Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Saluran Distribusi dan Jenis - Jenisnya

Apa yang dimaksud dengan saluran distribusi ? Saluran distribusi, juga dikenal sebagai saluran pemasaran atau saluran distribusi pemasaran, mengacu pada serangkaian langkah atau tahapan yang produk atau jasa melewati dari produsen atau penyedia hingga sampai ke konsumen akhir. Saluran distribusi adalah bagian penting dari strategi pemasaran suatu perusahaan dan berperan dalam memungkinkan produk atau jasa mencapai pasar targetnya dengan efisien. Tujuan utama dari saluran distribusi adalah untuk menyediakan akses yang mudah dan efektif kepada konsumen sambil memaksimalkan efisiensi dan profitabilitas perusahaan. 

Pengertian Saluran Distribusi dan Jenis -Jenisnya

Selain pengertian di atas, terdapat beberapa pengertian lain dari saluran distribusi menurut beberapa ahli, diantaranya :

 

Pengertian Saluran Distribusi

Menurut Stanton, Etzel dan Walker (1994), saluran distribusi terdiri dari serangkaian lembaga yang melakukan semua kegiatan yang digunakan untuk menyalurkan produk dan status pemilikannya dari produsen ke konsumen akhir atau pemakai bisnis (A distribution channel consist of the set of people and firms involved in the flow on title to a product as it moves from producer to ultimate custom eror usiness user).

Pialang adalah seorang usaha bisnis yang berdiri sendiri dan beroperasi sebagai penghubung antara produsen dan konsumen pada pembelian dan atau penjualan suatu produk (A middleman is abusiness firm that renders services directly related to the purchase and sale of product as it flows from producer to consumer).

Distribusi fisik terdiri dari semua kegiatan yang bertalian dengan pemindahan produk-produk yang tepat, dalam jumlah yang tepat ke tempat yang tepat pada waktu yang tepat ( Physical distribution Consist of all the activities concern with moving the right amount of the right products to the right place at the right time )

Menurut Suhardi Sigit (1982) saluran distribusi adalah perantara-perantara, para pembeli dan penjual yang dilalui oleh perpindahan barang baik fisik maupun perpindahan milik sejak dari produsen hingga ke tangan konsumen. Suatu perusahaan di dalam mendistirbusikan barangnya dapat menggunakan salah satu atau lebih dari cara penyaluran. Bagi perusahaan yang baru saja berdiri memilih saluran distribusi merupakan pekerjaan yang tidak mudah, karena baru masuk pasar. Sedangkan bagi perusahaan yang sudah berjalan dengan saluran-saluran distribusi tertentu, masih harus tetap waapada dan mengawasi aparat-aparat disribusinya.


Jenis-Jenis Saluran Distribusi

Menurut Stanton ( 1991 ) Saluran distribusi dibedakan menjadi menjadi saluran distribusi untuk barang konsumsi, saluran distribusi untuk barang industri untuk barang industri dan jasa. Adapun pengertiannya sebagai berikut ini :

Saluran distribusi untuk barang konsumsi 
Saluran distribusi ini meliputi produsen ke konsumen, produsen-pengecer-korsumen, produsen-pedagang besar-pengecer-konsumen, produsen-agen-pengecer-konsumen, produsen-agen-pedagang besar-pengecer-konsumen.

Saluran Distribusi Barang Konsumsi

a. Produsen ke konsumen
Produsen menggunakan saluran langsung dengan penjualnya dari rumah ke rumah atau melalui pos. Pada perusahaan penerbitan buku biasanya menggunakan dengan cara menjual dari sekolah ke sekolah atau dari kampus ke kampus

b. Produsen-pengecer-konsumen
Banyak para pengecer besar bertindak sebagai perantara sekaligus sebagai pengecer dan juga sebagai penyalur industri.

c. Produsen-pedagang besar-pengecer-konsumen
Di dalam, pasar konsumen, mereka merupakan grosir atau pedagang besar dan sekaligus pengecer.

d. Produsen-agen-pengecer-konsumen
Produsen juga menggunakan perantara agen untuk mencapai para pengecer besar maupun pengecer kecil di pasar. Misalkan produsen makanan menggunakan broker untuk memasukan kue ke pengecer besar (supermarket) atau pengecer kecil ( toko kecil ).

Saluran distribusi untuk barang industri

a. Produsen-pemakai
Saluran distribusi langsung ini dilakukan untuk produk industri berat yang harganya relatif mahal dan mempunyai struktur saluran yang lain.

b. Produsen-distributor industri-pemakai
Untuk produk alat-alat kantor, operating suplies, dan lain-lain produsen menggunakan distributor industri dalam menyalurkan barangnya ke konsumen.

c. Produsen-agen-pemakai
Untuk suatu produk baru atau memasuki pasar baru produsen menggunakan agen atau tenaga penjual sendiri.

d. Produsen-agen-distributor industri-pemakai
Produsen tidak bisa menjual barangnya dengan menggunakan agen untuk dijual langsung kepada pemakai tetapi menggunakan jasa distributor industri untuk dijual kepada pemakai.

Saluran distribusi untuk jasa

Untuk jenis saluran distribusi jasa ada dua macam, yaitu produsen-konsumen, dan produsen-agen-konsumen.

a. Produsen-konsumen
Karena jasa merupakan batang tidak berwujud maka proses produksi dan aktivitas penjualannya membutuhkan kontak langsung antara produsen dan konsumen. Tipe saluran langsung ini banyak dipergunakan oleh jasa-jasa profesional, seperti akuntan, konsultan.

b. Produsen-agen-konsumen
Penjualan jasa juga sering menggunakan agen sebagai penghubung antaia produsen dan konsumen, seperti jasa angkutan, travel, dan sebagainya.
 


Posting Komentar untuk "Pengertian Saluran Distribusi dan Jenis - Jenisnya"