Kesehatan Jiwa, Pengertian, Syarat dan Definisi Menurut WHO

Untuk menjadi seorang pribadi yang produktif dan berguna bagi lingkungan sekitarnya. Tentunya kesehatan adalah salah satu syarat yang utama. Kesehatan disini tidak sebatas sehat secara biologis saja, melainkan juga sehat secara jiwa.

Kesehatan Jiwa, Pengertian, Syarat dan Definisi Menurut WHO


Berbicara mengenai kesehatan Jiwa, seseorang bisa dikatakan sehat secara Jiwa apabila memenuhi beberapa kriteria. Diantaranya :

Syarat Kesehatan Jiwa Menurut WHO
  1. Individu mampu menyesuaikan diri secara konstruktif pada kenyataan, meskipun kenyataan itu buruk baginya.
  2. Memperoleh kepuasan dari hasil jerih payah usahanya.
  3. Merasa lebih puas memberi dari pada menerima.
  4. Secara relatif bebas dari rasa tegang (stress), cemas dan depresi.
  5. Mampu berhubungan dengan orang lain secara tolong menolong.
  6. Mampu menerima kekecewaan sebagai pelajaran yang akan datang.
  7. Mempunyai rasa kasih sayang
Definisi Kesehatan Jiwa Menurut WHO

Kesehatan jiwa adalah suatu kondisi sejahtera secara fisik, sosial dan mental yang lengkap dan tidak hanya terbebas dari penyakit atau kecacatan. Atau dapat dikatakan bahwa individu dikatakan sehat jiwa apabila berada dalam kondisi fisik, mental dan sosial yang terbebas dari gangguan (penyakit) atau tidak dalam kondisi tertekan sehingga dapat mengendalikan stress yang timbul. Sehingga memungkinkan individu untuk hidup produktif, dan mampu melakukan hubungan sosial yang memuaskan.


Pada tahun 1984, WHO menambahkan dimensi agama sebagai salah satu dari 4 pilar sehat jiwa yaitu: Kesehatan secara holistik yaitu sehat secara jasmani/ fisik (biologik); sehat secara kejiwaan (psikiatrik/ psikologik); sehat secara sosial; dan sehat secara spiritual (kerohanian/ agama).

Berdasarkan keempat dimensi sehat tersebut,the American Psychiatric Associationmengadopsi menjadi paradigma pendekatan biopsycho-socio-spiritual. Dimana dalam perkembangan kepribadian seseorang mempunyai 4 dimensi holistik, yaitu agama, organobiologik, psiko-edukatif dan sosial budaya.

Belum ada Komentar untuk "Kesehatan Jiwa, Pengertian, Syarat dan Definisi Menurut WHO"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel