Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alat Musik Bonang Berasal dari Daerah Mana ? Berikut Penjelasan Singkatnya

Alat musik bonang berasal dari Jawa Timur. Bonang hampir sama dengan gamelan. Perbedaannya jika gamelan terbuat dari besi yang berbentuk lempengan atau pipih, sedangkan bonang mirip dengan pot atau cerek. Alat musik ini juga sering dimainkan berpadu dengan gamelan. Keunikan dari alat musik ini adalah setiap pot atau ceret memiliki poros cembung yang cembung di bagian tengahnya sebagai pusat untuk dipukul. Alat musik ini termasuk ke dalam jenis alat musik idiofon atau dalam kata lain sumber bunyinya berasal dari getaran badan alat musik itu sendiri.

Alat Musik Bonang Berasal dari Daerah Mana

Bonang yang berasal dari Jawa Timur terdiri dari gong-gong kecil yang diletakkan secara horizontal. Hal ini yang membedakannya dengan gong besar yang penempatannya diletakkan secara vertikal. Gong-gong kecil ini diletakkan ke dalam sebuah rangka kayu dalam satu atau dua lajur.

Cara Memainkan Alat Musik Bonang

Cara memainkan alat musik ini adalah dengan dipukul menggunakan wilaga. Wilaga sendiri merupakan jenis palu yang terbuat dari kayu yang kemudian ujungnya dilapisi menggunakan kain.  

Jenis Alat Musik Bonang

Sejatinya seperangkat alat musik gamelan yang terbagi menjadi dua jenis yaitu bonang panerus dan bonang barung. Berbeda dengan gamelan dari Jawa Tengah yang memiliki tiga bagian yakni bonang barung, bonang panerus dan bonang panembung. Adapun penjelasannya sebagai berikut :
  1. Bonang Panembung. Bonang panembung merupakan ricikan bonang dengan ukuran yang paling besar. Sedangkan nada-nada yang dihasilkannya adalah yang paling rendah.
  2. Bonang Barung. Bonang barung memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan bonang panembung, tetapi lebih besar dibandingkan bonang panerus. Nada-nada yang dihasilkan lebih tinggi dibandingkan bonang panembung tetapi masih lebih rendah apabila dibandingkan dengan bonang panerus. Biasanya bonang barung dimainkan sebagai penguasaan ketukan awal / pembukaan patokan tempo dan patokan dinamika.  
  3. Bonang Panerus. Bonang penerus merupakan merupakan ricikan bonang dengan ukuran paling kecil. Nada-nada yang dihasilkannya paling tinggi. Bonang penerus dibunyikan setengah ketuk dari bonang barung. Apabila dibunyikan bersamaan, akan menimbulkan efek suara bersahutan. Jumlah kepingannya sama dengan bonang barung, tetapi notasinya satu oktaf lebih tinggi.

Bahan Pembuat Bonang

Alat musik bonang terbuat dari bahan logam, bisa terbuat dari perunggu, kuningan ataupun besi. Bahan logam ini ditempa sedemikian rupa sehingga pada akhirnya membentuk instrumen yang bisa kita gunakan untuk mengiringi gamelan.

Demikian penjelasan singkat mengenai alat musik bonang, jenis-jenisnya, cara memainkan dan bahan pembuatannya. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Alat Musik Bonang Berasal dari Daerah Mana ? Berikut Penjelasan Singkatnya"