Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Pidato Persuasif tentang Kebersihan Lingkungan

Apakah kalian sedang mencari contoh pidato persuasif yang bertemakan tentang kebersihan lingkungan? Lingkungan yang dimaksud adalah lingkungan sekolah dan lingkungan rumah kita. Membacakan sebuah pidato ataupun berorasi adalah salah satu tugas yang sering diberikan oleh guru mata pelajaran Bahasa Indonesia.  Tujuannya tidak lain untuk melatih kemampuan komunikasi siswa didik agar mampu menyampaikan pendapat, melatih kreatifitas, imajinasi serta melatih keberanian menyampaikan pendapat di depan umum.

Contoh Pidato Persuasif tentang Kebersihan Lingkungan

Salah satu tema yang sering diangkat adalah tentang kebersihan lingkungan. Alasannya tidak lain karena pencemaran terhadap lingkungan sekitar kita semakin hari semakin mengkhawatirkan. Banyak aktifitas masyarakat yang berdampak merusak alam, contoh sederhananya adalah membuang sampah. Banyak masyarakat yang masih membuang sampah di sungai dan berdampak terjadinya banjir. Selain itu kebiasaan membakar sampah plastik disinyalir juga dapat menambah polusi udara karena kandungan zat kimia di dalamnya.

Nah oleh karena itu, penting membangun kesadaran dalam hidup bermasyarakat untuk menjaga lingkungan sekitar, entah itu lingkungan rumah, lingkungan kerja ataupun lingkungan sekolah agar kebiasaan-kebiasaan buruk dapat dihindari, sehingga alam sekitar kita menjadi semakin lestari dan layak untuk kita huni. 

Baca juga : Kumpulan Puisi Tentang Lingkungan Alam

Berikut ini beberapa contoh teks pidato persuasif bertemakan kebersihan lingkungan yang bisa kamu contoh atau kamu gunakan  sebagai referensi untuk membuat teks pidatomu sendiri. 

 

Pidato Kebersihan Lingkungan Rumah

Assalamualaikum WR. WB.

Salam sejahtera bagi kita semua, kepada yang terhormat Kepala Sekolah SMPN 01 Wlingi, yang terhormat Bapak/lbu guru staf dan karyawan, serta teman-teman semua yang berbahagia. Pertama, marilah kita ucapkan puji syukur kehadiran Allah SWT yang telah melimpah rahmat-Nya kepada kita ehingga kita dapat berkumpul di tempat yang berbahagia ini dalam keadaan sehat. 

Tak lupa selawat serta salam selalu tercurahkan kepada Nabi besar Muhammad SAW. Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan sedikit penjelasan tentang sampah. Perlu kita ketahui dalam kehidupan sehari-hari sering kita jumpa sampah yang berserakan dimana-mana, contoh saja di lingkungan rumah atau sekolah. Padahal masalah sepele tersebut dapat mengakibatkan dampak besar untuk kita, seperti kota Jakarta dimusim hujan selalu banjir karena diakibatkan tersumbatnya saluran air oleh sampah dan itu ulah-ulah manusia, wabah penyakit dan sebagainya.

Sampah adalah barang-barang atau sisa-sisa hasil kegiatan manusia. Sampah dibedakan menjadi 2 macam, yaitu sampah organik dan sapah an-organik. Kita dapat mencegah masalah tersebut dengan mendaur ulangnya, seperti botol plastik digunakan untuk pot dan sampah organik didaur ulang menjadi pupuk kompos. 

Bapak/lbu guru dan teman-teman maka dari itu marilah kita menjaga kebersihan dan pintar-pintarlah memanfaatkan barang untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan oleh kita semua. Dengan melakukan hal tersebut kita menyelamatkan bumi untuk kedepannya tanpa adanya polusi sampah.

Demikian informasi yang bisa saya sampaikan, apabila ada kekukurangan atau tutur kata saya yang kurang berkenan di hati teman-teman saya mohon maaf.

Wassalamualaikum WR. WB.


Pidato Pentingnya Menjaga Lingkungan Sekolah

Assalamualaikum WR. WB.

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah 
Yang terhormat bapak ibu guru dan karyawan sekolah, serta teman teman semua yang saya cintai karena Allah. Marilah kita panjatkan Puji dan syukur kepada Allah yang maha esa karena berkat limpahan rahmat dan Karunia nya kita semua dapat berkumpul pada Senin 24 September 2019 dalam rangka memperingati hari kebersihan lingkungan dengan kondisi sehat dan tidak kurang suatu apapun.
 
Sholawat dan salam semoga tetap tercurah kan terlimpah kepada Junjungan nabi besar Muhammad Saw karena berkat bantuan beliau kita bisa melihat indahnya Islam sehingga kita bisa keluar dari zaman yang kurang adab menuju zaman yang beradab. Hadirin yang saya hormati, perkenaankanlah saya menyampaikan sebuah pidato Tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekolah.

Kebersihan lingkungan adalah hal yang sangat penting bagi diri dan juga lingkungan sekitar.Penyebab penyakit yang menjadi momok bagi semua masyarakat dengan adanya lingkungan yang sehat dan bersih dapat menyebabkan kenyamanan di lingkungan tersebut Lingkungan yang bersih merupakan salah satu faktor Pendorong kebersihan proses belajar mengajar di sekolah, karena siswa dan guru yang akan melaksanakan kegiatan proses belajar mengajar dan merasa lebih nyaman dengan demikian proses belajar mengajar akan menjadi efektif serta proses belajar mengajar tidak membosankan. Oleh karena itu marilah kita sebagai warga sekolah yang baik semoga akan senantiasa menjaga kebersihan lingkungan meskipun semua dimulai dari diri sendiri contohnya seperti membuang sampah pada tempat nya dan tidak meninggalkan barang barang di laci kelas supaya menjadi sarang nyamuk, oleh sebab itu menjaga kebersihan lingkungan menjadi sangat penting guna menciptakan lingkungan yang bersih, Indah, sehat dan nyaman.

Terasa cukup sekian pidato saya yang dapat saya sampaikan semoga kita semua dapat menjadi artisipan aktif dalam menjaga aku pesan lingkungan. Terima kasih atas perhatiannya hadirin berikan aku sama empat bulan adalah salah kata ataupun hal kurang berkenan mohon maaf 

wabillahi Taufik wali daya Wassalamualaikum WR. WB.


Rendahnya Kesadaran Mengelola Sampah


Assalamualaikum WR. WB.

Bapak/ Ibu guru yang saya hormati. Rekan-rekan yang berbahagia. Bismillahirahmanirahim. Puji syukur kehadirat Alah Swt Semoga kita selalu dalam bimbingan dan lindungan Allah Swt. Amin. Pada kesempatan ini saya akan menyampaikan pidato tentang penggunaan
bahasa Indonesia sebagal identitas dan jati diri bangsa. 

Hadirin yang saya hormati. Selama ini kita menyepelekan keberadaan sampah yang dibuang  begitu saja tanpa ada perlakuan yang khusus. Sebagian warga dengan seenaknya membuang sampah ke sungai atau kali, selokan, bahkan ke pinggiran jalan. Namun ada juga warga yang berpikir jeli dan memanfaatkan sampah tersebut untuk meraup keuntungan dengan cara mendaur ulang ampah sampah tersebut menjadi barang yang bisa dimanfaatkan lagi. 

Namun. Tidak seluruhnya sampah itu dapat didaur ulang dengan mudah, masih memerlukan proses yang cukup lama dengan biaya yang tidak sedikit. Sampah erat kaitannya dengan kesehatan masyarakat, karena dari sampah- sampah tersebut akan hidup berbagal mikroorganisme penyebab penyakit (bacter pathogen dan mengundang vector atau binatang serangga yang berperan sebagal pemindah atau penyebar penyakit.Apabila proses pembuangan sampah di Indonesia tidak dibarengi dengan system pemusnahannya, suatu saat Jawa Barat yang dikenal paling padat penduduknya akan menjadi lautan sampah dan penduduknya akan mudah terserang penyakit. Oleh karena ltu, sampah haruslah dikelola dengan sebaik-baiknya. Hadirin yang saya hormati. Pengelolaan sampah yang baik, bukan hanya untuk kesehatan saja, namun juga untuk keindahan lingkungan dan kelestarian alam sekitar. Namun dalam pengelolaan sampah di Indonesia masih belum menggunakan cara inceneratton yaitu pemusnahan sampah dengan cara membakar di dalam tungku pembakaran sampah. 

Sementara di ndonesia sampai saat ini masih menggunakan cara diangkut lalu ditumpukkan di TPA atau tempat pembuangan sampah akhir tanpa ada tindak lanjutnya. Cara yang lebih ramah lingkungan sudah dilakukan di Jepang. Ketersedliaan sarana pengelolaan sampah dikelola oleh pemerintah dengan cara membuat pabrik pembakaran sampah yang didirikan tiap kabupaten. Namun tidak hanya Itu setiap penduduknya pun sangatlah disiplin dan memilliki kesadaran yang cukup tinggi pula akan perlakuan terhadap sampah Setiap dua atau tiga kali dalam seminggu, mereka sudah dibiasakan membuang sampah dan diletakkannya dl pinggiran jalan mulai pukul 6.00 pagi sampai dengan pukul 8.30 pagi yang selanjutnya diangkut oleh petugas sampah ke pabrik pembakaran sampah. Namun sebelumnya sampah-sampah tersebut harus sudah dipisah-pisahkan dahulu oleh si pembuang sampah. Sampah yang tidak bisa dibakar dipisahkan dengan sampah yang blsa dibakar dengan menggunakan kantung plastic Polyechliene) atau kantung kertas yang tahan air. 

Hadirin yang saya homati, kuncinya adalah displin. Masyarakat Jepang sangat menjunjung tinggi kedisiplinan. Budaya mereka telah menanamkan disiplin yang tinggal dalam setiap aktivitasnya. Hal itulah yang belum tertanam dalam diri kita, diri masyarakat kita. Kita sudah tahu bahwa membuang sampah ke sungat itu akan berakibat buruk pada lingkungan. Akan tetapl karena tidak disiplin, membuang sampah sembarangan tetap dilakukan. Meskipun sebagian masyarakat sering terkena banjir saat musim hujan tiba, tetapi hal itu belum juga menyadarkan mereka. Selesai banjr, mereka kembali membuang sampah sembarangan. Kita tidak pernah jera dan tidak mau belajar darl pengalaman Kesalahan yang sama selalu berulang dan mengakibatkan bencana yang terus berulang.

Hadirin yang saya hormati, melihat kenyataan itu, mairlah kita mulal dari diri sendiri. Kita biasakan membuang sampah pada tempatnya karena kebersihan lingkungan akan memberikan kenyamanan dan ketentraman pada diri kita.

Demikianlah pidato dari saya. Mahon maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan.

wabillahi Taufik wali daya Wassalamualaikum WR. WB.

sumber : kumpulan naskah pidato & khotbah hal 43. Dini aida fitria  


Posting Komentar untuk "Contoh Pidato Persuasif tentang Kebersihan Lingkungan"