tetap konsisten, kesulitan utama seorang blogger pemula

Jika ditanya, apa sih kesulitan utama dari seorang blogger pemula ? Mencari ide ? Membuat artikel yang SEO ? Memilih template ? Membuat desain blog agar lebih menarik ? atau.....sulit untuk tetap konsisten menghasilkan konten. Bagi saya seorang blogger pemula, konsisten untuk menghasilkan konten itu jauh lebih sulit jika dibandingkan dengan membuat blog atau sekedar memilih template. Untuk membuat blog kita mungkin hanya memerlukan waktu beberapa jam saja. Bagi yang lihai utak-atik kode html, untuk mempercantik tampilan sebuah blog saya rasa tidak akan banyak menemukan kendala. Lagipula saat ini banyak sekali tutorial cara mengedit template, menambah widget disana-sini agar tampilan blog jadi tambah menarik. Untuk bisa mendapatkan desain blog yang menarik, saat ini juga semakin mudah berkat banyaknya penyedia template baik itu yang gratis atau premium yang bisa dengan mudah kita download.

pentingnya konsistensi ngeblog


Namun apakah sebuah blog hanya berisikan halaman kosong tanpa konten ? apakah sebuah blog hanya berupa alamat URL belaka? tentu saja tidak. Dalam sebuah blog tentu saja harus ada konten yang berisikan informasi yang disajikan oleh admin, baik itu pengalaman penulis, tutorial ataupun informasi lain dengan harapan dapat memberikan tambahan wawasan bagi pembaca. Apabila kita "belum" bisa memberikan tambahan wawasan yang berguna bagi pembaca, setidaknya kita bisa meningkatkan kreatifitas kita dalam menulis, sebagai contoh menulis opini kita terhadap isu yang ada di masyarakat. Toh semakin banyak berlatih, semakin banyak membaca, lama kelamaan kemampuan menulis kita akan semakin baik.

Nah, untuk bisa mendatangkan traffict, untuk bisa membangun "personal branding" bagi yang memiliki blog personal tentu saja harus bisa konsisten menghasilkan konten. Ya namanya hobi, bukan sebuah kewajiban, jika ada waktu senggang tentu saja kita bisa membuat sebuah artikel yang panjang dan menarik ( bahkan satu hari bisa beberapa artikel ) namun apabila kita tidak memiliki waktu luang, misal karena pekerjaan atau karena kesibukan lain, untuk bisa menghasilkan sebuah artikel saja susahnya minta ampun, apalagi untuk konsisten menghasilkan artikel guna postingan blog. Oleh karenanya konsistensi itu merupakan sebuah hal yang patut kita "perjuangkan". Saya banyak belajar dari blogger-blogger sukses bahwa untuk mendapatkan kesuksesan mereka butuh proses yang panjang dengan tetap menjaga konsistensi mereka dengan tidak mengesampingkan isi artikel serta cara monetisasi blog.

Ada banyak cara yang saya pelajari dari blogger-blogger senior tentang bagaimana agar tetap konsisten menghasilkan konten, bagaimana agar blog update artikel dapat terjadwal serta yang paling penting, bagaimana agar tidak mudah kehilangan motivasi dengan membaca kisah-kisah sukses mereka ( semoga saya bisa mengaplikasikannya ). Lantas bagaimana dengan anda? mau bersama-sama belajar konsisten untuk terus ngeblog ???

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "tetap konsisten, kesulitan utama seorang blogger pemula"

Post a Comment