa bersyukur, karena dengan setiap keringat yang kita keluarkan, bisa membantu orang lain untuk meringankan penderitaan mereka.   

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "8 usaha sampingan dan peluang bisnis untuk perawat"

  1. bisnis bisnis yang disaranin keren banget. thank you mas gan

    ReplyDelete
  2. Halo kak. Aku sekarang mau masuk kelas 12. Aku ada di jurusan ips. Pingin banget nglanjutin di kuliah keperawatan. Tapi masih bingung. Jujur di pelajaran mtk aku payah banget😂 tapi kira2 bisa keterima kan kak daftar di keperawatan? Aku yang anak ipa itu sampe nyari2 buku tentang keperawatan trus download2 vidio tentang anatomi gitu2. Karna saking pengennya kuliah keperawatan.. mnurut kakak gimana tuh? Dibales ya☺

    ReplyDelete