Skip to main content

Contoh Susunan Acara Reuni Akbar Sekolah, SMP dan SMA

Susunan Acara Reuni Sekolah SMP dan SMA - Reuni sekolah adalah acara yang paling dinanti-nantikan khususnya pada saat masa-masa cuti bersama. Acara ini banyak digelar khususnya pada saat masa bulan puasa ataupun mendekati hari raya Idul Fitri, dimana pada waktu-waktu tersebut banyak yang pulang ke kampung halaman dengan tujuan utama yakni untuk merayakan hari raya bersama dengan keluarga mereka masing-masing.


Contoh Susunan Acara Reuni Akbar Sekolah, SMP dan SMA

Moment-moment itulah yang dimanfaatkan oleh beberapa orang, untuk temu kangen bersama dengan teman-teman sekolah mereka yang notabene sudah pergi meninggalkan kampung halamannya untuk keperluan pekerjaan. Beberapa diantaranya berinisiatif untuk mengadakan acara bersama dengan teman-teman satu kelasnya dulu dalam bentuk reuni kelas kelas ataupun antar kelas dalam bentuk reuni sekolah.

Dalam beberapa kesempatan, acara reuni sekolah tidak hanya dilakukan sebatas sekolah SMA saja, beberapa juga mengadakan acara reuni dalam tingkat SMP atau bahkan SD. Apabila acara reuni itu dilaksanakan dengan tujuan satu angkatan, biasanya  acara reuni berbentuk reuni akbar. Untuk mempermudah pelaksanaan acara ini kepanitiaan pun mulai dibentuk. Mulai dari koordinator, sekretaris, bendahara, serta beberapa seksi lainnya termasuk seksi acara.

Berbicara seksi acara reuni sekolah, dialah yang bertugas untuk membuat susunan acara serta membuat naskah yang akan digunakan bagi MC untuk memandu acara dari awal hingga selesai. Tidak ada aturan baku terhadap suatu acara reuni sekolah, namun diharapkan dalam acara yang akan digelar terdapat point-point penting yang sebaiknya dimasukkan dalam satu sesi. Acaranya pun bisa berjalan fleksibel sesuai dengan kebutuhan. Nah dikesempatan kali ini, saya akan berbagi mengenai susunan acara reuni sekolah yang mungkin saja bermanfaat bagi anda sekalian, yang mana saat ini sedang disibukkan kepanitiaan suatu acara reuni sekolah. Berikut susunannya :

Susunan Acara Reuni Sekolah  

Assalamu’alaikum wr.wb
Bismillahirrohmanirrohim alhamdulillahirobil ‘alamin wabihi nastanginu ‘ala umuridunya wadin wassalamu’ala sayidina muhammadin wa’ala ‘alihi wasohbihi wabarik wasalim ajma’in amaba’du

Selamat siang dan salam sejahtera bagi kita semua. Amin

Kepada yang terhormat Bapak Agung Sulistyanta Spd Selaku kepala sekolah SMA Negeri 1 Jogonalan Klaten

Kepada yang terhormat Bapak Ibu guru SMA Negeri 1 Jogonalan Klaten
Kepada semua teman-teman Alumni SMA Negeri 1 Jogonalan yang saya banggakan

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah subhahanahu wa ta'ala. Yang tidak pernah berhenti mencurahkan rahmat, nikmat dan kasih sayangnya kepada kita semua. Sehingga kita semua masih bisa diberikan untuk bertatap muka satu dengan yang lain di acara reuni akbar ini. Terimakasih kami ucapkan kepada Bapak Ibu dan sahabat-sahabatku sekalian, yang bersedia meluangkan waktu dan menghadiri acara reuni SMA Negeri 1 Jogonalan Klaten tahun angkatan 1990-1996 ini. Tidak terasa, sudah lama kita terpisah dan kini kita kembali di tempat ini untuk bisa saling sapa satu dengan yang lain dan saling bersilaturahmi. Mengenang kembali kenangan kita saat masih duduk di bangku SMA serta berbagi pengalaman kita sesudah kita keluar dari SMA kita yang tercinta ini. Namun sebelum kita masuk ke dalam inti acara, ada baiknya saya bacakan terlebih dahulu, susunan acara yang akan kita lalui dari awal hingga akhir nanti. Acara yang akan kita lalui diantaranya :

  1. Pembukaan
  2. Pembacaan doa
  3. Menyanyikan lagu Mars SMAN 1 Jogonalan Klaten
  4. Sambutan ketua panitia yang akan dibawakan oleh Bapak Arya Widiarta SKM
  5. Sambutan mantan kepala sekolah SMAN 1 Jogonalan oleh Bapak Drs. Bambang Triyono
  6. Istirahat
  7. Sambutan dari perwakilan teman-teman seangkatan
  8. Aneka permainan
  9. Hiburan
  10. Penyerahan kenang-kenangan
  11. Doa bersama
  12. Penutup
Pembacaan doa. Untuk menyingkat waktu, marilah kita awali acara hari ini dengan berdoa bersama. Doa akan dibawakan oleh Ibu Ahmita Yulianti. Kepada Ibu Ahmita Yulianti, waktu dan tempat kami persilahkan.

Menyanyikan lagu mars. Terimakasih kepada Ibu Ahmita Yulianti yang sudah bersedia memimpin doa pembukaan pada acara reuni akbar ini. Acara selanjutnya adalah menyanyikan lagu mars SMA Negeri 1 Jogonalan. Untuk itu kami meminta bantuan kepada Bapak Rofiut untuk bersedia memandu dalam menyanyikan lagu mars. Kepada Bapak Rofiut waktu dan tempat kami persilahkan.

Sambutan ketua panitia. Terimakasih kepada Bapak Rofiut yang telah memandu kita dalam menyanyikan lagu mars SMA Negeri 1 Jogonalan. Semoga dengan dinyanyikannya lagu tadi, bisa menambah semangat bagi kita untuk melaksanakan serangkaian kegiatan dan acara yang akan kita laksanakan di siang hari ini. Acara selanjutnya adalah acara sambutan ketua panitia yang akan disampaikan oleh Bapak Arya Widiarta SKM. Kepada Bapak Arya, waktu dan tempat kami persilahkan.

Sambutan mantan kepala sekolah. Terimakasih kami ucapkan kepada Bapak Arya Widiarta yang telah memberikan sambutannya. Acara selanjutnya adalah sambutan dari mantan kepala Sekolah SMA N 1 Jogonalan. Tanpa mengurangi rasa hormat, kami persilahkan Bapak Drs. Bambang Triyono maju ke depan untuk memberikan sambutannya. 

Istirahat. Tanpa mengurangi rasa hormat dan kenikmatan hadirin sekalian, marilah kita lanjutkan acara hari ini dengan mendengarkan sambutan dari perwakilan rekan-rekan seangkatan. Sambutan perwakilan pertama akan disampaikan dari kelas IPA, yaitu Bapak Andrianto AMK. Kepada beliau, waktu dan tempat kami persilahkan.

Demikian tadi acara sambutan dari rekan-rekan satu angkatan yang pertama. Sambutan berikutnya akan disampaikan oleh perwakilan dari kelas IPS. Kepada Bapak Romi Wisyastanto S.kep.Ns waktu dan tempat kami persilahkan.

Aneka permainan. Demikian tadi sudah kita perdengarkan acara sambutan - sambutan baik itu dari perwakilan kelas IPA maupun perwakilan dari kelas IPS. Untuk acara selanjutnya adalah permainan. Acara permainan kali ini akan dilaksanakan di halaman sekolah. Oleh karena itu mohon kesediaannya para hadirin untuk menuju ke halaman sekolah. Teknis dan pelaksanaan tentang permainan akan dipandu oleh Ibu Nanik Suryanti dan Bapak Danu Danuarta. Kepada Ibu Nanik dan Bapak Danu, waktu dan tempat serta teknis jalannya acara permainan, kami persilahkan.

Hiburan. Demikian tadi, kita sudah cukup terhibur dan terlihat akrab dengan adanya permainan yang sudah dipandu dan dibawakan oleh Bapak Danu dan Ibu Nanik. Acara selanjutnya adalah acara hiburan. Di acara hiburan, kita akan melihat beberapa penampilan dari teman-teman yang bersedia mengisi acaranya hari ini. Diantaranya adalah band yang akan dibawakan Bapak Agung, dagelan jawa yang akan dibawakan oleh Bapak Mamiek dan di akhir acara kami juga masih membuka kesempatan bagi para hadirin yang mau menyumbangkan suaranya dalam lagu, untuk menghibur teman-teman sekalian. Berikut ini adalah penampilan band yang akan dipimpin oleh Bapak Agung, waktu dan tempat kami persilahkan.

Penyerahan kenang-kenangan. Demikian tadi acara hiburan yang telah sama-sama kita nikmati. Terimakasih kepada sahabat-sahabat sekalian yang telah menyumbangkan talentanya masing-masing. Acara selanjutnya adalah penyerahan kenang-kenangan. Acara penyerahan kenang-kenangan kali ini akan dipimpin oleh Ibu Rukmiyati. Kepada Ibu Rukmiyati waktu dan tempat kami persilahkan.

Telah kita saksikan tadi acara penyerahan kenang-kenangan yang menjadi simbol perasaan cinta dan sayang kita kepada SMA N 1 Jogonalan ini. Acara selanjutnya adalah doa bersama yang akan dipimpin oleh Bapak Agus Salim S, Ag. Kepada yang terhormat Bapak Agus Salim waktu dan tempat kami persilahkan.

Penutup dan doa bersama. Amiin Allahumma Amiin. Semoga Allah mengabulkan doa dan permohonan kita tadi. Berhubung acara demi acara telah kita lalui bersama-sama. Marilah kita menginjak ke acara selanjutnya yakni acara penutup. Saya Hengky Candra memohon maaf apabila dalam memandu acara ini, saya banyak melakukan banyak kesalahan baik kata maupun sikap saya yang mungkin tidak berkenan di hati hadirin yang hadir. Semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu melindungi, merahmati diri kita, sehingga kita dipertemukan kembali di dalam kesempatan dan nuansa lebih baik lagi dari saat ini. Marilah kita tutup acara reuni akbar SMA Negeri 1 Jogonalan kali ini dengan berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan kita masing-masing. Berdoa saya persilahkan. 

Sekian dari saya, terimakasih atas perhatian dan kerjasamanya. Akhir kata.....

wassalamualaikum wr wb

Itulah contoh sederhana susunan acara reuni akbar sekolah baik itu SMP maupun SMA.  Artikel ini hanyalah sebagai contoh bagi anda dala membuat susunan acara. Untuk sepenuhnya tergantung kreatifitas diri anda masing-masing sebagai seksi acara. Semoga artikel ini bermafaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar