Doa untuk Keluarga Katolik Secara Singkat

Doa untuk Keluarga Katolik ~ Salah satu ciri jemaat kristen perdana selain hidup dalam kasih karunia Tuhan adalah berkumpul dan berdoa bersama. Hal itu dilakukan turun temurun hingga ribuan tahun lamanya, diwariskan oleh para rasul Yesus dan pengikut-pengikutnya sampai dengan saat ini. Kita yang hidup dalam sebuah keluarga Katolik, bisa meneladani cara hidup jemaat perdana dengan melakukan doa secara bersama. Yesus sendiri pernah mengatakan bahwa dimana ada dua atau tiga orang yang berkumpul dan membicarakan Yesus, maka Yesus sendiri akan berada ditengah - tengah mereka.

Doa untuk Keluarga Katolik Secara Singkat


Doa di dalam keluarga Katolik bisa dilakukan secara spontanitas maupun dengan panduan sebuah buku atau text. Dalam berdoa bersama, anggota keluarga bisa saling bergantian dalam memimpin doa. Dimulai dari ayah, kemudian ibu, berlanjut ke anak-anak mereka. Ada banyak sekali manfaat doa bersama, selain sebagai sarana membina iman anggota keluarga, doa bersama bisa menjadi sarana kita berkumpul bersama setelah sehari penuh kita bekerja dan melakukan aktifitas.

Berikut ini, penulis memberikan contoh doa keluarga Katolik yang bisa anda gunakan sebagai panduan ketika sedang berdoa bersama dengan keluarga anda.  

Contoh Doa Keluarga Katolik

Ya Allah Bapa yang bertahta di kerajaan surga puji dan syukur kami haturkan kepadamu, atas segala berkat yang telah Kau limpahkan kepada kami di sepanjang perjalanan hari ini. Bapa di surga, Engkau telah menciptakan manusia dan menghimpun kami menjadi satu keluarga Katolik. Engkaupun telah memberi kami sebuah keluarga teladan, yakni keluarga Nazaret, yang anggota-anggotanya takwa dan saling mengasihi satu dengan yang lainnya. Terimakasih Tuhan atas teladan yang indah ini. Semoga keluarga kami, Engkau dorong untuk bisa meneladani keluarga kudus dari Nazaret dan semoga keluarga kami bisa menjadi keluarga Kristen yang dibangun atas dasar iman dan kasih. 
Ajarilah kami untuk hidup sesuai dengan ajaran injil yang rukun, sabar, sederhana, bijaksana dan saling mengasihi satu dengan yang lainnya. Hindarkanlah keluarga ini dari marabahaya dan malapetaka. Sertailah kami dalam kondisi suka maupun duka. Tabahkanlah diri kami apabila satu dari anggota keluarga kami menghadapi masalah. Bantulah diri kami agar kami bisa bersatu padu menghadapi masalah demi masalah hingga kami mendapatkan jalan keluar yang selaras dengan kehendakMu. Hindarkanlah kami dari percekcokan serta perpecahan yang tentunya bisa mengancam keutuhan keluarga kami ini. 

Jadikanlah keluarga kami ibarat batu yang hidup, untuk bisa membangun jemaat-Mu menjadi tubuh Kristus yang rukun dan bersatu padu. Berikanlah keluarga kami berkat serta rejeki yang cukup. Sehingga kami bisa hidup baik dan layak di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat. 

Semoga keluarga Katolik yang kecil ini, mampu menjadi garam dan terang dunia di dalam kehidupan bermasyarakat. Dan semoga keluarga ini mampu menjalankan serta mengamalkan peran ini kendatipun harus banyak mendapat tantangan. Ya Bapa di surga, kami berdoa pula untuk keluarga Katolik yang sedang dilanda kesulitan. Dampingilah mereka agar tidak patah semangat. Terlebih kami sangat prihatin untuk keluarga-keluarga yang berantakan. Dengan kehendak luhurMu, jangan biarkan mereka hancur. Sebaliknya, berilah mereka kekuatan kepada para anggotanya, untuk bisa membangun kembali keutuhan dalam hidup berumah tangga amien. Doa yang tiada sempurna ini kami mohon dengan pengantaraan Kristus, Tuhan dan pengantara kami. Amien 

Contoh Doa Keluarga Katolik, Suami dan Istri

Allah yang maha kasih dan maha pemurah. Melalui Engkau dan berkat restuMu, Engkau telah mempersatukan kami dalam ikatan perkawinan yang suci. Kini kami mengadapmu, seraya bersyukur atas apa yang telah Engkau berikan kepada kami. Kami bersyukur atas segala pengalaman selama perjalanan perkawinan kami. Atas segala suka duka, kegembiraan, untung dan malang yang telah kami lewati bersama. Terlebih atas buah cinta kami yakni kesetiaan yang telah memungkinkan kami berpegang teguh pada ikrar perkawinan kami berpadu dalam ikatan kasih satu sama lain. Dengan segenap upaya dan berkat pertolongan rahmatMu, tak jemu-jemu kami saling mengusahakan kebahagian, tak enggan untuk berkorban, bersikap jujur dan apa adanya demi keutuhan rumah tangga.
Kuatkanlah kami untuk bisa saling menopang bila menanggung beban serta siap saling mengampuni apabila diantara kami terjatuh. Semoga karena berkat-Mu kami saling bisa menguatkan saat menghadapi cobaan yang mengancam keutuhan rumah tangga kami ini. Semoga semakin hari, perpaduan kasih kami semakin kuat, dan perkawinan kami sungguh bisa menjadi sakramen kasih Kristus terhadap gerejaNya.

Dan kelak apabila tiba pada waktunya, ketika tugas-tugas kami di dunia telah usai. Perkenankanlah kami berdua menikmati kedamaian abadi bersama-Mu. Kami memohon berkat-Mu bagi semua pasangan istri khususnya...Bimbinglah agar mereka menjadi pasangan yang berbahagia. Terlebih kami berdoa untuk pasangan yang sedang mengalami masalah dan goncangan. Nyalakanlah kembali api kasih yang dulu mengobarkan semangat di dalam diri mereka untuk mengikrarkan janji perkawinan. Kuatkanlah mereka untuk mempertahankan keutuhan keluarga. Kami haturkan doa dan permohonan kami ini demi Yesus Kristus junjungan dan teladan kami, kini dan sepanjang masa amien. 

Doa Katolik, Syukur Stas Kesejahteraan Keluarga

Ya Bapa, milik-Mulah dunia dan segala isinya. Dengan indah Engkau mengaturnya agar dapat digunakan demi kesejahteraan dan kebahagiaan manusia. Kami sekeluarga bersyukur kepada-Mu karena keluarga ini kau anugerahi kesejahteraan yang cukup. Sandang, pangan, papan...semua tersedia karena kebaikan dan kemurahan-Mu. Di tengah kecukupan yang telah kami alami ini, kami percaya bahwa semua ini hanyalah milik-Mu. 

Tangan dan kasih-Mu mengulur kepada kami, melimpahkan semua yang kami perlukan untuk kebahagiaan kami. Selanjutnya kami mohon ya Bapa, agar kami tidak hanya memakai harta benda karunia-Mu ini hanya untuk kepentingan diri kami pribadi semata, melainkan juga untuk sesama kami. Utuslah roh kudus-Mu agar hati kami terbuka bagi sesama, dan tangan kami ringan menolong yang sedang berkekurangan.

Kami tidak ingin terbelenggu karena harta benda itu, seperti para pengabdi mammon. Sebaliknya, dengan bertambahnya kesejahteraan ini membuat kami semakin setia mengimani-Mu. Aku mohon ya Allah Bapa, semoga Yesus Kristus yang kaya namun bersedia menjadi miskin demi keselamatan kami sungguh dapat menjadi teladan kami. Dialah guru, dan pembimbing kami, kini dan sepanjang segala masa. Amien..


Itulah setidaknya 3 Contoh Doa untuk Keluarga Katolik Secara Singkat. Alangkah lebih baik jika doa ini dilakukan pada saat malam hari, terlebih daat suasana tenang sehingga kita bisa lebih fokus dengan apa yang kita panjatkan dan kita daraskan bersama. Tuhan memberkati.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Doa untuk Keluarga Katolik Secara Singkat "

Post a Comment